Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengunci PDF di HP Android Agar Tidak Bisa di Edit

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

PDF atau Portable Document Format merupakan sebuah format berkas yang dibuat oleh Adobe Systems pada tahun 1993 untuk keperluan pertukaran dokumen digital. 

Mungkin kamu sudah sering menggunakan format berkas ini pada dokumen misalnya untuk mengirim persuratan, tugas-tugas kuliah, tugas-tugas kantor dan lain sebagainya secara online. 

Dokumen yang telah diubah ke format PDF tidak akan berubah isinya bahkan ketika dibuka di perangkat seperti HP Android, iPhone, laptop atau PC.

Disamping itu, kamu juga bisa memberikan proteksi pada dokumen PDF berupa password atau kata sandi agar file PDF kamu jauh lebih aman. Selain itu, file PDF yang sudah dikunci tidak akan bisa seenaknya diedit maupun dicopy paste oleh orang lain.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengunci file PDF, baik menggunakan aplikasi maupun tanpa aplikasi, bisa dilakukan di HP Android, iPhone maupun laptop.

Nah pada pembahasan kali ini, Blogger Toraja akan memaparkan bagaimana cara mengunci PDF di HP Android menggunakan password / kata sandi agar tidak bisa di edit maupun di copy paste. Yuk langsung saja disimak pembahasannya berikut:

Cara Mengunci PDF di HP Android Agar Tidak Bisa di Edit

Untuk mengunci file PDF di HP Android agar tidak bisa di edit dan di copy paste oleh orang lain, ada dua cara yang bisa kamu lakukan yakni dengan menggunakan aplikasi maupun tanpa aplikasi. Kedua caranya akan saya bahas berikut.

1. Mengunci PDF di HP Android Menggunakan WPS Office

Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengunci file pdf menggunakan password di HP Android agar tidak bisa diedit dan dicopy paste adalah WPS Office. 

WPS Office merupakan satu paket aplikasi perkantoran dimana melalui aplikasi ini kamu bisa membuat dan mengedit berbagai macam dokumen seperti Word (WPS Writter), Excel (WPS Spreadsheet), Presentasi PowerPoint (WPS Presentation) dan PDF.

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki beragam fitur yang sangat berguna, salah satunya fitur untuk memberi password pada dokumen PDF agar lebih aman. Berikut tutorialnya:

  • Buka aplikasi WPS Office di HP Android
  • Jika aplikasinya sudah terbuka, klik menu Alat lalu di bagian Alat PDF, silahkan klik Buat Kata Sandi

  • Selanjutnya klik Pilih Dokumen

  • Lalu pilih dokumen PDF yang akan kamu kunci.

  • Kemudian kamu akan diarahkan ke halaman untuk membuat Kata Sandi PDF. Disini kamu akan diberi dua fitur proteksi dokumen PDF yakni Aktifkan Proteksi Baca (agar PDF tidak bisa dibaca oleh orang lain) dan Aktfikan Proteksi Pengeditan (agar file PDF tidak bisa diedit orang lain)

  • Silahkan isi semua kolom yang tersedia seperti  Masukkan Kata Sandi dan Konfirmasi Kata Sandi. Jika sudah klik Konfirmasi

  • Jika muncul Pemberitahuan, klik OK

  • Dengan demikian kamu telah berhasil mengunci PDF menggunakan aplikasi WPS Office agar tidak bisa di edit dan di copy paste.
  • Selesai.

WPS Office tidak mendung pemulihan kata sandi dokumen PDF, jadi jika kamu lupa dengan password file PDF yang sudah kamu masukkan kamu tidak bisa memulihkannya lagi mengunakan WPS Office. Oleh karena itu usahakan untuk selalu mengingat kata sandi kamu.

2. Mengunci File PDF di HP Android Online Tanpa Aplikasi

Selain menggunakan aplikasi, kamu juga bisa mengunci file PDF di HP Android agar tidak bisa di baca, di edit ataupun di copy paste secara online tanpa aplikasi.

Di internet sudah banyak sekali situs website Protect PDF yang bisa kamu gunakan untuk mengunci file PDF, salah satunya Foxyutils. Berikut tutorialnya:

  • Buka browser di HP Android kamu
  • Masuk ke laman website Foxyutils melalui link berikut: https://foxyutils.com/protectpdf/
  • Jika sudah berada dalam websitenya, klik Browse

  • Lalu cari dan pilih file PDF dalam HP kamu yang akan dikunci

  • Selanjutnya masukkan Password pada kolom yang sudah disediakan. Disini juga kamu bisa memberikan beberapa izin pada dokumen seperi memberi izin pencetakan, modifikasi dan lain-lain. Namun jika kamu ingin memproteksi full dokumen PDF maka jangan beri tanda centang pada bagian ini. Jika sudah, klik Protect PDF

  • Terakhir klik Download maka file PDF yang sudah kamu kunci menggunakan password akan tersimpan ke HP kamu.

  • Selesai

Bagaimana? Cukup mudah bukan?

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Mengunci PDF di HP Android Agar Tidak Bisa di Edit dan di Copy Paste, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close