Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengganti Background Video di Capcut Tanpa Green Screen

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Capcut merupakan aplikasi edit video yang cukup populer saat ini. Banyak content creator video menggunakan aplikasi Capcut untuk membuat konten mereka sebelum diupload di Tiktok, Instagram, Facebook, Youtube dan platform media sosial lainnya.

Hal tersebut dikarenakan Capcut memiliki segudang fitur yang sangat membantu pengguna, salah satunya fitur untuk menghapus dan mengganti background video tanpa greenscreen.

Biasanya untuk memudahkan seseorang dalam menghapus background video, video harus direkam menggunakan greenscreen atau latar belakang hijau sehingga memudahkan dalam pengeditan. Namun bagaimana jika kamu tidak punya greenscreen sehingga mau tidak mau video direkam dengan background yang ada?

Tenang, Capcut memiliki fitur Remove Background dimana melalui fitur ini kamu bisa menghapus background video tanpa green screen secara otomatis dan mudah. Setelah background video dihapus, kamu bisa mengganti background video tersebut sesuai keinginan kamu.

Nah pada pembahasa kali ini Blogger Toraja akan memaparkan bagaimana cara mengganti background video tanpa green screen di Capcut HP Android dan iPhone. Yuk langsung disimak pembahasannya berikut.

Cara Mengganti Background Video di Capcut Tanpa Green Screen

Sebelum ke tutorialnya, pastikan dulu kamu sudah menyiapkan video yang akan dihapus dan diganti backgroundnya. Disamping itu siapkan juga background entah itu gambar atau video yang akan digunakan untuk mengganti latar belakang video original tadi.

Untuk mengganti background video secara otomatis di Capcut tanpa menggunakan green screen, tutorialnya sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Capcut di HP Android atau iPhone
  • Jika aplikasi Capcut sudah terbuka, klik New Project

  • Kemudian pilih foto atau video yang akan kamu jadikan sebagai pengganti background. Misalnya disini saya akan menggunakan foto dengan latar belakang merah, lalu klik Add

  • Jika background sudah berada dalam halaman pengeditan, selanjutnya kita akan memasukkan video yang akan diganti backgroundnya. Silahkan klik menu Overlay

  • Lalu klik Add overlay

  • Ke menu Videos lalu pilih video yang akan kamu hapus dan ganti backgroundnya. Jika sudah klik Add

  • Maka video akan dimasukkan ke halaman pengeditan dan ditempatkan sebagai overlay. Untuk menghapus background video secara otomatis, klik video yang sudah dimasukkan tadi lalu pilih Remove background

  • Selanjutnya klik Remove background dan tunggu beberapa saat sampai aplikasi Capcut berhasil menghapus keseluruhan background video. 

  • Jika sudah hasilnya akan tampil seperti gambar dibawah ini.

  • Kamu tinggal menyesuaikan ukuran dan letak video dalam background agar terlihat lebih bagus.

  • Jika sudah kamu bisa menyimpan video yang telah dihapus backgroundnya ke galeri HP kamu.
  • Selesai.

Nah dengan demikian kamu telah sukses mengganti background video tanpa greenscreen menggunakan aplikasi Capcut. Video yang sudah diganti backgroundnya kemudian bisa kamu gunakan untuk berbagai macam keperluan seperti diupload ke sosial media, dikirimkan ke teman ataupun diedit ulang. Mudah bukan?

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Mengganti Background Video di Capcut Tanpa Green Screen, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close