Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Menghapus Cache (File Sampah) di HP Oppo

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Saat menjalankan sebuah aplikasi di HP Oppo, secara otomatis file cache juga akan terbentuk pada aplikasi tersebut. Sebenarnya cache mempunyai peranan yang sangat penting karena bisa mempercepat aplikasi saat dioperasikan. 

Lalu sebenarnya apa itu cache? Jadi cache adalah sebuah proses yang dilakukan oleh aplikasi yang ada di smartphone untuk menyimpan informasi sehingga kamu tidak perlu lagi mengunduh data tersebut berulang kali sehingga mempercepat kunjungan kamu selanjutnya di aplikasi tersebut. Cache bisa berupa foto, video, dokumen, musik, url maupun berkas-berkas lainnya

Namun sayangnya file cache yang berlebihan akan berimbas ke penyimpanan internal di HP kamu sehingga membuat performa HP kamu menurun. Maka tak heran jika banyak pengguna yang mengeluh memori HPnya cepat penuh dan smartphonenya sangat lamban ketika digunakan, itu semua karena data sampah yang ada pada HP.

Untungnya semua HP Android mempunyai fitur untuk membersihkan cache atau data sampah sehingga tidak memenuhi memori perangkat. Apalagi jika memori internal HP kamu sangat sedikit, ada baiknya kamu membersihkan cache secara berkala agar performa HP kamu tetap optimal.

Nah pada pembahasan kali ini, Bloggertoraja.com akan memaparkan bagaimana cara menghapus cache atau file sampah yang tersembunyi di HP Oppo semua tipe seperti Oppo A53, Oppo A54, Oppo A16, Oppo A37, Oppo A3S, Oppo A5S dan lain-lain. Yuk langsung saja disimak pembahasannya berikut.

Cara Menghapus Cache (File Sampah) di HP Oppo

Membersihkan file sampah yang tersembunyi di HP Oppo sebenarnya sangat mudah dilakukan. Ada empat cara yang bisa kamu lakukan untuk menghapus cache agar HP Oppo agar tetap optimal saat digunakan, yakni sebagai berikut:

1. Menghapus Cache Aplikasi Melalui Pengaturan

Cara yang pertama ini adalah kita akan menghapus Cache satu per satu pada aplikasi yang sudah diinstal sebelumnya maupun aplikasi default di HP Oppo. Berikut tutorialnya:

  • Buka menu Pengaturan di HP Oppo
  • Selanjutnya ke bagian Aplikasi
  • Lalu ketuk Manajemen Aplikasi
  • Pilih Aplikasi di HP Oppo yang hendak dihapus cachenya
  • Kemudian ketuk Penggunaan penyimpanan
  • Lalu klik Hapus cache
  • Dengan demikian kamu telah menghapus data sampah di aplikasi tersebut
  • Selesai

Lakukan langkah-langkah diatas kembali untuk aplikasi lainnya yang ingin kamu bersihkan file sampahnya.

2. Membersihkan Sampah Tersembunyi Melalui Menu File

Kamu juga bisa membersihkan semua file sampah yang tersembunyi dalam folder HP Oppo agar ruang penyimpanan kamu sedikit agak lega. Berikut tutorialnya:

  • Buka menu File Saya
  • Didalam halaman File Saya, klik Kosongkan
  • Kemudian tunggu beberapa saat sampai sistem selesai mencari dan menghitung file sampah yang ada dalam folder HP kamu. Jika sudah klik Lihat detail
  • Beri tanda centang pada Sampah Cache lalu klik Hapus
  • Dengan demikian kamu telah menghapus data sampah yang ada di HP Oppo kamu.
  • Selesai.

3. Menghapus File Cache Melalui Bilah Status

Hampir di semua tipe HP Oppo pada bagian Bilah Status menyediakan fitur Bersihkan Penyimpanan. Fitur ini bisa kamu gunakan untuk mempersihkan semua data cache yang tersembunyi pada perangkat. Berikut tutorialnya:

  • Silahkan munculkan Bilah Status di HP Oppo dengan cara mengusap layar dari atas kebawah
  • Jika sudah pada bagian Bilah Status kamu akan melihat beberapa fitur, silahkan ketuk fitur Bersihkan Perangkat
  • Lalu tunggu beberapa saat sampai sistem selesai mencari semua file sampah yang ada pada smartphone kamu. Jika sudah klik Bersihkan
  • Dengan demikian semua file Cache yang ada dalam HP Oppo telah dibersihkan.
  • Selesai.

4. Mengunakan Aplikasi Pembersih Cache (File Sampah)

Di HP Android, ada banyak sekali aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan file-file sampah atau cache. Aplikasi tersebut bisa kamu download secara gratis melalui Playstore. 

Berikut beberapa rekomendasi aplikasi pembersih file sampah tersembunyi terbaik dan tanpa iklan di HP Android:

  1. Ccleaner
  2. Booster for Android
  3. 1Tap Cleaner
  4. AVG Cleaner
  5. Nox Cleaner
  6. Droid Optimizer
  7. Avira Optimizer
  8. Clean Droid
  9. Files by Google
  10. Phone Cleaner
  11. SD Maid
  12. Easy Cleaner

Sebenarnya masih banyak sekali aplikasi pembersih cache HP Android yang bisa kamu gunakan untuk menghapus data sampah di HP Oppo namun saya rasa 12 aplikasi diatas adalah aplikasi pembersih file sampah terbaik dan wajib kamu coba.

Demikianlah pembahasan saya mengenai 4 Cara Menghapus Cache (File Sampah) di HP Oppo, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close