Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Menerjemahkan Video Secara Otomatis dan Online

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Buat kamu yang mendapatkan tugas dari sekolah untuk menerjemahkan sebuah video misalnya dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia atau sebaliknya bahasa Indonesia ke bahasa Inggris, biasanya kita mendengar lalu meringkas terlebih dahulu apa yang dikatakan oleh speakers dalam video tersebut kemudian menerjemahkannya.

Ada juga beberapa video yang sudah mempunyai subtitles sehingga kita tidak perlu lagi menyimak secara detail apa yang dikatakan oleh speakers karena sudah ditampilkan di layar. Kita tinggal menerjemahkan subtitle tersebut ke berbagai bahasa yang kita inginkan.

Namun tahukah kamu ada sebuah trik menerjemahkan video yang tidak ada subtitle secara otomatis dan online tanpa aplikasi tambahan di PC maupun HP android/Iphone, semuanya 100% gratis. 

Banyak juga content creator menggunakan cara ini untuk menerjemahkan video mereka sebelum diupload ke platform sosial media seperti youtube, instagram, facebook, tiktok agar mudah dipahami oleh penonton mereka dari negara lain. Penasaran dengan caranya? Yuk langsung saja disimak pembahasannya dibawah ini.

Situs Website Menerjemahkan Video Secara Otomatis dan Online 

Di internet ada banyak sekali situs website yang bisa kita gunakan untuk mentranslate video yang tidak ada subtitlenya secara online dan otomatis, salah satunya adalah Kapwing - Edit video and create content online.

Kapwing merupakan sebuah situs edit video online yang ada di internet dan menyediakan berbagai macam fasilitas editing video secara gratis dan mudah tanpa harus menginstal aplikasi terlebih dahulu. Salah satu fitur tersebut adalah menerjemahkan video secara otomatis.

Jadi hasil translate nantinya akan langsung terpasang di video secara otomatis dan tinggal kita sesuaikan saja jenis teksnya maupun ukuran teks yang akan digunakan.

Disamping itu, video yang sudah kita edit melalui situs ini ketika diekspor tidak mencantumkan watermark atau tanda air website pada video yang kita buat. Dimana kita tahu banyak sekali aplikasi maupun situs diluar sana ketika kita menggunakan versi gratis untuk mengedit video maka watermark akan mereka cantumkan ke video kita. Untuk menghilangkan watermark maka kita harus membeli lisensinya atau mengupgradenya ke versi pro. Namun itu semua berbeda dengan situs Kapwing ini, semuanya gratis tanpa watermark. Keren bukan?

Berhubung karena Kapwing adalah situs website maka kamu bisa menggunakannya disegala device seperti PC (laptop dan komputer) ataupun di HP android dan IOS (iPhone dan sejenisnya).

Cara Translate Video Tidak ada Subtitle Secara Otomatis dan Online di HP dan Kmputer

Berikut ini cara translate video yang tidak ada subtitlenya secara otomatis dan online tanpa aplikasi tambahan di HP dan komputer menggunakan situs Kapwing:

  • Pertama, buka browser (google chrome, mozilla firefox, opera mini, etc) di HP atau PC lalu di kolom pencarian ketik kapwing lalu cari. Jika situsnya sudah muncul, silahkan di klik.
  • Di beranda situs, klik Start Editing lalu mendaftar terlebih dahulu menggunakan akun google (gmail) kamu.
  • Selanjutnya klik New Content lalu cari dan upload video kamu. 
  • Jika videonya sudah ada dalam halaman situs, klik bagian Subtitles lalu scroll ke bagian paling bawah.
  • Kemudian klik Auto Generate lalu pilih bahasa yang ada di video. Jika sudah klik Translate
  • Selanjutnya pilih videonya mau di translate ke bahasa apa dan jika sudah klik Auto Generate
  • Jika sudah maka videonya telah berhasil di translate ke bahasa yang dipilih tadi dan hasil translatenya akan dimunculkan pada subtitle yang nampak di video. Kamu juga masih bisa mengubah tampilan subtitlenya seperti ukuran huruf, jenis huruf, warna huruf, efek huruf dan lain sebagainya.
  • Jika sudah klik Done lalu pilih Export

Nah dengan demikian video kamu telah ditranslate dan hasil translatenya akan langsung dimunculkan pada bagian subtitle video. Video kamupun juga telah tersimpan ke memori internal perangkat dan bisa kamu upload di platform sosial media kamu. Keren bukan? 

Jika kamu masih bingung dengan tutorial diatas, kamu bisa menonton video tutorialnya dibawah ini agar bisa lebih dimengerti.

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Translate Video Secara Otomatis dan Online, semoga dapat membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard