Cara Mengubah Font Default di Microsoft Word, Excel, Powerpoint

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Microsoft Offce merupakan satu paket aplikasi perkantoran yang bisa dijalankan di PC yang memuat beberapa aplikasi seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft PowerPoint, Outlook, visio, Publisher dan Microsoft Access. Masing-masing aplikasi tersebut memiliki fungsi masing-masing dalam membantu menyelesaikan pekerjaan kita sehari-hari terutama dalam pembuatan dan pengolahan dokumen.

Salah satu hal yang membuat Microsoft Office banyak digunakan orang dan bahkan bisa dikata hampir semua orang yang memiliki laptop maupun komputer menginstal software ini karena banyaknya fitur dan tools dalam aplikasi ini, salah satunya adalah ketersediaan berbagai macam font yang bisa digunakan dan diubah sesuka hati. Disamping itu, kita juga masih bisa menambah huruf kedalam aplikasi jika memang diperlukan.

Ketika kita baru menjalankan program dalam aplikasi Micosoft Office seperti Word, Excel dan Powerpoint, maka default font yang muncul adalah Calibry dengan ukuran font 11. Namun tahukah kamu kalau kita masih bisa mengubah pengaturan default font tersebut sesuai dengan keinginan kita, misalnya kita akan mengubahnya menjadi Times New Roman dengan ukuran 12. Jadi setiap kali kita menjalankan program Microsoft Office, maka fontnya bukan lagi Calibry melainkan TNR dengan ukuran 12.

Nah pada pembahasan kali ini, bloggertoraja.com akan memberikan trik mengubah font default di Microsoft office dalam hal ini Word, Excel dan Powerpoint.

Cara Mengubah Font Default di Microsoft Word 2007, 2010, 2013, 2016

Untuk mengubah tulisan default di Microsoft Word, misalnya dari Calibry ke Times New Roman maka langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama, buka aplikasi Microsoft Word
  • Jika halaman kerja sudah muncul, silahkan ke menu Home → grup Font. Di grup font tersebut, klik icon kecil di sebelah kanan bawah untuk menampilkan dialog box font.

  • Jika jendela dialog box font sudah muncul, silahkan ganti font di bagian Latin Text sesuai keinginan kamu. Kamu juga bisa mengatur ukuran hurufnya di bagian Size. Jika sudah, klik Default dan jika jendela pemberitahuan pergantian default font muncul, klik Yes

Nah dengan demikian font default MS Word kamu telah berganti sesuai dengan yang telah kamu atur. Jadi setiap kali kamu menjalankan aplikasi Microsoft Word maka fontnya akan sesuai dengan apa yang kamu atur tadi. 

Cara Mengganti Default Font di Microsoft Excel 2007, 2010, 2013, 2016

Untuk mengganti default font di Microsoft Excel 2007, 2010, 2013, dan 2016, langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama, buka aplikasi MS Excel di laptop atau komputer
  • Jika sudah berada dalam sheet Excel, klik icon Office Button lalu pilih Excel Options
  • Di jendela Excel Options, silahkan ke bagian PopularWhen creating new workbooks. Di bagian Use this font silahkan atur font yang akan dijadikan default dalam aplikasi dan juga sesuaikan ukuran font di Font size. Jika sudah klik OK
  • Jika muncul jendela pemberitahuan pergantian default font, klik OK

Nah dengan demikian font default kamu telah diganti dan jika kamu membuka aplikasi Microsoft Excel maka font tersebutlah yang akan muncul jadi tidak perlu diatur-atur lagi. Disini saya menggunakan Excel 2007 namun caranya hampir sama untuk versi yang lain.

Cara Setting Default Font di Powerpoint 2007, 2010, 2013, 2016

Untuk Microsoft Powerpoint, kita hanya bisa mengubah default font dalam satu presentasi saja. Dengan kata lain ketika kita membuat presentasi lainnya maka fontnya akan kembali berubah ke semula. Default font yang telah kita atur nantinya akan diterapkan ke semua halaman slide tanpa terkecuali. Berikut ini cara mengatur default font di Powerpoint:

  • Pertama, buka aplikasi Powerpoint di PC
  • Jika sudah berada di halaman pembuatan slide, klik menu View lalu pilih Slide Master
  • Di halaman pengaturan Slide Master, klik slide pertama lalu pilih FontsCreate New Theme Fonts...
  • Di jendela Create New Theme Font, silahkan atur font yang akan diterapkan ke semua slide. Misalnya font bagian kepala atur di Heading Font (Latin) dan untuk bagian isi atur di Body Font (Latin). Jika sudah, klik Save

  • Dan dengan demikian font default pun telah diubah dan diterapkan ke seluruh slide yang sudah ada maupun yang akan dibuat. Untuk keluar dari Master Slide, klik Close Master View


Cara mengatur default font di ketika produk Microsoft Office seperti Word, Excel dan Powerpoint memanglah berbeda-beda. Namun ketika kita sudah mengaturnya maka kita tidak perlu lagi repot-repot menyesuaikan satu per satu fontnya apalagi jika dokumen atau presentasi yang kita buat memakan banyak halaman. Kita tidak perlu lagi takut kalau ada font yang berbeda satu dengan yang lainnya dalam sebuah file misalnya membuat karya ilmiah yang mengharuskan kita menggunakan satu font saja.

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Mengubah Font Default di Microsoft Word, Excel, Powerpoint, semoga dapat membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

Baca juga