Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Aplikasi Untuk Mengisi Formulir PDF

Mungkin kamu pernah mendapat sebuah form pendaftaran yang harus diisi namun form tersebut dalam bentuk file PDF. Agar bisa mengisi formulir tersebut kamu membutuhkan aplikasi yang bisa membaca dan mengedit PDF secara gratis.

Di artikel saya sebelumnya, saya sudah membagikan beberapa situs website yang bisa kamu gunakan untuk mengisi form PDF secara online, dengan situs ini kamu tidak perlu menginstal aplikasi tambahan lagi.

Namun salah satu kekurangan dari situs web tersebut adalah sangat sulit digunakan apalagi jika kita harus mengisi formulir dari smartphone kita. Berbeda jika kita menggunakan laptop, kita bisa dengan mudah menggunakan situs tersebut.

Oleh karena itu, pada pembahasan kali ini Blogger Toraja akan merekomendasikan beberapa aplikasi di HP Android dan iPhone yang bisa kamu gunakan untuk mengisi formulir secara gratis maupun berbayar. Nantinya ada aplikasi yang bisa kamu jalankan secara offline dan ada juga yang online.

Aplikasi Untuk Mengisi Formulir PDF Gratis (Offline & Online)

1. Wps Office

Siapa sih yang tidak kenal dengan WPS Office. Aplikasi serbaguna ini bisa memiliki banyak sekali fitur, salah satunya fitur untuk mengisi formulir PDF. Dengan aplikasi ini, kamu bisa memasukkan teks, persegi panjang, tanda centang, tanda silang, dan sebagainya didalam formulir.

Cara menggunakannyapun sangat mudah, kamu tinggal membuka apikasi WPS Office lalu ke menu Alat. Cari Alat PDF lalu klik Isi Formulir. Selanjutnya klik Pilih Dokumen lalu cari formulir PDF yang ingin kamu isi. Jika formulirnya sudah terbuka, silahkan isi semua form yang tersedia lalu Simpan jika sudah selesai.

Namun sayangnya fitur ini hanya tersedia jika kamu sudah berlangganan WPS Premium alias berbayar.

2. Xodo PDF Reader & Editor

Selanjutnya kamu bisa menggunakan Xodo PDF Reader & Editor untuk mengisi formulir PDF secara gratis. Aplikasi ini cukup populer di kalangan pengguna Android karena dapat membaca, mengedit, memberi keterangan, mengisi dan menandatangani formulir PDF. Disaping itu tampilan antar muka yang mudah membuat pengguna bisa dengan mudah mengoperasikan aplikasi ini.

Untuk cara menggunakannyapun sangatlah mudah, kamu tinggal buka aplikasi Xodo PDF Reader lalu klik menu sebelah kiri dan cari formulir yang hendak kamu isi. Jika form sudah terbuka, silahkan diisi semua bagiannya lalu Simpan.

3. PDF Reader Pro - Reader & Editor 

PDF Reader Pro merupakan aplikasi yang dapat memproses file PDF dan membuatnya dapat dibaca dan diedit dengan mudah. Melalui fitur-fitur yang ada di PDF Reader Pro, kamu bisa mengisi setiap form yang ada di formulir.

4. Adobe Acrobat Reader: Baca PDF

Kemudian ada aplikasi Adobe Acrobat Reader dimana aplikasi ini memiliki segudang fitur seperti penampil PDF, mode single page dan ouline mode liquid untuk navigasi yang efisien, pengeditan dokumen PDF, menambahkan objek seperti gambar dan tanda tangan digital serta pengguna dapat menyimpan file PDF bukan hanya ke internal storage tapi juga di cloud storage seperti Microsoft OneDrive, Dropbox dan Google Drive.

5. Foxit PDF Editor

Dengan aplikasi Foxit PDF Editor, pengguna dapat melihat, mengedit, membuat anotasi serta melindungi file PDF dengan menguncinya agar tidak sembarangan dibuka oleh orang lain. Aplikasi ini juga sangat mudah digunakan karena tampilannya yang sederhana dan tentunya responsiv untuk smartphone kamu.

6. Google Drive

Kamu juga bisa menggunakan Google Drive untuk mengisi formulir PDF secara gratis dan online. Kamu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi ini bukan? Bahkan bisa dibilang aplikasi ini merupakan aplikasi bawaan di smartphone Android yang berfungsi untuk menyimpan file ke penyimpanan awan. Berikut tutorialnya:

  • Buka aplikasi Google Drive
  • Buka file PDF berisi formulir yang sudah kamu upload sebelumnya
  • Cari bagian form yang akan diisi lalu klik bagian tersebut
  • Isi semua form yang tersedia
  • Jika sudah, klik Save dan Unduh untuk menyimpan PDF ke internal storage.

Selain 6 aplikasi yang sudah saya bagikan diatas, masih ada banyak lagi aplikasi lainnya yang bisa kamu gunakan untuk mengisi formulir di HP Android dan iOS. Aplikasi tersebut tersedia secara gratis di Playstore dan App Store.

Jadi aplikasi mana yang akan kamu gunakan?

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close