Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Sola Fide, Sola Gratia, Sola Scriptura, Solus Christus, Soli Deo Gloria

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Sola Fide, Sola Gratia, Sola Scriptura, Solus Christus, dan Soli Deo Gloria adalah lima ungkapan dalam bahasa Latin yang dipakai untuk menunjuk pada prinsip-prinsip dasariah ajaran Protestantisme, baik Protestantisme Lutheran maupun Protestantisme Reformed, yang membedakan tradisi Protestan ini dari tradisi Gereja Katolik Roma.

Kedua ungkapan pertama (Sola Fide, Sola Gratia) sudah dapat ditemukan di tulisan teolog-teolog pada zaman reformasi. Ketiga ungkapan pertama (Sola Fide, Sola Gratia, Sola Scriptura) dipakai bersama-sama dalam suatu artikel yang ditulis untuk buku yang diterbitkan pada tahun 1916 dalam rangka perayaan 400 tahun reformasi pada tahun berikutnya. 

Kedua ungkapan terakhir (Solus Christus, Soli Deo Gloria) ditambahkan untuk pertama kalinya di buku Gereja dan Dunia karangan teolog Katolik J.B Metz (1965). Sejak itu kelima sola itu dipakai bersama-sama untuk meringkas inti ajaran Protestan.

Nah pada pembahasan kali ini, Blogger Toraja akan membahas mengenai apa itu Sola Fide, Sola Gratia, Sola Scriptura, Solus Christus, Soli Deo Gloria. Yuk langsung saja disimak pembahasannya berikut.

Apa Itu Sola Fide dan Sola Gratia

Sola fide artinya hanya karena iman saja dan sola gratia artinya hanya karena anugerah. Kedua ungkapan ini mencirikan ajaran Protestan tentang cara orang berdosa untuk dapat memperoleh keselamatan dari Allah.

Manusia sendiri karena dosanya tidak dapat berbuat apa-apa untuk membenarkan diri di depan Allah, agar ia layak menerima keselamatan. Akan tetapi Allah lah yang menyatakannya benar dan menganugerahkan keselamatan kepadanya, sola gratia, hanya karena karya penebusan Kristus saja dan tanpa memperhitungkan perbuatan-perbuatan baik yang dilakukannya atau tidak. 

Pembenaran dan keselamatan yang dianugerahkan kepadanya ini hanya dapat diterima manusia dengan iman saja, sola fide, yakni dengan mempercayakan diri kepada Allah yang rahmani.

Apa Itu Sola Scriptura?

Sola Scriptura artinya hanya Alkitab saja, menunjuk kepada ajaran Protestan tentang Alkitab sebagai satu-satunya sumber pengetahuan tentang Allah dan tentang hubungan antara Alkitab dan tradisi iman yang dipelihara oleh gereja.

Menurut ajaran Protestan, Alkitab yang mengandung Firman Allah adalah ukuran satu-satunya untuk menilai kebenaran ajaran yang dipegang gereja atau pendapat-pendapat teologis.

Akibatnya tradisi yang dipegang oleh gereja selalu boleh, bahkan harus diperiksan kebenarannya berdasarkan Alkitab. Dengan demikian ditolak wewenang gereja untuk menetapkan secara mutlak berdasarkan tradisi ajaran mana benar atau tidak.

Jadi kurang tepat untuk menyatakan bahwa Protestantisme tidak menerima tradisi gereja. Khususnya tradisi gereja kuno sampai tahun 500 juga sangat dihormati oleh para reformator. Kritik mereka terutama menyangkut perkembangan ajaran Gereja Katolik Roma sesudah zaman gereja kuno.

Apa Itu Solus Christus?

Solus Christus artinya hanya Kristus atau solo Christo artinya hanya oleh Kristus saja. Ditekankan bahwa menurut ajaran Protestan Kristuslah satu-satunya Pengantara Allah dan manusia. 

Ungkapan ini dipakai di satu pihak untuk menisbikan peranan gereja dengan pejabat-pejabat dan sakramen-sakramennya dalam proses penyelamatan manusia dan di pihak lain untuk menolah pendapat bahwa Maria dan para orang santo dapat ikut mengantarai antara Allah dan manusia.

Apa itu Soli Deo Gloria?

Soli Deo Gloria kadang-kadang dijumpai dalam tulisan atau ucapan penutup sebuah tulisan atau kegiatan. Arti Soli Deo Gloria sejajar dengan alhamdulillah (segala puji bagi Allah) atau alhamdulillahi rabbil alamin (segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam) dalam Islam yakni sebagai ungkapan syukur karena menerima anugerah Allah.

Arti dan makna Soli Deo Gloria adalah pujian dan doa agar pelaku utama dalam tulisan atau kegiatan tidak disombongkan oleh pujian bagi dirinya, melainkan bagi Allah.

Demikianlah pembahasan saya mengenai pengertian dan arti kata Sola Fide, Sola Gratia, Sola Scriptura, Solus Christus, Soli Deo Gloria. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

Sumber: Kamus Gereja & Teologi Kristen. (2022). BPK Gunung Mulia, Jakarta

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close