Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menambahkan Watermark Menggunakan Bot Telegram

Bagi kamu yang sudah lama terjun di dunia desain grafis tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah watermark atau tanda air. Watermark adalah tanda atau logo yang ditambahkan ke dalam gambar atau video untuk menandakan pemilik atau hak cipta dari konten tersebut. 

Watermark biasanya digunakan untuk melindungi konten dari penggunaan tanpa izin atau pembajakan. Watermark juga dapat digunakan untuk memberikan informasi tambahan seperti tanggal, lokasi, atau kredensial sebuah konten.

Untuk menambahkan watermark pada konten yang sudah dibuat, kita bisa menggunakan aplikasi edit gambar atau video yang sudah banyak tersedia saat ini, baik itu di smartphone maupun PC.

Disamping itu, ada juga beberapa platform yang menyediakan tools untuk menambahkan watermark secara otomatis salah satunya Telegram.

Nah pada pembahasan kali ini, Blogger Toraja akan memaparkan bagaimana cara menambahkan watermark pada foto atau video menggunakan bot Telegram.

Nama Bot Telegram Watermark

Mungkin kamu bertanya-tanya, apa itu bot Telegram? Jadi bot Telegram adalah sebuah program yang dapat dijalankan di aplikasi Telegram dimana program ini bisa melakukan berbagai tugas otomatis, seperti memberikan informasi, menjawab pertanyaan, serta mengeksekusi perintah. 

Bot Telegram dapat dibuat menggunakan bahasa pemrograman seperti Python atau JavaScript, dan dapat diintegrasikan dengan berbagai API atau layanan lain untuk menyediakan fitur tambahan. Bot Telegram dapat ditemukan dan diakses melalui pencarian atau dengan mengetik kata kunci perintah spesifik pada kolom pencarian di aplikasi Telegram.

Di aplikasi Telegram ada banyak sekali bot termasuk bot yang bisa digunakan untuk memberi watermark pada gambar atau video dengan cepat dan mudah. Nama bot tersebut adalah Watermark Bot. Bot ini bisa kamu akses melalui link berikut: https://t.me/WMarkProBot

Apa yang bisa bot ini lakukan? Watermark Bot bisa digunakan untuk memberi watermark pada konten seperti foto, video dan gambar gifs.

Cara Menambahkan Watermark di Foto & Video dengan Bot Telegram

Sebelum menggunakan bot ini, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan yakni watermark buatan kamu sendiri yang sudah jadi serta konten (gambar atau video) yang akan diberi label watermark. Karena fungsi bot ini sendiri hanya untuk memberi watermark, bukan membuat watermark.

Jika sudah paham, berikut tutorial menggunakan Watermark Bot di Telegram:

  1. Buka aplikasi Telegram
  2. Masuk ke chatroom Watermark Bot menggunakan link berikut: https://t.me/WMarkProBot
  3. Untuk menjalankan bot, klik Start atau Mulai
  4. Selanjutnya klik Logos Management
  5. Lalu klik New Logo
  6. Tambahkan watermark kedalam chatroom bot dengan cara klik icon clip kertas → Galeri → pilih watermark yang sudah jadi → lalu kirim
  7. Jika sudah masukkan gambar, video, gifs yang akan diberi watermark dengan cara klik icon clip kertas → galeri → pilih foto atau video → kirim
  8. Kemudian klik Watermark
  9. Lalu klik Logo
  10. Tentukan dimana kamu ingin menempatkan watermark. Disini ada berbagai pilihan yakni: pojok kiri atas, tengah atas, pojok kanan atas, kanan, pojok kanan bawah, tengah bawah, pojok kiri bawah, kiri dan tengah. Silahkan pilih salah satunya
  11. Dengan demikian logo telah ditambahkan kedalam gambar atau video.
  12. Silahkan simpan konten yang sudah diberi watermark dengan cara klik icon titik tiga lalu Simpan ke Galeri
  13. Selesai.

Selain bot diatas, masih ada satu lagi bot Telegram yang bisa digunakan untuk memberi watermark pada video dan gambar. Nama botnya adalah Watermark Bot dan bot ini bisa kamu akses melalui link: https://t.me/wmarkbot

Kedua bot diatas menurut saya sama-sama bagus dalam menambahkan watermark. Sekarang tergantung kamu mau pake bot yang mana.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close