Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Barcode di Excel yang Bisa di Scan

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Mungkin kamu pernah membeli barang di minimarker atau supermarket bukan? Jika pernah, kamu pasti melihat ada sebuah barcode yang ditempatkan di belakang produk tersebut.

Saat hendak membayar barang belanjaan biasanya kasir akan menscan barcode menggunakan barcode scanner dan disitu kita bisa mengetahui jenis produk maupun harga yang harus dibayarkan untuk produk tersebut.

Bukan hanya untuk produk atau barang saja, barcode juga banyak digunakan untuk layanan perpustakaan. Jadi tiap buku yang ada di perpustakaan sudah dipasangi barcode dan jika kita ingin meminjam atau mengembalian buku maka petugas perpustakaan tingal menscan barcode dan datanya akan tersimpan ke server. 

Lalu bagaimana cara membuat barcode sendiri? Sebenarnya sekarang ini membuat barcode sudah sangat mudah dilakukan. Sudah banyak aplikasi di HP maupun laptop yang bisa digunakan untuk membuat barkode sendiri secara gratis, salah satunya Microsoft Excel.

Nah pada pembahasan kali ini, Blogger Toraja akan memaparkan bagaimana cara membyat barcode sendiri di Microsoft Excel yang bisa discan. Yuk langsung saja disimak pembahasannya berikut:

Apa Itu Barcode?

Sebelum lanjut ke tutorialnya, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu mengenai apa itu barcode. Jadi Barcode atau biasa juga dikenal dengan kode batang, kode palang, kode bilah, atau kode bar adalah suatu kumpulan data optik yang dibaca mesin. 

Barcode ini mengumpulkan data dalam lebar dan spasi garis paralel dan dapat disebut sebagai kode batang atau simbologi linear atau 1D.

Cara Membuat Barcode di Microsoft Excel

Lalu bagaimana cara membuat barcode di Microsoft Excel 2007, 2010, 2013, 2016, 2019 atau versi yang lebih terbaru? Kamu bisa mengikuti tutorialnya berikut ini.

1. Download Font Barcode Excel

Langkah pertama yang harus kamu lakukan sebelum membuat barcode di MS Excel adalah mendownload terlebih dahulu font Libre Barcode 39. Font ini bisa kamu dapatkan secara gratis melalui link berikut: https://www.cufonfonts.com/font/libre-barcode-39

Cara mendownloadnyapun sangatlah mudah. Kamu tinggal masuk ke situs Cufonfonts melalui link yang sudah saya bagikan diatas lalu klik Download Font for Desktop. Tunggu beberapa saat sampai fontnya berhasil terdownload dan disimpan ke folder Downloads di laptop / PC kamu dalam bentuk file .ZIP.

2. Instal Font Libre Barcode 39 di Excel

Setelah selesai mendownload font Libre Barcode 39, langkah selanjutnya adalah menginstal font tersebut di Microsoft Excel. Berikut tutorialnya:

  • Buka folder Downloads di laptop atau PC kamu
  • Selanjutnya cari font Libre Barcode 39 yang sudah didownload tadi dalam bentuk file .ZIP
  • Jika sudah dapat silahkan dibuka filenya
  • Lalu klik dua kali pada file font LibreBarcode39 yang terbuka di aplikasi Winrar (pembaca file ZIP)

  • Kemudian klik Instal

  • Dengan demikian kamu telah berhasil menginstal font Libre Barcode 39 di Excel
  • Selesai

3. Membuat Barcode Sendiri di Excel yang Bisa di Scan

Jika fontnya sudah diinstal, langkah selanjutnya adalah membuat barcode sendiri di Excel yang bisa di scan. Berikut tutorialnya:

  • Buka program aplikasi Microsoft Excel 2007, 2010, 2013, 2016, 2019
  • Jika Excel sudah terbuka, silahkan buat data dalam bentuk angka dan huruf yang akan dibuat menjadi barcode. Semisal disini saya sudah mempunyai Product ID yang akan dibuatkan barcodenya.

  • Untuk membuat barcode, tempatkan kursor di cell yang tersedia (C4) lalu ketik rumus ="*"&productid&"*" semisal disini product ID saya berada di kolom B4 jadi ="*"&B4&"*"

  • Jika rumusnya sudah diketik, silahkan tekan tombol Enter maka hasilnya akan tampil seperti gambar dibawah ini.

  • Langkah selanjutnya adalah mengganti font yang ada di cell C4 menjadi Libre Barcode 39. Caranya, silahkan ke menu Home lalu di kolom Font pilih font Libre Barcode 39. Jika sudah maka rumus yang sudah dimasukkan tadi ke cell C4 akan berubah menjadi barcode

  • Silahkan membuat barcode di semua product ID dengan menekan dua kali bulatan kecil di samping kanan bawah barcode yang sudah dibuat

  • Nah dengan demikian kamu telah berhasil membuat barcode di semua product ID yang dimasukkan tadi

  • Selesai.

Bagaimana? Cukup mudah bukan?

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Membuat Barcode di Excel yang Bisa di Scan, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close