Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghapus dan Mengganti Background Video di Kinemaster

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Mungkin kamu punya sebuah video dimana video tersebut ingin kamu hapus backgroundnya kemudian diganti dengan background yang baru. Untuk melakukan tugas ini tentunya kamu memerlukan aplikasi edit video yang memiliki fitur untuk menghilangkan background secara otomatis, dan salah satu aplikasi tersebut adalah Kinemaster.

Kinemaster merupakan salah satu aplikasi edit video yang cukup populer saat ini dan banyak digunakan oleh editor profesional maupun pemula untuk mengedit konten mereka sebelum diunggah ke sosial media.

Aplikasi ini bisa kamu download secara gratis melalui Play Store untuk pengguna HP Android maupun di App Store untuk pengguna HP iPhone. Disamping itu, aplikasi ini juga bisa kamu jalankan di laptop atau PC.

Salah satu fitur yang ada di Kinemaster adalah Chroma Key atau Kunci Kroma dimana melalui fitur ini kamu bisa menghilangkan background pada video secara otomatis. Setelah background video di hapus, kamu bisa mengganti background video tersebut dengan yang baru sesuai dengan keinginan kamu.

Nah pada pembahasan kali ini, Blogger Toraja akan memaparkan bagaimana cara menghapus dan mengganti background video di Kinemaster dengan mudah. Yuk langsung saja disimak pembasannya berikut:

Cara Menghapus dan Mengganti Background Video di Kinemaster

Untuk menghilangkan dan mengganti background video di Kinemaster bisa kamu lakukan sekaligus. Jadi kamu tidak perlu lagi dua kali mengedit misalnya kamu menghilangkan background video terlebih dahulu lalu menyimpannya kemudian membuat editan baru untuk mengganti background video.

Jadi nantinya, kita harus menyiapkan terlebih dahulu gambar atau video yang akan dijadikan sebagai pengganti background dan ditempatkan sebagai latar. Sedangkan untuk video yang ingin dihapus backgroudnya akan ditempatkan sebagai lapisan. Untuk lebih jelasnya silahkan simak tutorial menghapus dan mengganti background video di Kinemaster berikut ini:

  • Buka aplikasi Kinemaster di HP Android atau iPhone
  • Jika sudah berada dalam aplikasi Kinemaster, silahkan buat Proyek Baru
  • Lalu isi Nama Proyek dan tentukan Aspek Rasio video yang akan digunakan, semisal saya menggunakan 16:9 lalu klik Buat
  • Jika sudah berada dalam halaman pengeditan, silahkan pilih latar belakang yang akan digunakan untuk mengganti backrgound video kita nantinya. Sebagai contoh disini saya akan menggunakan Aset Gambar yang sudah disediakan Kinemaster. Jika sudah klik icon Close (X) di pojok kanan atas

  • Selanjutnya masukkan video yang akan dihilangkan backgroundnya dengan cara klik Lapisan lalu pilih Media

  • Cari video dalam galeri HP kamu yang akan dihapus backgroundnya

  • Jika video sudah berada di halaman pengeditan dan ditempatkan sebagai Lapisan tepat dibawah background, klik video tersebut lalu pilih fitur Kunci Kroma / Chroma Key

  • Kemudian aktifkan sakelar Chroma Key maka background video akan dihapus secara otomatis. Kamu bisa bisa menyesuaikan lebih lanjut tingkat Chromanya agar didapatkan video yang benar-benar terhapus bersih backgroundnya. Disamping itu, kamu juga bisa menyesuaikan Warna Kunci dari background yang ingin dihilangkan, Kurva Detail dan lain lain.

  • Jika sudah selesai kamu bisa kembali ke halaman pengeditan lalu menyesuaikan ukuran dan penempatan video dalam layer agar terlihat lebih rapi

  • Selesai

Setelah menghapus dan mengganti background video di Kinemaster, kamu juga bisa menambahkan elemen lain kedalam video seperti mengganti backsound video, menambahkan teks / tulisan, menambahkan shape, menambahkan stiker, menambahkan efek dan lain-lain. 

Dan jika semuanya sudah diatur, kamu bisa menyimpan hasil editan kamu ke galeri HP dan digunakan untuk berbagai macam keperluan.

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Menghapus dan Mengganti Background Video di Kinemaster, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close