Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian dan Contoh Metode Penelitian Biografi

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Pada pembahasan kali ini, Blogger Toraja akan membahas mengenai apa itu metode biografi yang meliputi pengertian metode biografi, langkah-langkah melakukan studi biografi dan contoh metode penelitian biografi. Yuk langsung saja disimak pembahasannya berikut.

Pengertian Metode Penelitian Biografi

Studi biografi atau yang dikenal dengan istilah metode penelitian biografi adalah suatu metode Alkitab yang mempelajari kehidupan dari tokoh-tokok dalam Alkitab, terkait dengan keberhasilan, kegagalan, sifat-sifat utama yang menonjol, dan segala hal yang berhubungan dengan tokoh-tokoh dalam Alkitab.

Langkah-langkah Melakukan Studi Biografi

Untuk mengetahui kehidupan atau biografi dari tokoh-tokoh Alkitab yang dimaksud, berikut ini terdapat beberapa cara atau langkah yang perlu diperhatikan, antara lain:

  1. Pilih tokoh berdasarkan aplikasi atau tujuan kita mempelajarinya, jika kita ingin belajar soal ketulusan, kita bisa belajar dari Daud. Lamanya waktu yang diperlukan untuk mempelajari seorang tokoh sangat tergantung pada banyaknya referensi tentang tokoh tersebut di Alkitab. Untuk mempelajari Abraham dan Musa tentunya akan membutuhkan waktu lebih panjang jika dibandingkan dengan mempelajari Stefanus yang hanya memiliki referensi sedikit.
  2. Cari referensi ayat tentang tokoh tersebut di Alkitab.
  3. Baca referensi-referensi ayat yang sudah Anda peroleh, dan tuliskan kesan pertama yang Anda dapatkan dari pembacaan pertama ini.
  4. Baca lagi referensi-referensi ayat tersebut, dan mulai susun kerangka kronologis tokoh tersebut. Dimulai dari dia dilahirkan atau cerita awal kehidupan tokoh tersebut sampai pada akhir hidup tokoh tersebut diceritakan.
  5. Coba memperoleh pengertian atau pemahaman tentang orang itu. Mengenai kehidupannya.
  6. Kenali karakter-karakter tokoh ini yang bisa dijadikan teladan.
  7. Cari referensi-referensi lain di Alkitab mengenai mengenai tokoh tersebut, selain dari cerita utama mengenal tokoh tersebut. Sebagai contoh, kehidupan Daniel selain diceritakan pada Kitab Daniel juga bisa kita temukan dalam Kitab Yehezkiel.
  8. Rangkum pelajaran pokok yang kita dapatkan.
  9. Tulis aplikasi pribadi yang akan kita terapkan.

Contoh Metode Biografi

Untuk mempelajari pribadi tokoh-tokoh dalam Alkitab, ada tahapan yang harus diikuti dalam penggunaan metode biografi, berikut tahapan dan contoh praktis metode biografi:

Mulailah dengan mempelajari biografi orang-orang yang peranannya kecil, seperti Barnabas, Andreas, dan Stefanus. Sebaiknya jangan memulai studi dengan kehidupan Yesus, Musa, atau Abraham karena referensinya banyak, sehingga akan memakan waktu berminggu-minggu untuk mempelajarinya.

Dan yang paling penting ialah kita perlu memerhatikan beberapa tokoh di Alkitab yang mempunyai nama yang sama, contohnya adalah Zakharia. Beberapa tokoh dengan nama "Zakharia" yang ada dalam Alkitab adala: anak Yerobeam raja Israel, Zakharia bin Maselemya, pengunggu pintu Kemah Pertemuan, Nabi Zakharia (pada Kitab Zakharia), dan Zakharia ayah Yohanes Pembaptis. 

Jangan mencampuradukkan tokoh-tokoh ini karena masing-masing adalah orang yang berbeda.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close