Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Kolom Tanda Tangan di Word Agar Rapi

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Pada sebuah surat resmi yang dikeluarkan oleh instansi ataupun kantor, pasti didalamnya terdapat tanda tangan yang menunjukkan keautentikan surat tersebut. Bukan hanya pada surat-surat resmi, beberapa dokumen yang kita buat wajib membubuhkan tanda tangan basah misalnya saja di kata pengantar skripsi, membuat laporan kegiatan, membuat surat pernyataan dan lain sebagainya. Dan untuk membuat dokumen tersebut biasanya kita menggunakan aplikasi pembuat dan pengolah dokumen seperti Microsoft Word.

Mungkin kamu sudah biasa membuat kolom tanda tangan di Microsoft Word dan biasanya cara yang kita lakukan adalah menekan spasi atau tab agar kolom tanda tangan yang dibuat menjadi rapi. Namun sebenarnya cara tersebut adalah cara yang lama dan terkadang kolom yang dibuat tidak sejajar dan tidak rapi.

Oleh karena itu, bloggertoraja.com akan memberikan sebuah trik atau tutorial membuat kolom tanda tangan di Microsoft Word agar terlihat rapi dan tidak berantakan. Cara ini berlaku untuk semua versi MS Word mulai dari MS Word 2007, 2010, 2013 maupun 2016.

Cara Membuat Kolom Tanda Tangan di Microsoft Word 2007, 2010, 2013, 2016

Untuk membuat kolom tanda tangan di Microsoft Word agar rapi, kamu bisa menggunakan dua cara sebagai berikut:

1. Membuat Kolom Tanda Tangan Menggunakan Tabel

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk membuat kolom tanda tangan yang rapi di word adalah menggunakan bantuan tabel. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama, letakkan kursor di tempat kita akan membuat tanda tangan
  • Di halaman kerja MS Word silahkan ke menu InsertTable → lalu buat tabel 4 baris

  • Kemudian sesuaikan ukuran kolomnya dengan cara menggeser (drag) tiap sudut kolom sehingga berbentuk seperti gambar dibawah ini
  • Selanjutnya isi kolom dengan deskripsi tanda tangan, misalnya nama, NIP, jabatan dan lain sebagainya. Jika sudah blok semua teks lalu klik CTRL + E untuk menempatkan posisi teks tepat ditengah kolom (bisa juga ke menu Home lalu di bagian Paragraph pilih Center).

  • Jika sudah, hapus garis yang ada di kolom dengan cara blok semua objek yang ada di tabel lalu ke menu DesignBordersNo Border
  • Maka secara otomatis garis-garis kolom akan terhapus dan tinggal kolom tanda tangan yang ditampilkan.

Nah dengan demikian kamu telah membuat kolom tanda tangan yang rapi dan juga sejajar tanpa harus capek menekan spasi dan tab di keyboard untuk meluruskannya agar sejajar. 

2. Membuat Kolom Tanda Tangan Menggunakan Text Box

Cara kedua yang bisa kamu gunakan untuk membuat kolom tanda tangan yang rapi di Word adalah menggunakan fitur Text Box. Sebenarnya cara ini lebih simpel lagi dari cara yang pertama diatas. Disamping itu, kamu juga bisa memindahkan kolom tanda tangannya sesuka hati kamu. Berikut langkah-langkah membuatnya:

  • Pertama, letakkan kursor di tempat kamu ingin membuat tanda tangan
  • Kemudian ke menu InsertText BoxSimple Text Box

  • Jika kolom Text Box sudah di halaman kerja, sesuaikan letaknya dengan cara menggeser (drag) kolomnya dan juga edit teks yang ada dalam Text Box sesuai dengan deskripsi tanda tangan yang ingin dibuat. Untuk membuat teksnya jadi rata tengah, blok teks terlebih dahulu lalu klik CTRL+E (atau bisa ke menu HomeParagraph Center).

  • Berhubung karena garis tepi (warna hitam) pada kolom Text Box masih ada dan perlu kita hilangkan. Caranya tempatkan kursor di kolom Text Box lalu ke menu FormatShape OutlineNo Outline

  • Jika sudah maka garis kolom telah dihilangkan dan hasilnya akan tampil seperti gambar dibawah ini.

Nah dengan demikian kolom tanda tangan telah berhasil dibuat menggunakan bantuan Text Box di Word. Kolom tanda tangan ini masih bisa kamu pindahkan ke tempat lain jika peletakannya belum terlalu pas.

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Membuat Kolom Tanda Tangan di Word Agar Rapi, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard