Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengubah Teks ke Tabel, Tabel ke Teks di Word

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Mengkonversi teks menjadi tabel begitupun sebaliknya tabel menjadi teks bisa dilakukan dengan mudah menggunakan program aplikasi Microsoft Word.

Misalnya kamu sudah menulis data dalam bentuk teks di lembar kerja Word dan memisahkannya dengan tabs, paragraf, ataupun tanda baca seperti koma, titik, garis datar, dan sebagainya, kamu bisa mengubah text yang ditulis tersebut kedalam tabel. Ataupun kamu sudah membuat tabel berisi data-data di Word, kamu bisa meng-convert data-data tersebut menjadi teks secara otomatis.

Nah pada pembahasan kali ini Bloggertoraja.com akan memaparkan bagaimana cara mengubah teks menjadi tabel, tabel menjadi teks di Microsoft Word 2007, 2010, 2013, 2016, 2019 atau versi yang lebih terbaru.Yuk langsung saja disimak pembahasannya berikut:

Cara Mengubah Teks Menjadi Tabel di Word

Yang akan saya bahas pertama adalah bagaimana cara mengubah teks menjadi tabel di Microsoft Word. Semisal disini saya sudah memiliki text dan pada teks tersebut setiap katanya dipisahkan dengan tanda koma (,). Saya ingin mengkonversi teks tersebut kedalam bentuk tabel, berikut tutorialnya:

  • Buka program aplikasi Microsoft Word.
  • Jika halaman kerja Word sudah terbuka, silahkan ketik teks yang akan diubah menjadi tabel.
  • Jika sudah, blok semua teks lalu ke menu Insert → Table → Convert Text to Table...

  • Kemudian kotak dialog Convert Text to Table akan muncul. Di bagian Number of columns, silahkan isi dengan jumlah kolom yang akan dibuat. Dan di bagian Other, masukkan tanda pemisah yang kamu gunakan pada teks (tadi saya menggunakan tanda koma), jika kamu memisahkan teks menggunakan Tab maka pilih Tabs, dan sebagainya. Klik OK untuk menyimpan pengaturan.

  • Maka secara otomatis teks yang ada pada lembar kerja akan diubah kedalam bentuk tabel secara otomatis.

  • Selesai.

Tabel yang sudah kamu buat kemudian bisa diedit tampilannya seperti memberi warna pada tabel, mengatur kolom dan baris tabel, mengatur font, dan lain-lain.

Cara Mengubah Tabel Menjadi Teks di Word

Sebaliknya, kamu juga bisa mengubah tabel berisi data-data menjadi teks di Microsoft Word. Berikut tutorialnya:

  • Seleksi semua tabel yang akan diubah menjadi teks di lembar kerja MS Word.
  • Kemudian ke menu Layout lalu pilih Convert to Text

  • Maka kotak dialog Convert Table to Text akan muncul. Nah disini kamu bisa menyesuaikan jarak antar teks mau dipisahkan seperti apa, apakah dengan tab, titik koma (Semicolons), paragraf, atau tanda yang lain. Semisal disini saya akan memisahkan teks menggunakan tanda koma (,). Klik OK untuk menyimpan pengaturan.
  • Dengan demikian kamu telah berhasil mengubah tabel menjadi teks di Word

  • Selesai.

Nah bagaimana? Cukup mudah bukan?

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Mengubah Teks ke Tabel, Tabel ke Teks di Word, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close