Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Komisi Shopee Affiliate Tidak Masuk

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Buat kamu yang baru bergabung menjadi afiliator di program Shopee Affiliate tentu mempunyai banyak sekali pertanyaan. Salah satu pertanyaan yang paling sering muncul di benak partner baru adalah kenapa komisi Shopee Affiliates tidak masuk atau tidak dihitung?

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Shopee Affiliate adalah salah satu program dari Shopee bagi para creator untuk mempromosikan produk di sosial media mereka seperti Facebook, Youtube, Instagram, Blog, Tiktok, Twitter dan lain-lain.

Setiap pembelian produk yang dipromosikan, para creator akan mendapatkan komisi dari penjualan. Adapun besaran komisi yang didapatkan dihitung berdasarkan tipe pembeli. Untuk pembeli baru akan mendapatkan komisi sebesar 10% dan untuk pembeli lama hanya 2,5% saja dari harga.

Walaupun demikian ada juga beberapa pengguna yang kebingungan ketika sudah mempromosikan produk namun komisi Shopee Affiliate tidak masuk ke saldo. Sebenarnya ada beberapa penyebab sehingga komisi Shopee Affiliate tidak dihitung.

Nah pada pembahasan kali ini, Blogger Toraja akan memaparkan beberapa alasan penyebab komisi Shopee Affiliate tidak masuk atau tidak dihitung. Yuk langsung saja disimak pembahasannya berikut.

Penyebab Komisi Shopee Affiliate Tidak Masuk

Berikut ini beberapa alasan mengapa komisi Shopee Affiliate tidak masuk ke saldo sehingga tidak bisa dicairkan ke ShopeePay dan rekening bank.

1. Transaksi Belum Selesai

Mungkin kamu melihat di dashboard Shopee Affiliates ada banyak sekali produk yang dibeli oleh pengguna namun komisinya belum masuk ke saldo. Hal tersebut dikarenakan proses transaksi belum selesai, dengan kata lain masih sementara di proses.

Jika produk sudah diterima dengan baik oleh pembeli dan uangnya sudah dilepaskan ke pihak Shopee kemudian diteruskan ke penjual, barulah kamu mendapatkan komisi dari produk yang kamu promosikan.

2. Pembelian Produk Dibatalkan

Tidak menutup kemungkinan juga ada beberapa pembeli yang membatalkan pesanan produk yang telah dibeli. Kamu juga tidak akan mendapatkan komisi dari pembelian produk yang telah dibatalkan.

3. Pembelian Produk Digital Seperti Pulsa, Voucher, Tiket, Diamon Game, dll

Kamu juga tidak mendapatkan komisi untuk pembelian produk-produk digital seperti pulsa, voucher, tiket, diamon game dan lain-lain. Selain produk digital, ada juga yang menawarkan jasa seperti jasa subscribe dan view Youtube, jasa penambah follower dan lain-lain, kamu tidak akan mendapatkan komisi jika ada yang menggunakan jasa tersebut.

4. Membeli Produk Afiliasi Sendiri

Jika kamu membeli sebuah produk menggunakan custom link afiliasi sendiri di Shopee maka kamu juga tidak akan mendapatkan komisi dari produk yang telah kamu beli. Hal tersebut secara otomatis akan terdeteksi dan status pesanan menjadi tidak sah (Berisi pesanan yang tidak sah).

5. Mempromosikan Link Afiliasi Menggunakan Konten Terlarang

Cara paling jitu untuk mendapatkan banyak klik dan pesanan affiliate adalah mempromosikan link afiliasi melalui sosial media entah itu dengan gambar, artikel tulisan atau video. Namun jangan sekali-kali mempromosikan link afiliasi menggunakan konten terlarang seperti konten yang berbau porn*grafi, j*udi, hoax dan lain-lain.

Memang konten tersebut bisa mendatangkan banyak klik ke link afiliasi namun akibatnya juga bisa fatal termasuk kamu tidak akan mendapatkan komisi dan bahkan akun affiliate kamu akan dicabut.

6. Produk yang Dipromosikan Bukan dari Toko Star, Star+ atau Shopee Mall

Ada juga beberapa produk yang tidak memiliki komisi karena produk tersebut bukan dari toko Star, Star+ dan Shopee Mall. Oleh karena itu, sebelum mempromosikan link afiliate sebuah produk kamu harus mengecek terlebih dahulu apakah produk tersebut bagian dari toko Star, Star+ dan Shopee Mall atau tidak. Salah satu ciri yang paling dasar adalah produknya tidak memiliki komisi.

Kesimpulan

Sebenarnya masih banyak sekali hal yang menyebabkan kenapa komisi Shopee Affiliate tidak masuk atau tidak terhitung. Namun jika kamu ingin membaca rincian lengkapnya, bisa cek melalui link berikut: https://shopee.co.id/docs/6937

Demikianlah pembahasan saya mengenai Penyebab Komisi Shopee Affiliate Tidak Masuk / Tidak Dihitung, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close