Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti Kata Kolekta Adalah

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Kolekta berasal dari bahasa latin Collecta; yang dalam bahasa inggris berarti collect, collective. Kolekta adalah doa sebelum pembacaan Alktab (disebut juga Liturgi Firman), disebut juga doa pembuka Liturgi Firman. 

Doa Kolekta disebut dalam liturgi Ekumenis (d.hi. Liturgi Lima) sebagai pembuka Liturgi Firman. Penamaan ini berhubungan dengan collect (tenang) atau collective (bersama), beberapa gereja menuturkannya secara bersama-sama.

Contoh doa Kolekta dalam Liturgi Lima adalah sebagai berikut: Ya Allah yang Mahamurah dan Mahakasih, Engkau telah mengurapi Anak yang Kaukasihi dengan Roh Kudus pada pembaptisan-Nya di Sungai Yordan, dan mengurapi-Nya sebagai Nabi, Imam, dan Raja: curahkanlah kembali Roh-Mu atas kami sehingga kami taat pada panggilan Baptisan kami, bersemangat di ddalam persekutuan tubuh dan darah Kristus, dan melayani orang miskin dari umat-Mu dan mereka yang membutuhkan kasih, melalui Yesus Kristus, Anak-Mu, Tuhan kami, yang hidup dan memerintah bersama-Mu, didalam kesatuan dengan Roh Kudus, Allah yang Esa, kini dan sepanjang masa. Amin.

Johannes Calvin menyebut doa ini dengan istilah epiklesis, tetapi Martin Luther menyebutnya collecta sebagaimana kebiasaan gereja Barat.

Sumber:

Kamus Gereja & Teologi Kristen. (2022). BPK Gunung Mulia, Jakarta

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close