Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Daftar, Login dan Menggunakan OpenAI ChatGPT

OpenAI adalah sebuah perusahaan yang berfokus pada riset AI (Artificial Intelligence) yang didirikan pada tahun 2015 oleh Elon Musk, Sam Altman, dkk. Perusahaan ini berfokus pada pengembangan teknologi AI yang aman dan bermanfaat bagi umat manusia. 

OpenAI menyediakan berbagai produk dan layanan seperti Gym, Debate Game, GPT, GPT-2, GPT-3, ChatGPT, Musik, Whisper, API, Microscope, dan Codex.

Dari semua produk OpenAI, yang paling booming sekarang ini adalah ChatGPT. Bagaimana tidak, ChatGPT ini mampu mempelajari data dalam jumlah yang sangat banyak agar bisa menjawab berbagai macam pertanyaan yang diberikan oleh user. ChatGPT dibuat sedemikian rupa agar bisa menjawab pertanyaan semirip mungkin dengan manusia. Hebat sekali bukan?

Nah bagi kamu yang berminat menggunakan ChatGPT dari OpenAI, tentu ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan, salah satunya yakni membuat akun kemudian login menggunakan akun tersebut.  

Apa Itu ChatGPT?

Sebelum lanjut ke tutorialnya ada baiknya kamu mengenal dulu apa itu ChatGPT. ChatGPT adalah sebuah model bahasa yang dikembangkan oleh OpenAI. Model ini merupakan turunan dari GPT-3 (Generative Pre-trained Transformer 3) yang dibuat dengan data yang cukup besar sehingga dapat menghasilkan teks yang berkualitas dan menyerupai teks yang ditulis oleh manusia. 

Berikut ini beberapa fungsi ChatGPT dalam menunjang pekerjaanmu sehari-hari:

  1. Membuat teks otomatis seperti artikel, surat, dan lain-lain dengan cepat dan mudah.
  2. Membuat konten seperti cerita, puisi, narasi, konten sosial meia, dan lain-lain.
  3. Menjawab pertanyaan otomatis yang diajukan oleh pengguna. Jawaban yang diberikanpun cukup bagus dan relevan.
  4. Summary: ChatGPT juga dapat digunakan untuk membuat ringkasan dari teks yang panjang.
  5. Pembuatan komentar otomatis berdasarkan teks yang diberikan.
  6. Pembuatan caption otomatis dari gambar atau video.
  7. Pembuatan rekomendasi berdasarkan data yang diberikan.
  8. Pembuatan konten iklan yang menarik dan relevan dengan produk atau layanan kita.
  9. Jawaban yang relevan dari pertanyaan yang diajukan.
  10. Dan lain-lain.

Cara Daftar OpenAi

Nah bagaimana cara daftar dan membuat akun OpenAi untuk pemula? Berikut tutorialnya:

  • Buka Browser di Smartphone, laptop atau PC
  • Masuk ke laman situs ChatGPT melalui link berikut: https://chat.openai.com/
  • Untuk melakukan pendaftaran, klik Sign Up

  • Disini kita akan diberi 3 opsi pendaftaran, yakni bisa menggunakan Email, Akun Google dan Akun Microsoft. Semisal disini saya akan menggunakan akun Google

  • Pilih akun Google yang akan digunakan untuk mendaftar. 

  • Selanjutnya masukkan identitas kamu, bisa berupa nama, username, dan lain-lain lalu klik Continue untuk melanjutkan

  • Masukkan juga nomor HP kamu yang terkoneksi dengan WA lalu klik Send code via WhatsApp. Jika nomor tersebut tidak terkoneksi dengan WhatsApp, klik Send via SMS instead

  • Masukkan kode verifikasi yang dikirim ke nomor HP kamu melalui WhatsApp atau SMS. Jika kode betul akan terverifikasi secara otomatis

  • Kemudian klik Continue

  • Jika muncul pertanyaan How will you primarlly use OpenAi (bagaimana Anda akan menggunakan OpenAi), silahkan pilih salah satunya. Karena disini saya menggunakannya untuk kebutuhan pribadi maka saya memilih I'm exploring personal use

  • Jika semua langkah-langkah diatas telah kamu ikuti dengan benar, maka kamu telah berhasil mendaftarkan akun di OpenAI.

  • Selesai

Cara Login ke ChatGPT OpenAI

Sesudah mendaftar, kamu bisa menggunakan akun tersebut untuk login di layanan ChatGPT OpenAI. Tutorialnya sebagai berikut:

  • Buka ChatGPT melalui link berikut: https://chat.openai.com/auth/login
  • Kemudian klik Log In

  • Di halaman Log In, karena tadi kita mendaftar menggunakan akun Google maka silahkan pilih Continue With Google

  • Pilih akun Google yang kamu daftarkan tadi

  • Secara otomatis kamu akan dialihkan ke dashboard ChatGPT

  • Selesai

Cara Menggunakan ChatGPT dari OpenAI

Perihal menggunakan ChatGPT untuk jawab soal, parafrase, membuat artikel, membuat program (coding) dan lain-lain cukup mudah. Kamu tinggal memasukkan teks pada kolom chat yang sudah tersedia lalu kirim, semisal disini saya ingin membuat kalimat pendahuluan untuk makalah kerusakan lingkungan.

Maka ChatGPT akan membuat kalimat berdasarkan teks yang dimasukkan dan hasilnya akan langsung dimunculkan dalam halaman ChatGPT

Untuk fitur lainnya, silahkan eksplor sendiri dalam platform ini.

Video Tutorial

Jika kamu masih kebingungan dengan tutorial yang kami paparkan diatas, kamu bisa menonton video tutorial cara daftar, login dan menggunakan ChatGPT yang telah kami buat dibawah ini.

Kesimpulan dan Penutup

Memang disadari bahwa ChatGPT adalah teknologi yang sangat canggih. Dengan model deep learning yang sangat canggih, chatGPT mampu menirukan gaya bahasa manusia dengan sangat baik dan menghasilkan jawaban yang sangat relevan. 

Walaupun demikian ChatGPT juga memiliki beberapa kekurangan, seperti masalah privasi dan kesalahan dalam jawaban yang diberikan. Disamping itu juga kadang kala ChatGPT mengalami error dalam pengoperasiannya entah karena masalah koneksi, overload karena pengguna yang sangat banyak, dan lain-lain.

Namun, dengan pengembangan yang terus dilakukan, diharapkan chatGPT dapat menjadi alat yang semakin baik dan bermanfaat bagi penggunanya.

Secara keseluruhan, chatGPT merupakan teknologi yang sangat menjanjikan dan dapat memberikan banyak manfaat bagi kemajuan teknologi dan industri. 

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close