Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rumus Lightroom Gelap Aesthetic dan Keren

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Lightroom merupakan salah satu aplikasi edit foto yang banyak digemari warganet saat ini khususnya di kalangan anak muda. Bagaimana tidak, dengan aplikasi ini pengguna bisa mengubah tampilan foto yang awalnya terlihat biasa-biasa saja menjadi lebih aesthetic dan keren.

Dengan mengkombinasikan rumus Lightroom seperti mengatur cahaya, warna, campuran warna, efek, detail dan lain-lain pada foto atau gambar akan membuat fotomu menjadi lebih menarik dari sebelumnya.

Akhir-akhir ini, banyak warganet mencari rumus Lightroom gelap aesthetic di internet. Rumus Lightroom gelap memang lebih menonjolkan efek yang agak sedikit dark pada foto.

Efek ini sangat cocok diterapkan pada foto dengan tingkat kecerahan yang tinggi, semisal kamu mengambil gambar di teriknya sinar matahari atau cahaya lampu. Efek ini bisa kamu gunakan untuk foto indoor / dalam ruangan maupun outdoor seperti pemandangan alam atau suasana perkotaan.

Menerapkan rumus Lightroom gelap pada foto bukan berarti akan membuat foto kamu menjadi gelap semua, hanya background saja yang diubah menjadi agak sedikit gelap dan aesthetic sehingga objek utama dalam foto bisa terlihat bagus.

Nah pada pembahasan kali ini, Blogger Toraja akan memaparkan rumus Lightroom gelap aesthetic. Yuk langsung saja disimak pembahasannya berikut.

Rumus Lightroom Gelap Aesthetic

Pada rumus ini, kita akan menggunakan foto yang diambil dalam ruangan atau indoor. Foto tersebut akan kita buat menjadi sedikit agak gelap tapi tetap nampak aesthetic.

Berikut ini beberapa hal yang harus kamu atur pada foto untuk rumus Lightroom gelap aesthetic (IG: @irfan_fadillah23):

1. Cahaya

Pada bagian cahaya, kita akan menurunkan semua efek pencahayaannya untuk mendapatkan hasil yang terlihat agak gelap. Selengkapnya bisa kamu liat pengaturan cahaya berikut.

Pencahayaan 0,40EV
Kontras -20
Highlight -16
Bayangan -65
Rona Putih -20
Hitam -5

2. CMPRN Warna

Untuk bagian campuran warna, kita hanya akan mengatur dua warna yakni warna kuning dan hijau. Sedangkan untuk warna lainnya seperti merah, orange, aqua, biru, ungu dan pink tidak perlu kita atur.

CMPRN Warna Rona Kejenuhan Luminans
Kuning 10 -40 -17
Hijau -10 -45 -80

3. Efek

Pada bagian Efek, kita akan mengatur beberapa hal sebagai berikut:

Tekstur 20
Kejernihan 6
Efek Kabut 70
Vignette -26
Titik Tengah 0
Feather 50

Untuk rumus Lightroom gelap aesthetic ini, hasilnya bisa kamu lihat pada foto yang sudah saya lampirkan diatas.

Rumus Lightroom Gelap Keren

Jika rumus pertama diatas kita menggunakan foto yang diambil dalam ruangan, maka rumus Lightroom gelap kedua ini kita akan menggunakan foto dengan background outdoor atau luar ruangan. 

Rumus ini menonjolkan tone brown sugar, tone ini memang sangat cocok untuk kamu yang suka tone gelap tapi tetap kelihatan elegan dan keren (IG: @luthfiya_hsnh).

1. Cahaya

Pencahayaan 0,00EV
Kontras -5
Highlight -7
Bayangan 0
Rona Putih -10
Hitam -7

2. Warna

Temp 21
Corak 0
Vibrance 100
Kejenuhan 0

3. CMPRN Warna

CMPRN Warna Rona Kejenuhan Luminans
Merah 8 -28 0
Orange 0 -21 27
Kuning -100 -100 0
Hijau 0 -100 0
Aqua 0 -100 0
Biru 0 -100 0
Ungu 0 -100 0
Pink 0 -100 0

4. Efek

Tekstur 18
Kejernihan 0
Efek Kabut 0
Vignette -36
Titik Tengah 50
Feather 50

5. Detail

Menajamkan 0
Pengurangan Noise 36
Detail 50
Kontras 0

Untuk rumus Lightroom gelap keren, hasilnya bisa kamu lihat pada foto yang sudah saya lampirkan diatas.

Kesimpulan

Penting untuk diperhatikan bahwa kedua rumus Lightroom gelap yang sudah saya paparkan diatas hanyalah sebagai acuan yang bisa kamu ikuti. 

Mengingat setiap foto pasti berbeda kualitas terutama dari segi pencahayaan maka kamu bisa menyesuaikan lebih lanjut rumusnya agar didapatkan hasil yang memuaskan.

Demikianlah pembahasan saya mengenai Rumus Lightroom Gelap Aesthetic dan Keren, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Silahkan bergabung di grup Telegram Rumus dan Preset Lightroom untuk mendapatkan lebih banyak rumus Lightroom aesthetic melalui link berikut: https://t.me/presetlightroomind

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close