Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Makalah di Laptop Menggunakan Microsoft Word

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Sebagai mahasiswa, salah satu tugas yang biasanya diberikan oleh dosen adalah membuat karya ilmiah dalam bentuk makalah. Dan bisa dibilang makalah sudah menjadi makanan sehari-hari mahasiswa baik itu mahasiswa baru maupun mahasiswa lama.

Dalam membuat makalah tentunya ada aturan-aturan penulisan yang harus kamu ikuti agar sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan misalnya kamu harus mengatur ukuran kertas, style, paragraf, font, memberikan catatan kaki, mengatur margin dan lain-lain.

Selain itu, ada juga struktur makalah yang wajib kamu cantumkan seperti:

  • Cover / sampul makalah
  • Kata pengantar
  • Daftar isi
  • BAB 1: Pendahuluan
  • BAB 2: Pembahasan
  • BAB 3: Penutup
  • Daftar Pustaka
  • Daftar Gambar
  • Lampiran (jika ada)

Untuk mengatur semuanya itu tentu kamu membutuhkan aplikasi pengolah kata yang memiliki fitur lengkap seperti halnya Microsoft Word. Microsoft Word merupakan aplikasi pengolah kata yang bisa dijalankan hampir disegala perangkat seperti DOS, Apple Macintosh, SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows.

Nah pada pembahasan kali ini, Blogger Toraja akan memaparkan bagaimana cara membuat makalah di laptop menggunakan program aplikasi Microsoft Word 2007, 2010, 2013, 2016, 2019 atau versi yang lebih terbaru. Yuk langsung saja disimak pembahasannya berikut.

Cara Membuat Makalah di Laptop Menggunakan Microsoft Word

Dalam membuat makalah di Microsoft Word, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dan wajib kamu atur seperti:

1. Margin dan Ukuran Kertas

Dalam membuat makalah, salah satu hal wajib yang harus kamu atur adalah margin dan ukuran kertas. Biasanya untuk margin kita menggunakan margin 4433, yang artinya pada kertas/dokumen bagian atas haruslah 4 cm, kiri 4 cm, kanan 3cm dan bagian bawah 3 cm.

Sedangkan untuk ukuran kertas kita harus menggunakan ukuran A4 (21 cm x 29,7 cm). Margin dan ukuran kertas ini bisa kamu atur melalui menu Layot lalu pilih Margins untuk mengatur margin dan Size untuk mengatur ukuran kertas halaman.

2. Font

Font juga merupakan hal yang wajib kita atur saat membuat makalah di Microsoft Word. Untuk jenis font, kamu bisa menggunakan Times New Roman (TNR) dan untuk ukuran font sendiri biasanya menggunakan ukuran 12. Font bisa kamu atur melalui menu Home lalu ke grup Font. Disitu kamu bisa mengatur ukuran font, jenis font, Bold, Italic, Underline, memberikan warna pada font dan lain-lain.

3. Paragraf

Saat membuat makalah, paragraf juga salah wajib kamu atur. Adapun yang harus kamu atur pada paragraf adalah spasi antar baris dalam paragraf. Pada makalah umumnya menggunakan spasi 1,5 atau 2,0. Untuk perataan paragraf, gunakan rata kiri kanan (Justify). Paragraf ini bisa kamu atur melalui menu Home lalu ke grup Paragraph.

Selain itu, saat membuat paragraf baru usahakan pada awal kata kamu memberikan tab sebagai penanda dimulainya paragraf baru dalam makalah.

4. Catatan Kaki / Footnote

Saat membuat makalah, kita juga wajib mencantumkan referensi yang digunakan entah itu dari buku, artikel, jurnal ilmiah, koran, dan berbagai macam sumber lainnya dalam bentuk catatan kaki. Untuk membuat footnote atau catatan kaki makalah di SM Word, kamu bisa ke menu References lalu pilih Insert Footnote. 

Membuat footnotepun ada aturannya. Mengenai format footnote yang baik dan benar sudah banyak yang bahas dan tinggal kamu cari saja di Google karena pembahasan tersebut tidak akan saya bahas di artikel ini.

5. Membuat Nomor Halaman Otomatis

Nomor halaman juga sangat penting untuk dicantumkan ketika membuat makalah. Nomor halaman akan memudahkan pembaca dalam mencari materi saat membaca makalah kamu. Disamping itu, nomor halaman juga akan membuat makalah menjadi lebih rapi.

Untuk membuat nomor halaman otomatis bisa kamu lakukan melalui menu Insert lalu pilih Page Number. Disitu kamu bisa mengatur nomor halaman pada makalah kamu misalnya kamu ingin membuat nomor halaman di bagian atas atau bawah kertas, mengatur format nomor halaman dan lain-lain.

6. Membuat Daftar Isi

Daftar isi pada makalah juga sangat penting karena akan menjadi navigasi bagi pembaca untuk menemukan materi dalam makalah yang kamu buat. Di Microsoft Word, kamu bisa membuat Daftar Isi (Table of Content) secara otomatis melalui menu References lalu pilih Table of Contents.

Mungkin masih banyak hal yang perlu diatur saat membuat makalah di Microsoft Word namun beberapa hal yang sudah saya paparkan diatar merupakan hal yang paling sering dan bahkan wajib kita atur saat membuat makalah. 

Jadi saat membuat makalah, jangan sampai salah satu dari 6 poin diatas terlewatkan untuk kamu atur yah.

Tips Membuat Makalah yang Menarik di Microsoft Word

Banyak mahasiswa yang merasa kesulitan saat membuat makalah di MS Word, oleh karena itu berikut beberapa tips yang bisa kamu ikuti agar lancar membuat makalah kuliah:

  • Tentukan tema makalah yang akan kamu buat
  • Tentukan judul makalah. Biasanya judul makalah yang baik berisikan 15-25 kata yang menggambarkan subjek penelitian dengan ringkas.
  • Kumpulkan bahan referensi yang akan digunakan seperti buku, jurnal, artikel ilmiah dan lain-lain.
  • Baca referensi makalah dengan tema sejenis. 
  • Tulislah makalah secara sistematis.
  • Tambahkan kutipan-kutipan dalam makalah.
  • Sebelum dikumpulkan, sunting makalah terlebih dahulu siapa tahu ada bagian yang terlewat atau yang perlu untuk ditambahkan.
Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Membuat Makalah di Laptop Menggunakan Microsoft Word, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close