Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti Kata Antroposofi Adalah

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Secara harfiah Antroposofi dapat diartikan sebagai kebijaksanaan manusia. Antroposofi adalah sebuah sistem agama dan filsafat yang didasarkan pada gagasan teosofi dari Rudolf Stainer (1861-1925).

Menurut KBBI, arti kata antroposofi adalah aliran filsafat yang berpandangan bahwa keseluruhan cara berfikir, tubuh, kesadaran, dan jiwa manusia akan membentuk satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dan akan mengalami perubahan secara terus menerus.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa gagasan ini dibuat oleh Stainer, ia sempat menjadi sekretaris umum di German Theosophical Society, tetapi pada tahun 1913 ia meninggalkan teosofi dan membentuk lembaga antroposofi yang menyerap unsur-unsur dari Hinduisme, Neo-Platoisme, Gnotisisme dan Sufisme.

Ia membenarkan keberadaan dunia spiritual maupun material, dan mengajarkan bahwa keselamatan terdiri dari melepaskan diri dari keterikatan kepada dunia material dengan cara merengkuh pengetahuan spiritual yang esoterik tentang kodrat yang sebenarnya dari yang ada.

Berbeda dari teosofi yang berkeyakinan bahwa pengetahuan seperti itu berasal dari sejumlah avatar (inkarnasi) dan arhat (guru utama), antroposofi mengajarkan bahwa manusia memiliki kebenaran di dalam diri mereka sendiri.

Kalau teosofi melihat Kristus hanya sebagai salah satu dari banyak avatar, antroposofi mengajarkan bahwa Kristus adalah satu-satunya avatar, yang memasuki sejarah manusia sebagai pernyataan penuh dari dunia spiritual.

Kontak dengan Kristus membawa penetrasi yang lebih dalam pada pengetahuannya sendiri tentang realitas. Karena itu kalangan antroposofi juga merayakan Ekaristi dan melihatnya sebagai yang sangat bermakna.

Sakramen itu menghubungkan pesertanya dengan roh dan tubuh Kristus, membuat mereka menjadi "manusia" sejati dan mampu menyadari daya-daya okultis di dalam dirinya.

Antroposofi dinyatakan sesat oleh Gereja Kristen Roma pada tahun 1919 akan tetapi para pengikutnya hingga kini masih sangat banyak, terutama di Jerman, Inggris dan Amerika Serikat.

Umumnya mereka menarik diri dari lingkungan intelektual dalam upaya mencari pengalaman religius yang lebih bergairah di luar saluran-saluran keagamaan yang mapan.

Pusat kegiatan antroposofi saat ini ada di kota Dornach, Swiss, di gedung besar dan lahan yang luas. Di situ mereka juga menjual bahan-bahan suplemen, pendukung dan pemeliharaan kesehatan, termasuk homeopati dan herbal.

Referensi

Aplikasi KBBI

Kamus Gereja & Teologi Kristen. (2022). BPK Gunung Mulia, Jakarta

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close