Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menambahkan Font di Photoshop

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Saat membuat sebuah desain di Photoshop, salah satu elemen yang biasanya kita tambahkan adalah teks atau tulisan. Teks menjadi sarana untuk menyampaikan informasi pada desain yang kita buat.

Oleh karena itu sebisa mungkin kita menggunakan font yang enak dilihat sehingga informasi yang disampaikan bisa dibaca dengan baik oleh orang lain.

Di aplikasi Photoshop sudah tersedia ribuan font yang bebas digunakan pada desain secara gratis. Namun ada kalanya juga kita ingin sekali menggunakan sebuah font namun tidak tersedia di Photoshop. Oleh karena itu, satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah menginstal font tersebut ke aplikasi Photoshop.

Nah pada pembahasan kali ini, Blogger Toraja akan memaparkan bagaimana cara menambahkan font baru di aplikasi Photoshop laptop laptop atau PC di Windows 7, 8, 8.1, 10 dan 11. 

Cara Menambahkan Font di Photoshop

Untuk menambah sebuah font baru di aplikasi Photoshop, ada beberapa langkah yang bisa kamu ikuti sebagai berikut:

1. Download Font Photoshop

Sebelum menginstal font ke aplikasi Photoshop terlebih dahulu kamu harus mempunyai file font yang akan diinstal. Font yang digunakan Photoshop memiliki extension .ttf, .otf, .pbf, dan .pfm.

Salah satu situs web yang bisa kamu gunakan untuk mendownload font Photoshop keren adalah Dafont. Di situs ini kamu bisa mendapatkan puluhan ribu font gratis yang bisa kamu gunakan pada desain kamu.

Cara mendownload font dari situs Dafont pun cukup mudah. Kamu tinggal kunjungi halaman web Dafont melalui link berikut: https://www.dafont.com/ lalu cari font yang hendak kamu unduh. Jika sudah dapat, kamu tinggal klik Download dan secara otomatis file font akan langsung disimpan ke folder kamu.

2. Ekstrak Font

Setelah font berhasil didownload, langkah selanjutnya adalah mengekstrak font. Berikut tutorialnya:

  • Buka folder Downloads di laptop atau PC kamu
  • Kemudian cari font yang telah didownload tadi, semisal tadi saya mendownload font Ramadhan Mubarak.
  • Klik kanan pada font tersebut lalu klik Extract Here

  • Dengan demikian kamu telah mengekstrak font dari yang awalnya berformat .ZIP menjadi .Otf atau .TTF

3. Menambahkan Font di Photoshop

Langkah terakhir adalah kita akan menambahkan font yang sudah diekstrak ke aplikasi Photoshop. Berikut tutorialnya:

  • Klik dua kali pada font Photoshop yang sudah diekstrak tadi

  • Kemudian akan muncul kotak dialog untuk memasang font. Silahkan klik Instal

  • Tunggu beberapa saat sampai fontnya selesai diinstal
  • Jika sudah, dengan demikian kita telah menambahkan font baru ke aplikasi Photoshop
  • Selesai.

Untuk mengecek apakah fontnya benar-benar telah ditambahkan ke aplikasi Photoshop, silahkan jalankan aplikasi Photoshop lalu tambahkan teks ke halaman desain. Sesudah itu silahkan ganti fontnya menjadi font Ramadhan Mubarrak yang diinstal tadi.

Kesimpulan dan Penutup

Dengan mengikuti langkah-langkah diatas, kamu bisa menambahkan ribuan font ke aplikasi Photoshop dengan cepat sehingga kamu tidak perlu lagi khawatir akan kehabisan stock font ketika membuat sebuah desain.

Oya bukan cuma di situs Dafont kamu bisa mendapatkan font Photoshop gratis namun bisa juga di situs lainnya yang sudah tersedia di internet seperti 1001freefonts.com, fontspace.com, fontesk.com, fontfabric.com dan lain-lain.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close