Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Bot Telegram Ubah File Word ke PDF

Selamat datang di Blogger Toraja.

Baru-baru ini, ada seorang teman yang meminta saya untuk mengkoversi tugas kuliahnya yang dalam bentuk format file word dan akan diubah ke bentuk .PDF. Saya kemudian bertanya, apakah dia punya aplikasi Telegram? Jawabnya "iya".

Saya kemudian menyuruhnya untuk mengkonversi file wordnya tersebut ke bentuk PDF menggunakan bot yang ada di Telegram.

Sebenarnya, segala fasilitas sudah disediakan oleh smartphone kita namun terkadang karena ketidaktahuan selama ini membuat kita berfikir bahwa aplikasi-aplikasi itu fiturnya sangatlah terbatas. Contohnya saja Telegram.

Ketika mendengar kata Telegram, kita mungkin akan berfikir bahwa aplikasi tersebut mungkin hanya bisa digunakan untuk chatingan, video call, telfonan, membuat grup, dan lain sebagainya. Namun jika kita mencari info lebih lanjut mengenai aplikasi Telegram, sebenarnya fungsinya jauh lebih banyak daripada itu.

Pada aplikasi Telegram terdapat fitur Bot. Bot Telegram bisa kita gunakan untuk berbagai macam keperluan. Kita tinggal memberikan perintah kedalamnya kemudian bot akan secara otomatis melakukan perintah tersebut. Salah satunya adalah bot yang digunakan untuk mengkonversi file word ke PDF.

Jadi dengan bot ini kita tidak perlu lagi capek-capek mencari situs-situs konverter karena bisa kita lakukan dengan aplikasi yang serba bisa ini.

Pada artikel kali ini, saya akan membahas mengenai bot yang bisa kita gunakan untuk mengubah file word ke bentuk PDF dengan mudah. Silahkan disimak uraiannya dibawah ini.

Bot Telegram Untuk Mengubah Word ke PDF

Jika kamu mencari-cari bot telegram untuk mengubah file word ke PDF, sebenarnya ada banyak sekali. Salah satu bot tersebut adalah @Office2pdf_bot (Office2pdf).

Office2pdf merupakan bot Telegram yang bisa kita gunakan untuk mengkonversi jenis file .xls, .doc, .ppt, maupun gambar ke bentuk format file .PDF dengan cepat. Salah satunya adalah converter word to PDF.

Kenapa saya merekomendasikan bot ini? Karena bot ini memiliki fitur yang cukup lengkap dan penggunaannyapun tidak terlalu ribet. Kita tinggal memasukkan file Word kedalam bot dan bot akan secara otomatis mengubah file tersebut ke bentuk format .PDF

Kumpulan Perintah Konverter Word to PDF Office2pdf

Di bot Telegram Office2pdf, terdapat beberapa perintah yang bisa kita gunakan untuk melakukan berbagai macam pengaturan pada bot. Berikut beberapa perintah tersebut.

  • /start digunakan untuk memulai bot
  • /cancel digunakan untuk membatalkan aktiftitas konverter terakhir
  • /help digunakan untuk memunculkan bantuan dalam bot
  • /ready2conv digunakan untuk 
  • /settings digunakan untuk mengatur bahasa bot

Cara Mengubah File Word ke PDF Menggunakan Bot Telegram

Jika kita sudah mengetahui dasar-dasar dari bot Telegram Office2pdf, maka selanjutnya adalah langkah-langkah mengubah file word ke bentuk PDF.

  • Pertama, silahkan buka aplikasi Telegram lalu pada kolom pencarian silahkan ketik username @office2pdf_bot. Jika botnya sudah muncul, silahkan di klik

  • Selanjutnya klik Start atau Restart untuk memulai Bot

  • Silahkan masukkan file word yang akan diubah menjadi PDF dengan cara mengklik icon media, lalu pilih File kemudian pilih Internal Storage. Cari file word tersebut dalam folder HP kamu dan jika sudah didapatkan silahkan kirim
  • Jika filenya sudah terupload ke bot, silahkan klik /ready2conv untuk mulai mengkonversi ke PDF.
  • Selanjutnya akan muncul perintah untuk tetapkan nama file yang akan disimpan. Silahkan masukkan nama file sesuai keinginan kamu. Jika sudah, tunggu beberapa saat sampai file kamu selesai dikonversi.
  • Untuk menyimpan file PDF yang sudah dikonversi, klik titik tiga pada file tersebut lalu pilih Save to Download

Penutup

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Demikianlah pembahasan saya mengenai Bot Telegram Untuk Mengubah File Word ke PDF. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, terima kasih.

Tofan Ada' Sura'
Tofan Ada' Sura' Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard