Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Membuat Halaman Baru di Google Docs

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Buat kamu yang kesehariannya sering bekerja membuat dokumen atau persuratan mungkin sudah tidak asing dengan Google Docs. Layanan dari Google ini fungsinya hampir sama seperti Microsoft Word dimana pengguna bisa membuat dan menyunting dokumen dengan mudah dan cepat.

Namun salah satu keunggulan dari Google Docs adalah layanan ini bisa diakses secara online melalui browser tanpa harus menginstal aplikasi terlebih dahulu. Oleh karena itu Google Docs bisa digunakan hampir disegala perangkat yang memiliki browser seperti HP Android, iPhone, laptop, komputer atau PC.

Saat membuat atau mengedit dokumen di Google Docs terkadang kita ingin menambahkan halaman baru yang masih kosong pada lembar kerja yang tersedia. Halaman kosong tersebut akan diisi dengan tulisan yang memang harus terpisah dari halaman sebelumnya.

Sebagai contoh kamu sedang mengerjakan skripsi di Google Docs, tidak mungkin pembahasan yang ada pada halaman BAB 2 akan kamu satukan dengan pembahasan di halaman BAB 3. Tentu kamu akan membuat sebuah halaman baru yang akan digunakan untuk BAB 3 tersebut karena jika disatukan skripsi kita akan menjadi berantakan dan tidak sesuai dengan aturan penulisan yang berlaku.

Bagi yang masih awam dalam menggunakan Google Docs pasti akan kebingungan mengenai bagaimana cara menambahkan halaman baru yang masih kosong di Google Docs.

Oleh karena itu pada pembahasan kali ini Blogger Toraja akan memaparkan beberapa cara membuat halaman baru kosong di Google Docs yang bisa kamu ikuti. Yuk langsung saja disimak pembahasannya berikut.

Cara Membuat Halaman Baru di Google Docs

Berikut ini 3 cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat dan menambah halaman baru kosong di Google Docs.

1. Membuat Halaman Baru di Google Docs Dengan Page Break

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk membuat halaman baru di Google Docs adalah dengan memanfaatkan fitur Page Break atau Batas Halaman yang ada di menu Sisipkan. Untuk lebih jelasnya kamu bisa ikuti cara membuat halaman kosong di Google Docs menggunakan Page Break berikut ini:

  • Buka layanan Google Docs melalui link berikut: https://docs.google.com/
  • Jika Google Docs sudah terbuka, silahkan buat Halaman Kosong
  • Maka secara otomatis kamu akan diarahkan lembar kerja Google Docs.
  • Untuk membuat halaman baru, silahkan klik menu Sisipkan → Batas Halaman → Batas Halaman

  • Maka secara otomatis halaman baru yang masih kosong akan ditambahkan ke lembar kerja Google Docs

  • Selesai

2. Menambahkan Halaman Kosong di Google Docs Dengan Shrotcut

Cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk menambahkan halaman kosong di Google Docs adalah dengan menggunakan kombinasi tombol pada keyboard atau lebih dikenal dengan istilah shortcut. 

Cara ini jauh lebih mudah dan praktis dan cepat karena kita tinggal menekan tombol Ctrl + Enter pada keyboard secara bersamaan maka secara otomatis halaman baru yang masih kosong akan ditambahkan pada lembar kerja Google Docs kamu.

3. Menambah Halaman di Google Docs Dengan Tombol Enter

Cara ketiga ini sebenarnya cukup jadul tapi bisa digunakan untuk menambah halaman baru yang masih kosong di Google Docs. Kamu tinggal menekan tombol Enter beberapa kali pada keyboard maka halaman baru akan tercipta di lembar kerja kamu.

Kesimpulan dan Penutup

Dari ketiga cara menambahkan halaman baru kosong di Google Docs yang sudah saya paparkan diatas, kira-kita mana yang menurut kamu paling mudah digunakan? Kalau admin sih lebih suka pake cara kedua yah karena jauh lebih simpel dan cepat.

Demikianlah pembahasan saya mengenai 3 Cara Membuat Halaman Baru di Google Docs, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close