Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti Kata Teosofi Adalah

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Teosofi berasal dari bahasa Yunani theos dan sophia yang jika diartikan secara harfiah berarti hikmat atau kebijaksanaan dari Allah.

Menurut KBBI, arti kata teosofi adalah ajaran atau pengetahuan kebatinan (semacam falsafah atau tasawuf) yang sebagian besar berdasarkan ajaran agama Buddha dan Hindu.

Istilah teosofis sudah digunakan oleh kaun Neo-Platonis Kristen pada abad-abad pertengahan antara lain agama misteri Dyonisus dan sering diasosiasikan dengan filsafat India; sinonimnya dalam bahasa Sansekerta adalah Brahmavidya.

Ajaran ini hidup kembali sejak abad ke-17 dan mencapai puncak perkembangannya pada abad ke-19 antara lain dengan didirikannya Theosophical Society di New York tahun 1875 oleh Helena P. Blavatsky dan H.S Olcott (yang sesudah meninggal digantikan Annie Besant).

Dari Amerika Serikat pindah ke India, mendirikan pusatnya di kota Adyar, dekat Madras (Chennay), dan selanjutnya berkembang ke berbagai penjuru dunia, termasuk di Indonesia. Di Indonesia, organisasinya bernama Perkumpulan Warga Theosofi Indonesia (Perwathin).

Teosofi bukanlah agama dan tidak memiliki pengakuan iman, ia didasarkan pada pengakuan atas persaudaraan universal dari seluruh umat manusia, serta menganjurkan toleransi atas segala perbedaan.

Referensi

Aplikasi KBBI

Kamus Gereja & Teologi Kristen. (2022). BPK Gunung Mulia, Jakarta

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close