Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencari File PDF di Google

Google merupakan salah satu search engine terbesar dan populer saat ini. Di Google, kamu bisa mencari berbagai macam hal mulai dari halaman web, gambar, audio, video, berita, aplikasi, lokasi bahkan sampai filepun bisa kamu temukan di Google.

Hanya dengan memasukkan kata kunci pada kolom penelusuran, Google secara otomatis akan memunculkan semua query berdasarkan kata kunci tersebut.

Semisal kamu ingin mencari materi tentang kerusakan lingkungan, kamu tinggal memasukkan kata kunci "kerusakan lingkungan" pada kolom pencarian dan google akan memunculkan semua situs website, platform maupun forum yang membahas hal tersebut.

Begitupun ketika kamu ingin mencari file, semisal file PDF di Google. Ada satu trik khusus yang bisa kamu gunakan untuk mencari file PDF di Google dengan mudah. Penasaran dengan triknya? silahkan disimak pembahasannya berikut.

Apa itu File PDF?

PDF merupakan akronim dari Portable Document Format merupakan format file yang digunakan untuk menyimpan dokumen digital seperti teks, gambar, dan grafik. Format ini dibuat dan dikembangkan oleh Adobe Systems dan dapat dibuka serta dibaca di berbagai jenis perangkat dan sistem operasi. 

Beberapa keunggulan file PDF dibandingkan dengan file lainya, diantaranya:

  1. Kompatibilitas: PDF dapat dibuka dan dibaca pada berbagai jenis perangkat dan sistem operasi, sehingga dokumen dapat dibagikan dengan mudah kepada orang lain.
  2. Konsistensi tampilan: PDF memungkinkan dokumen untuk ditampilkan sama persis di berbagai perangkat, sehingga dokumen tidak akan terlihat berbeda ketika dibuka pada perangkat lain.
  3. Perlindungan konten: file PDF dapat dilindungi dengan password untuk mencegah orang lain mengedit atau mencetak dokumen tersebut.
  4. Fitur tambahan: PDF memiliki fitur tambahan seperti formulir interaktif, tanda tangan elektronik, dan bookmark yang memudahkan pengguna untuk mengakses dan menavigasi dokumen.
  5. Ukuran file yang kecil: PDF dapat menyimpan dokumen dalam ukuran file yang lebih kecil dibandingkan dengan format file lain.

Cara Mencari File PDF di Google / Internet

Untuk mencari file PDF di Google agar lebih cepat dan akurat, kamu bisa menambahkan formula filetype:pdf di akhir kalimat. Semisal kamu ingin mencari makalah kerusakan lingkungan dalam bentuk PDF, maka kata kunci yang bisa kamu tulis pada kolom pencarian Google adalah: makalah kerusakan lingkungan filetype:pdf

Jika masih bingung, silahkan simak tutorialnya berikut ini:

  • Buka Google Chrome di laptop atau HP
  • Di kolom pencarian, silahkan masukkan keyword topik yang hendak dicari di google dan diakhir kalimat tambahkan filetype:pdf. Perhatikan gambar berikut.

  • Jika sudah maka semua situs website berisi file PDF tentang topik yang dicari akan dimunculkan pada halaman browser kamu.

  • Selesai

Dengan cara ini, semua website yang tidak berisi file PDF akan dikecualikan untuk ditampilkan pada halaman browser dan hanya file berisi PDF saja yang akan dimunculkan. Kamu bisa langsung mendownload file PDF tersebut secara gratis ke perangkat kamu.

Mudah bukan?

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close