Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Struktur Organisasi Otomatis di Google Sheets

Cara Membuat Struktur Organisasi di Google Spreadsheet - Struktur organisasi merupakan sebuah sistem yang digunakan untuk mendefenisikan hierarki dalam organisasi agar organisasi dapat berjalan dan mencapai tujuan bersama di masa yang akan datang.

Struktur organisasi tergolong sangat penting karena dapat membantu kita mengetahui posisi atau jabatan seseorang, menjelaskan jalur hubungan antar anggota, serta menunjukkan peran dan tugas masing-masing orang dalam organisasi.

Karena pentingnya struktur dalam organisasi maka pada pembahasan kali ini Blogger Toraja akan memberikan tutorial mengenai bagaimana cara membuat struktur organisasi secara otomatis, mudah dan cepat menggunakan Google Sheets / Spreadsheet.

Cara ini bisa kamu gunakan untuk membuat struktur organisasi dalam lingkup perusahaan, kelas, organisasi kemahasiswaan, organisasi pemuda, organisasi gereja, organisasi mesjid, lembaga pemerintahan dan lain-lain.

Cara Membuat Struktur Organisasi Otomatis di Google Sheets / Spreadsheet

  • Buka platform Google Sheet melalui link berikut: https://docs.google.com/spreadsheets/
  • Kemudian siapkan data yang akan dibuatkan strukturnya. Semisal disini saya sudah mempunyai data, siapa yang menjadi Employee dan Supervisor dalam organisasi.

  • Seleksi semua nama-nama yang sudah kita masukkan kemudian ke tab menu Sisipkan lalu klik Diagram

  • Jika kotak dialog Editor Diagram sudah muncul, klik pada bagian Jenis Diagram

  • Scroll kebawah lalu klik Diagram Organisasi

  • Maka secara otomatis struktur orgnisasi akan dibuat dan dimunculkan pada halaman kerja Google Sheet berdasarkan data yang kamu buat tadi.

  • Kita bisa mengatur ukuran kolom nama dalam struktur dan warna nodus di bagian Sesuaikan lalu klik Org

  • Jika semua sudah diatur dan tidak ada lagi perubahan, kamu bisa menyimpan struktur organisasi yang sudah dibuat dalam bentuk file Excel, PDF, OpenDocument, dan lain-lain.
  • Selesai.

Bagaimana? Cukup mudah bukan?

Setelah mengikuti tutorial ini diharapkan kamu tidak perlu lagi capek-capek membuat dan mengedit struktur organisasi secara manual karena dapat menguras waktu dan tenaga. Apalagi jika kamu tidak mahir menggunakan aplikasi edit gambar karena sekarang semuanya bisa dilakukan secara instan hanya dalam satu kali klik.

Semoga dapat membatu dan bermanfaat.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close