Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Arti Extra Ecclesiam Nulla Salus?

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Mungkin kita sering atau pernah mendengar istilah Extra Ecclesiam Nulla Salus dalam khotbah atau diskusi-diskusi yang berhubungan dengan agama Kristen. Lalu apa itu Extra Ecclesiam Nulla Salus? 

Pada pembahasa kali ini Blogger Toraja akan memaparkan apa arti kata Extra Ecclesiam Nulla Salus. Yuk langsung saja disimak pembahasannya berikut.

Apa Artinya Extra Ecclesiam Nulla Salus?

Extra Ecclesiam Nulla Salus adalah sebuah kalimat dalam bahasa Latin, artinya adalah "Di luar gereja tidak ada keselamatan".

Ada beberapa alasan yang mendasari gagasan ini antara lain:

  1. Gereja tidak pernah terlepas dari Kristus
  2. Ajaran iman dan baptisan yang diperlukan untuk keselamatan yang dipercayakan kepada Gereja
  3. Gereja menjadi sarana keselamatan.

Semboyan yang sudah dipakai oleh Santo Cyprianus dari Karthago hendak menekankan pentingnya keanggotaan didalam Gereja Kristus untuk dapat memperoleh keselamatan (Mrk. 16:16 TB "Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum")

Latar belakang pemikiran semboyan ini adalah munculnya ajaran dan guru-guru yang tidak sesuai dan tidak sejalan dengan otoritas Injil Kristus dan gereja.

Banyaknya tawaran jalan keselamatan sendiri yang tidak sejalan dengan Kitab Suci dan kuasa mengajar gereja, membuat banyak anggota komunitas Kristiani bingung.

Cyprianus mau menyemangati anggota komunitas gerejawi untuk tetap beriman pada keyakinan dan tidak mudah dibelokkan oleh ajaran-ajaran yang keliru, yang tentu saja tidak sesuai dengan iman gereja.

Referensi:

  • Aplikasi Alkitab
  • Kamus Gereja & Teologi Kristen. (2022). BPK Gunung Mulia, Jakarta

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close