Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti Imago Dei Adalah

Selamat datang di situs Blogger Toraja

Imago Dei berasal dari bahasa Latin yang jika diartikan secara harfiah adalah gambar dan/rupa Allah; citra Allah. Istilah ini didasarkan pada ungkapan "gambar dan rupa kita" dalam Kejadian 1:26 yang merupakan terjemahan dari istilah Ibrani tselem dan demut.

Manusia adalah gambar dan citra Allah yang sempurna. Akibat kejatuhan kedalam dosa (Kejadian 3) citra Allah dalam diri manusia menjadi rusak (rusak dalam artian tidak sama sekali hilang). Sebagai citra Alah yang sempurna, manusia memiliki harkat dan martabat yang harus dihormati dan dijunjung tinggi.

Secara hakiki, semua manusia adalah citra Allah, dan kemanusiaan mereka yang dimarjinalkan pun tak kurang dan tak lebih dari manusia lainnya, mereka sepenuhnya manusia.

Ketika diakonia dilakukan untuk memenuhi panggilan mengasihi sesama seperti diri sendiri, maka mereka yang terpinggirkan itu adalah sesama citra Allah.

Pada salah satu dokumen WCC (2013) antara lain dikatakan: semua orang diciptakan menurut citra Allah. Penghargaan atas martabat manusia dan harga setiap pribadi tanpa membedakan usia, kemampuan, etnisitas, gender, kelas, kebangsaan, ras dan agama adalah hal yang mendasar bagi iman kita.

Iman kita menolong kita untuk memastikan bahwa kehidupan manusia, keamanan fisik, dan keselamatan pribadi dijamin dalam hukum dan lembaga-lembaga.

Referensi

Kamus Gereja & Teologi Kristen. (2022). BPK Gunung Mulia, Jakarta

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close