Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Tanda Panah di PPT PowerPoint

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Saat membuat Presentasi di PowerPoint, salah satu objek yang biasanya kita masukkan pada halaman slide adalah tanda panah. Tanda panah biasanya digunakan untuk menunjuk suatu objek atau materi pada slide yang sudah dibuat.

Tidak sebatas itu saja, kita juga bisa menyesuaikan simbol tanda panah yang dimasukkan misalnya dengan memberikan efek animasi bergerak sehingga tanda panah yang dibuat seolah-olah berjalan.

Nah pada pembahasan kali ini, Blogger Toraja akan memaparkan bagaimana cara membuat tanda panah berjalan di Microsoft PowerPoint 2007, 2010, 2013, 2016, 2019 atau versi yang lebih terbaru. Yuk langsung saja disimak pembahasannya berikut.

Cara Membuat Tanda Panah di PPT PowerPoint

Untuk membuat tanda panah di slide presentasi PowerPoint, kita bisa memanfaatkan bentuk yang ada di fitur Shape. Untuk lebih jelasnya kamu bisa ikuti tutorial berikut ini:

  • Buka Microsoft PowerPoint di laptop, komputer atau PC
  • Jika sudah berada di halaman slide, silahkan buat tanda panah dengan cara klik menu Insert lalu klik Shape

  • Di sini ada beberapa pilihan tanda panah yang bisa kamu buat, apakah dalam bentuk garis (Lines) atau Block Arrows, semisal saya akan memilih tanda panah yang ada di Block Arrows

  • Kemudian gambarlah tanda panah di halaman slide dengan cara klik, tahan dan geser sehingga membentuk tanda panah sesuai ukuran yang diinginkan

  • Dengan demikian kamu telah berhasil membuat tanda tangan di PowerPoint
  • Selesai.

Melalui fitur Shape ini, kamu bisa membuat berbagai macam bentuk tanda panah mulai dari tanda panah kiri, kanan, atas, bawah, tanda panah melengkung, simbol panah dan lain-lain.

Cara Membuat Panah Berjalan / Bergerak di PowerPoint

Kamu juga bisa memberikan efek pada tanda panah yang sudah dibuat sehingga seolah-olah panah tersebut berjalan atau bergerak. Tutorialnya sebagai berikut:

  • Silahkan klik tanda panah yang sudah dibuat pada slide lalu ke menu Animations. Di tab menu Animations ini kamu bisa memilih animasi apa yang akan diterapkan pada tanda panah, semisal disini saya akan menggunakan animasi Wipe karena saya akan membuat animasi panah berjalan.

  • Kemudian kita akan mengatur dari arah mana animasinya akan dimulai. Karena saya ingin menggerakkan animasinya muncul dari kiri ke kanan maka klik menu Effect Options lalu pilih From Left
  • Selanjutnya kita bisa menyesuaikan durasi munculnya tanda panah. Silahkan ke grup Timing dan disitu kamu bisa menyesuaikan durasi, delay, dan lain-lain. Misalnya disini saya akan mengatur durasi panah berjalan menjadi 2 detik (02,00)
  • Nah dengan demikan kamu telah berhasil membuat animasi panah berjalan di PowerPoint
  • Selesai.

Bagaimana? Cukup mudah bukan?

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Membuat Tanda Panah di PPT PowerPoint, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close