Cara Mengganti Background MS. Word Menjadi Gambar/Foto

Microsoft Word merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengolah kata dalam sebuah dokumen. Saya rasa kita sudah tidak asing lagi dengan aplikasi ini dan bahkan dalam keseharian kita baik itu bekerja ataupun membuat tugas pasti sering menggunakan aplikasi ini.

Walaupun sudah sangat sering digunakan, namun masih banyak trik-trik yang belum terlalu diketahui banyak orang di aplikasi ini, salah satunya adalah bagaimana cara mengganti background MS. Word menggunakan gambar.

Umumnya, background yang ada di aplikasi Microsoft Word adalah berwarna putih. Namun kita bisa mengganti background tersebut sesuai keinginan kita untuk lebih memperindah tampilan dokumen yang dibuat.

Tujuan dari mengganti background yang ada di dokumen Word tidak lain agar dokumen yang kita buat menjadi lebih menarik untuk dibaca.

Namun sebelum masuk dalam tutorialnya, beberapa hal ini sangat penting untuk kamu ketahui dalam mengganti background atau latar belakang dokumen di Microsoft Word:

  1. Dalam mengganti Background menjadi gambar, jangan sampai tulisan yang ada di dokumen menjadi sulit bahkan tidak bisa dibaca karena warna teks sama dengan warna background yang kita gunakan. 
  2. Gunakanlah gambar atau foto yang tidak terlalu memiliki banyak warna agar teks yang telah kita ketik bisa lebih mudah dibaca. 
  3. Hindari menggunakan gambar dengan muatan teks didalamnya karena hal tersebut akan merusak bahkan membuat teks yang telah kamu ketik di lembar kerja menjadi tidak beraturan bahkan bisa berubah makna jika bergabung dengan teks yang ada pada gambar.

 Nah jika kamu sudah paham beberapa hal diatas, maka berikut ini akan saya paparkan bagaimana cata mengganti background di Microsoft Word menggunakan gambar atau foto

Cara mengganti Latar Belakang di MS. Word menggunakan Gambar/Foto

Jadi untuk  mengganti Background atau latar belakang di Microsoft Word, kamu bisa menggunakan beberapa cara yakni sebagai berikut:

1. Mengganti Background Menggunakan Gambar/Foto Secara Keseluruhan 

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengganti background menggunakan gambar langsung di seluruh halaman dokumen. Misalnya saja, halaman kamu dalam satu dokumen adalah 10 halaman, maka foto yang kamu gunakan sebagai background tersebut akan teraplikasikan ke keseluruhan halaman tersebut tanpa terkecuali. 
 
Nah langkah-langkah untuk membuatnya adalah sebagai berikut:
  • Pertama-tama silahkan buka dokumen yang akan kamu ganti backgroundnya menjadi foto atau gambar
  • Selanjutnya silahkan ke menu Page Layout kemudian pilih Page Color lalu pilih Fill Effects
  • Di jendela Fill Effects silahkan ke bagian Pictures, untuk memasukkan gambar silahkan pilih Select Pictures lalu cari gambar yang akan kamu gunakan sebagai background di folder kamu lalu klik Insert. Jika sudah silahkan klik OK
  •  Jika gambar sudah dimasukkan, maka tampilannya akan jadi seperti berikut:

Catatan: gunakanlah gambar dengan ukuran (vertikal dan horizontal) yang sesuai dengan lembar kerja agar gambar yang kamu masukkan bisa penuh 1 halaman dan tidak terpotong menjadi beberapa bagian.

2. Mengganti Background Menggunakan Foto/Gambar di Halaman Tertentu

Bagaimana cara mengganti background di halaman tertentu menggunakan foto atau gambar kita? Misalnya kita hanya ingin mengganti background di halaman 1 menggunakan gambar, atau dihalaman dua, atau di halaman terakhir. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  • Pertama-tama silahkan buka dokumen yang hendak kamu ganti backgroundnya menjadi gambar atau foto
  • Selanjutnya silahkan ke halaman yang akan kamu ganti backgroundnya misalnya di halaman 1.
  • Kemudian masukkan gambar ke halaman tersebut dengan memilih menu Insert lalu pilih Pictures lalu pilih gambar yang ingin kamu masukkan kemudian klik Insert untuk memasukkan gambar tersebut.
  • Jika gambarnya sudah ada dalam halaman, untuk menyesuaikan gambarnya menjadi background silahkan klik kanan pada gambarnya lalu pilih Text Wrapping kemudian pilih Behind Text
  •  Selanjutnya silahkan sesuaikan gambar tersebut agar bisa memenuhi semua halaman yang ada dengan menarik lingkaran kecil disetiap sudut gambar.

3. Mengganti Background menggunakan Watermark Gambar dan Teks

Cara ketiga yang bisa kamu gunakan adalah menggunakan watermark atau cap air. Nah ketika menggunakan watermark ini maka semua gambar tersebut akan teraplikasikan ke seluruh halaman tanpa terkecuali. Watermark juga bisa berfungsi sebagai identitas atau copyright bahwa dokumen tersebut adalah milik kita atau milik suatu lembaga.

Nah untuk bagian ketiga ini sudah saya ulas pada artikel saya sebelumnya. Kamu bisa membaca artikel tersebut dengan mengklik link dibawah ini.

Penutup

Demikianlah artikel saya mengenai cara mengganti, membuat background di Microsoft Word menggunakan gambar atau foto. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, sekian dan terima kasih.

 

Baca juga