Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Video Presentasi Pembelajaran dengan Wajah di Capcut

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Membuat video presentasi dengan wajah sebenarnya sangat mudah dilakukan. Hanya dengan menggunakan aplikasi edit video seperti Capcut di HP Android atau iPhone, kamu sudah bisa mengedit video presentasi dengan wajah dengan mudah.

Video presentasi dengan wajah biasanya digunakan untuk keperluan pembelajaran jarak jauh. Semisal kamu sedang berada di luar kota namun tetap dituntut untuk memberikan materi pembelajaran kepada siswa, mau tidak mau kamu harus menyiapkan sebuah video presentasi pembelajaran yang bisa ditonton oleh siswa dikelas.

Nah pada pembahasan kali ini, Blogger Toraja akan memaparkan bagaimana cara membuat video presentasi pembelajaran dengan wajah di Capcut. Yuk langsung saja disimak pembahasannya berikut:

Cara Membuat Video Presentasi Pembelajaran dengan Wajah di Capcut

Sebelum membuat video presentasi pembelajaran, hal pertama yang harus kamu siapkan adalah materi pembelajaran yang akan dikonversi dalam bentuk video nantinya. Kamu bisa membuat materi ini di aplikasi PowerPoint dalam bentuk slide. 

Sesudah materi dibuat, kamu bisa screenshot materi yang ada pada slide sehingga terbentuklah beberapa gambar berisi materi pembelajaran.

Jangan lupa juga untuk membuat rekaman diri kamu yang sementara menjelaskan materi yang sudah dibuat. Kamu bisa menggunakan smartphone untuk membuat rekaman video penjelasan materi tersebut.

Jika semua bahan yang diperlukan sudah siap, maka berikut ini cara membuat video presentasi pembelajaran dengan wajah di aplikasi Capcut:

  • Buka aplikasi Capcut di HP Android atau iPhone.
  • Jika Capcut sudah terbuka, klik New Project
  • Lalu ke bagian Photos dan pilih semua gambar yang sudah discreenshot tadi dan akan dijadikan video presentasi. Jika sudah klik Add, maka kamu akan dialihkan ke halaman desain Capcut. 

  • Selanjutnya kita akan menambahkan video wajah yang sudah direkam tadi. Caranya ketuk menu Overlay
  • Lalu klik Add Overlay
  • Ke bagian Videos lalu pilih video yang sudah direkam tadi lalu ketuk Add, maka video akan ditambahkan ke halaman pengeditan. 

  • Biasanya video yang kita rekam bentuknya memanjang keatas dengan aspek rasio 9:16, oleh karena itu kita akan memotong video sehingga ukurannya menjadi 1:1. Caranya klik video lalu ke menu Edit
  • Selanjutnya klik Crop
  • Kemudian sesuaikan ukurannya, semisal disini saya memilih 1:1. Jika sudah klik icon Centang

  • Terakhir silahkan perkecil ukuran video dan tempatkan video di bagian bawah kiri layer atau diposisi yang kamu inginkan.

  • Jika semua sudah diatur, silahkan simpan video presentasi pembelajaran dengan wajah yang sudah dibuat.
  • Selesai.

Jika langkah-langkah diatas sudah kamu ikuti dengan baik maka kamu telah berhasil membuat video presentasi dengan wajah menggunakan aplikasi Capcut di HP Android dan iPhone.

Oya jangan lupa juga untuk menyesuaikan video dengan isi materi jangan sampai videonya kecepatan sedangkan materinya belum bergerak ke slide berikutnya. Oleh karena itu kamu perlu menyesuaikannya agar benar-benar pas. 

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Membuat Video Presentasi Pembelajaran dengan Wajah di Capcut, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close