Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Fungsi Status Bar di Microsoft Word

Setiap aplikasi di Microsoft Office pasti memiliki Status Bar. Status bar merupakan sebuah partisi yang terletak di bagian paling bawah pada area kerja dan memiliki kegunaan untuk melihat status dari area kerja kita terutama pada halaman kerja tempat kita mengetik.

Khususnya di Microsoft Word, Status bar dapat memberikan kita berbagai macam informasi yang sangat berguna misalnya saja sudah berapa kata yang telah kita ketik di lembar kerja, sudah berapa halaman yang kita buat, adakah grammar yang salah dan lain sebagainya.

Karena begitu pentingnya Status Bar di Microsoft Word, maka pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan masing-masing fungsi dari tools yang umunya ada di status bar Microsoft Word. Disamping itu, saya juga akan menjelaskan bagaimana cara menambah icon lain yang ada di status bar.

Fungsi Icon di Status Bar Microsoft Word

 Berikut ini masing-masing fungsi icon yang umumnya ada di status bar MS. Word:

Page Number in Document

Page number in document digunakan untuk mengetahui jumlah halaman yang telah kita buat dan kita gunakan di aplikasi Microsoft Word. Jika kita mengklik ikon ini maka kita akan langsung dibawah ke Fine and replace dan di jendela itu kita bisa mencari kata/kalimat, mengganti kata yang telah diketik dengan kata yang baru jika ada kesalahan dan juga digunakan untuk langsung menuju ke bagian yang kita inginkan pada lembar kerja misalnya halaman, footnote, bookmark dan lain sebagainya.

Number of Words in Document

Number of Words in Document digunakan untuk mengetahui jumlah kata yang telah kita ketik di lembar kerja. Jika kita mengklik bagian tersebut maka akan muncul status atau statistik dari ketikan kita misalnya sudah berapa kata, karakter, paragraf, baris, spasi yang telah kita buat di lembar kerja.

Spelling and Grammar Check

Spelling and grammar check digunakan untuk mengetahui dan mengecek apabila ada ejaan dan tata bahasa yang salah atau eror. Di bagian ini kamu bisa mengetahui jika ada kesalahan tata bahasa dan ejaan yang salah secara otomatis dan kamu bisa langsung memperbaikinya.

Language

Language digunakan untuk mengetahui bahasa yang digunakan dalam halaman kerja kita.

Print Layout

Print layout digunakan untuk menampilkan halaman kerja satu halaman dengan segala fitur dan menu yang tersedia.

Full Screen Reading

Full screen reading digunakan untuk menampilkan halaman kerja secara full tanpa adanya fitur dan menu yang tersedia.

Web Layout

Web layout digunakan untuk menampilkan lembar kerja seperti tampilan web tanpa adanya halaman baris

Outline

Outline digunakan untuk menampilkan lembar kerja tanpa adanya baris halaman. Disini juga kita bisa mengetahui paragraf yang kita buat dengan bantuan lingkaran kecil mirip bullet di depan paragraf.

Draft

Draft digunakan untuk menampilkan halaman kerja seperti web tanpa adanya garis halaman.

Zoom Level

Zoom Level digunakan untuk memperbesar dan memperkecil lembar kerja dalam bentuk persentase

Zoom Out

Zoom out digunakan untuk memperkecil lembar kerja

Zoom

Zoom digunakan untuk memperbesar dan memperkecil lembar kerja dalam bentuk garis sampai di dapati ukuran yang sesuai dan nyaman dengan kita.

Zoom in

Zoom in digunakan untuk memperbesar lembar kerja

Cara Menambah dan Mengurangi Icon di Status Bar Microsoft Word

Selain status bar yang sudah secara otomatis berada di status bar Microsot Word, ternyata kamu juga dapat menambah maupun mengurangi tools atau icon yang ada di status bar sesuai dengan kebutuhan kita. Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama-tama silahkan klik kanan pada status bar Microsoft Word
  • Nah jika sudah maka akan muncul jendela Customize Status Bar. Silahkan centang tools yang ingin kamu tambahkan ke status bar. Untuk mengurangi atau menghapus tools di status bar, kamu tinggal hilangkan centangnya saja.

Penutup

Demikianlah ulasan saya mengenai fungsi masing-masing icon yang ada di status bar Microsoft Word. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kamu. Terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard