Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memasukkan Subtitle ke Film (Video) di HP Android

Seiring perkembangan teknologi yang kian pesat, sekarang ini kita tidak hanya bisa menonton film melalui layanan Televisi tetapi juga bisa melalui smartphone kita. Sudah banyak sekali layanan streaming film berbayar maupun gratis yang tersedia di internet.

Selain layanan nonton film online, kamu juga bisa mendownload film melalui aplikasi maupun situs web kemudian menontonnya secara offline melalui HP kamu.

Namun biasanya film yang sudah kita download, subtitlenya tidak tersedia khususnya film-film seperti film Korea, Barat, Cina, Jepang dan film luar negeri lainnya.

Jika subtitle film tidak tersedia kita akan kesusahan mengerti apa yang pemeran film ucapkan terlebih lagi kita tidak akan mengerti alur pada film tersebut.

Untungnya sekarang ini kamu bisa memasang subtitle film di HP Android sehingga memudahkan kamu mengerti apa yang diucapkan oleh pemerannya terutama jika film tersebut bukan film Indonesia.

Nah pada pembahasan kali ini, Blogger Toraja akan memaparkan bagaimana cara memasukkan subtitle ke film atau video di HP Android. Yuk langsung saja disimak pembahasannya berikut.

Cara Memasang Subtitle ke Film/Video di HP Android

Sebelum masuk ke tutorialnya, saya tekankan bahwa tutorial ini berlaku untuk semua HP Android seperti Oppo, Vivo, Huawei, Samsung, Honor, Xiaomi, LG, Realme, Poco dan lain-lain. Berikut tutorialnya:

1. Download dan Instal Aplikasi MX Player

Agar bisa memasukkan subtitle film ke HP Android, kamu memerlukan sebuah aplikasi tambahan bernama MX Player. MX Player merupakan sebuah aplikasi pemutar video dan pemberi subtitle dimana aplikasi ini akan mengakses memori internal di HP kamu untuk mencari semua film maupun video yang akan ditampilkan dalam aplikasi. Aplikasi ini bisa kamu download secara gratis melalui Playstore. 

Jadi pertama-tama silahkan masuk ke Playstore lalu download aplikasi MX Player. Jika aplikasinya sudah terdownload, silahkan instal aplikasi tersebut di HP kamu.

2. Download Subtitle Film

Selanjutnya kamu juga memerlukan file subtitle yang akan ditambahkan kedalam video. Biasanya file subtitle film memiliki format .srt.

Kamu bisa medownload subtitle film bahasa Indonesia melalui situs web penyedia subtitle film gratis yang banyak tersedia di internet atau bisa juga melalui bot Telegram.

Artikel Terkait: Download Subtitle Bahasa Indonesia Untuk Film di Telegram

3. Masukkan Subtitle ke Film/Video Menggunakan MX Player

Silahkan buka dan jalankan aplikasi MX Player di HP kamu. Jika aplikasinya sudah terbuka, silahkan klik Video

Kemudian cari film yang hendak kamu beri subtitle bahasa Indonesia

Jika filmnya sudah terputar, silahkan klik icon ⋮ (Titik Tiga) di pojok kanan atas

Lalu ketuk Teks film

Selanjutnya klik Buka

Maka secara otomatis aplikasi MX Player akan membaca semua berkas subtitle (.srt) yang ada dalam penyimpanan HP kamu. Silahkan pilih file subtitle yang ingin ditambahkan.

Jika pada film belum ada subtitlenya, klik Tambah. Jika pada film sudah ada subtitlenya, klik Ganti.

Dengan demikian kamu telah memasukkan subtitle ke film atau video di HP android menggunakan aplikasi MX Player.

Tentang Aplikasi MX Player

MX Player merupakan aplikasi pemutar video yang mendukung semua format dukungan audio termasuk AC-3. Disamping itu aplikasi ini memiliki akselerasi hardware yang lumayan canggih dan juga didukung untuk penambahan subtitle pada video.

Adapun jenis format subtitle video yang didukung, antara lain:

  • .ssa/ .ass (SubStation Alpha)
  • .smi (SAMI)
  • .srt (SubRip)
  • .sub (MicroDVD)
  • .sub/.idx (VobSub)
  • .sub (SubViewer2.0)
  • .mpl (MPL2)
  • .txt (TMPlayer)
  • Teletext
  • .pjs (PJS)
  • .vtt (WebVTT)

Kesimpulan dan Penutup

Demikianlah pembahasan saya mengenai bagaimana Cara Memasukkan Subtitle ke Film (Video) di HP Android, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Jika ada pertanyaan seputar tutorial yang saya bagikan diatas, bisa menghubungi kami melalui halaman kontak yang tersedia di situs ini.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close