Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Mengubah Ukuran Huruf / Font di Microsoft Word

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Sebagai mahasiswa mungkin kamu pernah mendapatkan tugas dari dosen untuk membuat karya tulis ilmiah entah itu berupa makalah, jurnal atau laporan penelitian. Namun salah satu syarat penulisan yang harus kamu ikuti adalah ukuran font dalam karya tulis tersebut adalah 12.

Lalu bagaimana cara mengubah ukuran huruf di Microsoft Word baik itu memperbesar atau memperkecil font agar sesuai dengan keinginan?

Microsoft Word sebenarnya sudah memiliki fitur dimana pengguna bisa mengatur ukuran huruf sesuka hati. Mengatur ukuran font di Word umumnya bisa dilakukan melalui menu Home tepatnya di grup Font.

Nah pada pembahasan kali ini, Blogger Toraja akan memaparkan bagaimana cara mengubah ukuran huruf atau font di Microsoft Word 2007, 2010, 2013, 2016, 2019 atau versi yang lebih terbaru. 

Disamping itu, kami juga akan menjelaskan bagaimana cara mengatur ukuran font default di MS Word agar kamu tidak perlu lagi repot-repot mengatur ukuran font saat membuat atau mengedit dokumen baru. Yuk langsung saja disimak pembahasannya berikut.

Cara Mengubah Ukuran Huruf di Microsoft Word (Font Size)

Untuk mengatur ukuran huruf atau font di MS Word dalam hal ini memperbesar huruf atau memperkecil huruf, ada 3 cara yang bisa kamu lakukan yakni sebagai berikut.

1. Menggunakan Font Size

  • Buka program aplikasi Microsoft Word
  • Ketiklah beberapa kata atau kalimat.
  • Kemudian seleksi semua tulisan yang akan diubah ukuran hurufnya
  • Selanjutnya ke menu Home → Font Size. Klik dropdown pada Font Size lalu pilih ukuran huruf yang ingin digunakan, semisal disini saya ingin menggunakan ukuran font 12

  • Jika sudah maka ukuran huruf pada lembar kerja akan berubah

  • Selesai.

2. Menggunakan Increase dan Decrease Font Size

Cara lain yang bisa kamu gunakan untuk mengubah ukuran huruf di Word adalah menggunakan Increase Font Size atau Decrease Font Size. 

Increase Font Size berfungsi untuk memperbesar ukuran huruf dengan kelipatan dua kali. Misalnya ukuran font yang kamu gunakan sekarang adalah 12. Ketika mengklik Increase Font Size maka ukuran fontnya akan berubah menjadi 14 dan begitu seterusnya.

Decrease Font Size adalah kebalikan dari Increase Font Size yakni berfungsi untuk memperkecil ukuran huruf dengan kelipatan 2. Jadi jika font yang kamu gunakan sekarang adalah 12 dan mengklik Decrease Font Size maka fontnya akan menjadi 10 dan begitupun seterusnya.

Berikut cara menggunakan fitur Increase dan Decrease Font Size untuk memperbesar dan memperkecil huruf atau Font di MS Word.

  • Buka program aplikasi MS Word di laptop
  • Ketiklah beberapa kata atau huruf
  • Blok semua tulisan yang telah dibuat di lembar kerja.
  • Selanjutnya ke menu Home lalu klik Increase Font Size untuk memperbesar huruf atau Decrease Font Size untuk memperkecil huruf

  • Selesai

3. Menggunakan Shortcut Ctrl+Shift+P

Cara ketiga yang bisa kamu gunakan untuk mengatur ukuran huruf di MS Word adalah menggunakan kombinasi tombol keyboard atau shortcut Ctrl+Shift+P.

Shortcut Ctrl+Shift+P digunakan untuk memunculkan kotak dialog Font ke halaman kerja MS Word dimana kotak dialog ini bisa digunakan untuk mengatur font seperti jenis font, style font, ukuran font dan lain-lain. Berikut tutorialnya.

  • Blok semua teks atau tulisan yang telah kamu ketik di lembar kerja Microsoft Word.
  • Selanjutnya tekan tombol Ctrl+Shift+P secara bersamaan pada keyboard laptop / PC kamu
  • Tunggu beberapa saat sampai kotak dialog Font muncul. Di bagian Font, silahkan pilih ukuran huruf yang akan digunakan dan jika sudah klik OK untuk menyimpan pengaturan

  • Nah dengan demikian ukuran font pada tulisan di lembar kerja akan berubah.
  • Selesai

Cara Mengubah Ukuran Font Default di Word

Kamu juga bisa mengubah ukuran font default di Microsoft Word agar ketika kamu membuat dokumen kamu tidak perlu lagi mengatur ukuran hurufnya karena sudah disetting sesuai keinginan. Umumnya font default di MS Word adalah 11 tapi kita bisa menggantinya menjadi 12 atau ukuran yang lain. Untuk tutorialnya telah saya bahas di artikel saya sebelumnya, dan bisa kamu baca disini.

Demikianlah pembahasan saya mengenai 3 Cara Mengubah Ukuran Huruf / Font di Microsoft Word 2007, 2010, 2013, 2016, 2019, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close