Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengubah Teks Menjadi Video Dengan AI

Di era digital sekarang ini, ada banyak sekali kecerdasan buatan (AI) yang diprogram guna memberikan kemudahan bagi manusia, salah satu yang cukup populer adalah AI ubah teks menjadi video.

Jika awalnya kita membuat video dengan merekamnya secara langsung kemudian mengeditnya di software editing video, maka sekarang ini ada AI yang dapat menggenerate video secara otomatis berdasarkan teks atau promt yang dimasukkan.

Dengan teknologi ini tentu akan menghadirkan peluang baru dalam pembuatan konten multimedia dengan memanfaatkan alogaritma untuk menggabungkan elemen teks, gambar, animasi dan suara menjadi presentasi visual yang menarik.

Ini bisa jadi solusi bagi anda yang tidak PD berbicara di depan kamera tapi ingin membuat konten di sosial media. Bukan hanya itu, video yang telah digenerate oleh AI juga bisa digunakan untuk berbagai hal seperti untuk pekerjaan, hiburan, informasi dan lain-lain.

Aplikasi / Website Convert Text menjadi Video Gratis

Pernahkan anda mendengar aplikasi dan situs website Runwayml? Jika belum, Runwayml adalah sebuah platform editor video AI online yang menyediakan beragam tools AI dan memungkinkan para kreator, seniman, dan desainer untuk mengeksplorasi kreatif menggunakan teknologi AI.

Beberapa tools yang tersedia di Runwayml seperti convert video to video, text to video, image to video, remove background, text to image, image to image, 3D Capture dan lain-lain.

Dengan AI ini, anda dapat memanipulasi gambar, suara bahkan video secara kreatif dan gratis.

Cara Mengubah Teks Menjadi Video Secara Online

Untuk mengconvert teks menjadi video menggunakan Runwayml, anda bisa mengikuti tutorial berikut ini.

1. Buka Situs Runwayml.com

Pertama-tama silahkan buka browser di HP atau PC anda lalu kunjungi situs website Runwayml.com.

Jika sudah berada dalam situsnya, klik Try Runway For Free.

2. Registrasi Menggunakan Akun Google

Selanjutnya kita akan diminta melakukan registrasi akun. Disini silahkan registrasi menggunakan akun Google saja dengan klik Log in with Google.

Lalu pilih akun Google yang akan digunakan untuk login.

3. Convert Text Jadi Video

Jika sudah berada di Dashboard Runwayml, klik Start with Text.

Akan muncul pop up, Welcome to Gen-2, klik Skip

Lalu bagian Text, masukkan promt atau perintah dalam bentuk teks yang akan diubah menjadi video. Semisal disini saya ingin membuat video tentang orang yang sedang menikmati kopi dikala hujan, maka promt yang saya masukkan "Men drinking coffee in the rain". Lalu klik Generate.

Tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai.

Dan kurang lebih beginilah hasilnya.

4. Simpan Video

Terakhir Download video yang sudah dibuat dengan mengklik icon download.

Video akan tersimpan ke perangkat anda.

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan saya mengenai cara mengubah teks menjadi video menggunakan AI. Semoga artikel ini dapat membantu terutama bagi content creator yang merasa tidak percaya diri berbicara di depan kamera tapi ingin membuat video. 

Ikuti terus Blogger Toraja untuk mendapatkan update content seputar AI terbaru dan gratis.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close