Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri-ciri VPS Server yang Cocok untuk Bisnis Anda

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Di jaman yang mengharuskan berbagai hal harus serba online membuat server hosting menjadi salah satu kebutuhan utama dalam bisnis. Bahkan untuk para freelancer yang ingin membuat portofolio online di website maka hosting juga mereka butuhkan.

Tentu apalagi untuk para pebisnis yang menggunakan website sebagai media pemasaran produknya, tentunya server hosting yang berkualitas sangat dibutuhkan. Bila kita membahas tentang salah satu server terbaik maka kita tidak bisa lepas dari VPS Server maupun Private Server Indonesia.

VPS disini adalah server hosting yang bersifat pribadi mulai dari pengelolaan sumber daya bandwidth server hingga hak akses untuk root directory. Private server Indonesia sendiri akan sangat dibutuhkan oleh sebuah bisnis, terutama bila bisnis tersebut sudah mulai besar.

Tanda-tanda bisnis kamu membutuhkan server VPS

Dengan bisnis yang semakin besar tentunya akan mendatangkan trafik yang semakin banyak pula, ini salah satu tanda sebuah bisnis membutuhkan VPS. Penggunaan shared hosting sendiri mempunyai kelemahan khususnya karena kecepatan atau bandwidth harus dibagi dengan website lain yang menggunakan hosting tersebut.

Namun dengan penggunakan private server maka Anda dapat mengelola sendiri kecepatannya dan memaksimalkan tampilan serta berbagai data websitenya. Sehingga Anda bisa memiliki website yang stabil, ringan diakses dengan peforma maksimal. Selain beberapa hal tersebut, berikut beberapa ciri bahwa sebuah bisnis membutuhkan VPS untuk menunjang websitenya:

  1. Website sering mengalami down.
  2. Website bisnis mudah dihack oleh pihak tidak bertanggungjawab.
  3. Website merupakan portal berita yang harus update setiap hari dengan stabil.
  4. Membutuhkan sebuah software maupun aplikasi dimana hosting tidak dapat mendukungnya.
  5. Memerlukan pengoperasionalan dari beberapa tim berbeda pada beberapa bagian websitenya.

Ciri-ciri VPS server yang wajib kamu coba

VPS sendiri mempunyai kepanjangan yaitu Virtual Private Server, namun banyak pula yang tetap menyebutnya VPS Server. Disini VPS berfungsi sebagai sebuah prosedur opearsi yang dapat digunakan untuk menyimpan data dan file pada sebuah website. Penyimpanan ini dilakukan menggunakan jaringan-jaringan internet dengan menggunakan teknologi virtualisasi dengan resource pribadi.

Secara umum VPS disini berfungsi untuk mengelola website yang mempunyai trafik super tinggi maupun untuk website yang membutuhkan sumber daya yang besar. Sebab layanan yang akan diberikan oleh VPS dapat memberikan berbagai hal yang dibutuhkan website tersebut.

Selain itu penggunaan VPS pada website juga relatif lebih aman sebab pemilik memiliki kendali atau kontrol penuh atas server. Belum lagi Anda juga dapat memutuskan untuk tidak berbagi sumber daya dengan pengguna lainnya.

Itulah sedikit penjelasan tentang VPS yang perlu Anda ketahui, bila website Anda mempunyai ciri-ciri yang disebutkan sebelumnya itu artinya saatnya beralih ke private server ini. Namun Anda juga harus tahu apa saja ciri VPS yang terbaik untuk sebuah website, berikut beberapa ciri VPS terbaik untuk website bisnis:

1. Menggunakan SSD sebagai storage

Mengapa VPS harus memakai SSD disebabkan karena media penyimpanan yang satu ini memang media terbaik hingga saat ini. Dengan cepatnya proses read pada SSD tentunya akan membuat loading time website Anda semakin cepat. Tentunya ini yang sangat dibutuhkan untuk website bertrafik tinggi.

2. Bandwidth besar bahkan UNLIMITED

Bandwidth juga menjadi pertimbangan selanjutnya, pastikan Anda memilih VPS server dengan bandwidth besar bahkan unlimited. Dengan bandwidth yang semakin besar juga akan membuat kapasitas load semakin baik. Tentu akan lebih baik lagi bila provider memberikan tawaran unlimited pada bandwidthnya.

3. Memiliki perbandingan harga yang sesuai dengan performanya

Hal terakhir yang harus Anda perhatikan ketika memilih VPS adalah pastikan layanannya paling sesuai dengan performanya. Pastikan Anda memilih layanan yang sesuai untuk website, jangan sampai memilih layanan yang terlalu tinggi dari kebutuhan. Pastikan pula bila Anda membayar dengan harga mahal hal tersebut harus sebanding dengan performanya.

Anda bisa memilih layanan yang sesuai untuk website terlebih dahulu, barulah bila website semakin berkembang bisa memilih layanan untuk upgrade. Umumnya VPS server menyediakan layanan tersebut dengan mudah. Disini Anda berpindah dari 1 paket ke paket lain yang lebih tinggi, begitu pula sebaliknya tanpa harus ganti server.

Kesimpulan

Selain beberapa hal diatas, pastikan untuk memilih provider VPS yang memberikan layanan bantuan cepat tanggap. Meskipun VPS mempunyai performa yang baik, namun bukan berarti tidak akan ada masalah atau kebingungan ketika menggunakannya. Ketika hal tersebut terjadi maka adanya tim bantuan yang cepat tanggap akan sangat membantu.

Salah satu tempat yang bisa anda gunakan untuk berbelanja VPS dan hosting adalah di Niagahoster. Dengan harga hosting pertahun yang relative murah dan harga cloud server (VPS) yang terjangkau akan membuat bisnis anda semakin berkembang.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Ciri-ciri VPS Server yang Cocok untuk Bisnis Anda, semoga dapat membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close