Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Presentasi (PPT) Otomatis Online

Presentasi merupakan proses menyajikan informasi, ide, atau gagasan kepada audiens. Presentasi sering dilakukan dalam bentuk lisan atau visual melalui slide atau media lainnya. Tujuan dari presentasi adalah untuk menyampaikan pesan dengan jelas dan efektif kepada pendengar.

Biasanya untuk membuat slide presentasi kita menggunakan aplikasi seperti Microsoft PowerPoint, WPS Office, Canva, dan Google Slides. Namun tahukah kamu, ada sebuah trik yang bisa kamu gunakan untuk membuat presentasi dalam bentuk PPT secara otomatis.

Dengan trik ini, kamu tidak perlu menyediakan materi, mengedit gambar serta mengedit desain presentasi karena akan digenerate secara otomatis oleh AI dalam hitungan menit saja. Yap kamu tidak salah dengar, disini kita akan menggunakan AI atau Artificial Intelligence untuk membuat slide presentasi tersebut. Penasaran dengan triknya? Silahkan disimak pembahasannya berikut.

Mengenal Tome App

Tome App adalah sebuah situs website yang belakangan ini sedang viral di media sosial karena mampu membuat presentasi PowerPoint secara otomatis dan online. Situs ini menggunakan teknologi DALL-E 2 yang merupakan model generative yang dikembangkan oleh OpenAI.

DALL-E 2 adalah versi kedua dari model DALL-E yang digunakan untuk menghasilkan gambar dari teks deskriptif. Model ini dapat mengubah teks yang diberikan menjadi gambar yang sesuai dengan teks tersebut.

Misalnya kita menginput teks "sebuah kucing dengan topi", teknologi ini akan mengkonversi teks tersebut menjadi gambar sebuah kucing yang sedang mengenakan topi. DALL-E 2 juga dapat digunakan untuk menghasilkan video, suara, dan teks dari teks yang di input.

Daftar Tome App

Agar bisa menggunakan website ini untuk membuat presentasi, kamu harus membuat akun terlebih dahulu di Tome App kemudian login menggunakan akun tersebut. Tutorialnya sebagai berikut:

  • Buka layanan Tome App melalui link berikut: https://beta.tome.app/
  • Jika situsnya sudah terbuka, klik Get Tome for free

  • Pada bagian ini kita akan diberi dua opsi registrasi akun, bisa menggunakan akun Google atau Email. Untuk lebih simplenya, disini saya akan menggunakan akun Google 

  • Pilih akun Google yang akan kamu gunakan

  • Selanjutnya buat profil dengan memasukkan nama dan pekerjaan kamu pada kolom yang tersedia. Klik Next untuk melanjutkan

  • Kemudian masukkan nama tempat kamu berkerja. Pada bagian ini bisa diisi asal-asalan saja ya, lalu klik Continue to workspace

  • Di halaman Refer and earn credits, kamu bisa melewati langkah ini dengan mengklik Continue

  • Jika semua langkah-langkah diatas telah kamu ikuti dengan benar maka kamu telah berhasil melakukan registrasi akun di Tome App dan akan login secara otomatis.
  • Selesai.

Cara Membuat Presentasi PowerPoint (PPT) Secara Otomatis Online

Jika sudah mendaftar, selanjutya kita akan menggunakan Tome App untuk membuat presentasi secara otomatis. Tutorialnya sebagai berikut:

  • Dalam dashboard Tome App, klik Create di pojok kanan atas

  • Maka kamu akan dialihkan ke halaman pembuatan slide presentasi, klik fitur AI Create (Ctrl+K)

  • Masukkan judul presentasi yang akan dibuat pada kolom yang muncul lalu tekan Enter

  • Tunggu beberapa saat sampai presentasi kamu selesai dibuat. Jika sudah maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini

  • Selesai

Walaupun Tome App dapat membuatkan kita presentasi secara otomatis yang mencakup materi dan gambar, sayangnya presentasi yang dibuat belum bisa disimpan dalam bentuk file PPT atau PPTX. Namn ada opsi lain yang disediakan oleh Tome App yakni kamu bisa membagikan link presentasi yang sudah dibuat. Dengan link tersebut orang lain bisa melihat slide presentasi kamu secara online melalui website Tome App.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close