Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Custom Widget

Cara Membuat Presentasi di Android Menggunakan WPS Office

Selamat datang di Blogger Toraja.

Jika selama ini kita membuat presentasi di komputer atau laptop menggunakan program aplikasi Microsoft PowerPoint, maka seiring dengan perkembangan zaman kita juga bisa membuat slide PPT PowerPoint menggunakan HP android.

Salah satu aplikasi yang bisa kita gunakan untuk membuat slide PPT PowerPoint di android adalah WPS Office. Aplikasi WPS Office tergolong lengkap. Disamping kita bisa membuat slide, kita juga bisa mengolah dokumen seperti Microsoft Word maupun mengolah data seperti menggunakan Microsoft Excel.

Walaupun fitur yang ada pada WPS Office tak selengkap yang ada di Microsoft Office, namun dengan adanya aplikasi ini kita sangat terbantu apalagi jika kita tidak mempunyai laptop atau komputer namun ingin membuat slide presentasi ataupun mengolah data dan dokumen. Disamping itu, aplikasi ini tentu lebih praktis karena bisa dijalankan hanya dengan modal HP saja, jadi tidak terlalu ribet.

Nah di artikel kali ini, saya akan membahas mengenai salah satu fungsi aplikasi WPS Office yakni bisa digunakan untuk membuat presentasi menarik seperti di PowerPoint. Dalam artikel ini, saya akan memaparkan bagaimana membuat slide presentasi yang menarik sampai jadi. Silahkan disimak ulasannya dibawah ini.

Download Aplikasi WPS Office di Android

Sebelum memulai membuat presentasi, kamu harus mempunyai aplikasi WPS Office terlebih dahulu. Untuk aplikasinya sendiri bisa kamu download secara gratis melalui Playstore atau tempat download aplikasi terpercaya di HPmu.

Untuk ukurannya sendiri tidaklah terlalu besar, hanya 38 MB saja. Jadi bagi kamu yang memiliki HP dengan kapasitas memori yang kecil masih bisa mendownload dan menginstal aplikasi ini.

WPS office termasuk aplikasi yang paling banyak diinstal melalui playstore. Hal tersebut dibuktikan dengan data bahwa aplikasi ini telah diunduh sebanyak 100 juta kali diseluruh dunia dan bahkan memiliki rating yang cukup sempurna yakni 4.5. Jadi sangat aman untuk kamu instal di HPmu.

Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Membuat Presentasi Menarik

Dalam membuat dan mempresentasikan slide yang sudah dibuat agar tidak membosankan tentu membutuhkan ilmu tertentu. 

Pernahkah kamu mendengar rumus 10 20 30 dalam presentasi? Kalau belum, tidak ada salahnya kamu mencoba rumus ini ketika membuat presentasi PPT PowerPoint di WPS Office. 

Nah apa itu rumus 10 20 30 dalam presentasi?

Rumus 10 artinya slide ideal dalam membuat sebuah presentasi usahakan masimal 10 slide saja, boleh lebih, boleh juga kurang, tapi usahakan jangan jauh-jauh dari 10. Ambil dan rangkum materi yang penting saja.

Rumus 20 artinya font yang paling ideal dalam membuat slide presentasi adalah 20, kalau bisa jangan kurang dari 20. Hal tersebut bertujuan agar orang yang duduknya paling belakang bisa melihat dan membaca dengan jelas presentasi kamu.

Rumus 30. Untuk durasi presentasinya, usahakan maksimal 30 menit saja, jangan lebih. Karena biasanya orang cenderung akan lebih bosan jika lebih dari 30 menit. Jadi kamu sudah bisa menimbang-nimbang materi mana yang penting dan akan kamu masukkan dalam slide presentasi kamu.

Cara Membuat Presentasi Menggunakan WPS Office di Android

Untuk membuat presentasi di HP android menggunakan aplikasi WPS Office, langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama, silahkan buka aplikasi WPS Office di android
  • Di halaman utama aplikasi pilih New lalu pilih Presentation dan jika halaman utama Presentation WPS Office sudah terbuka, silahkan buat presentasi sesuai dengan materi yang telah kamu siapkan.

  • Untuk mengetik materi presentasi bisa kamu lakukan pada lembaran slide.

  • Untuk membuat slide baru, silahkan klik icon Plus (+) di sebelah kanan slide yang telah dibuat.

  • Untuk menentukan Layout seperti apa yang ingin kamu gunakan pada slide misalnya Blank, Title Only, Title Slide, Title and Content dan lain sebagainya, bisa kamu tentukan melalui menu Tools lalu pilih View kemudian pilih Layout
  • Untuk membatalkan perintah yang sudah dilakukan sebelumnya atau mengulang sesuatu yang telah dilakukan sebelumnya pada slide, kamu bisa menggunakan fitur Undo dan Redo

  • Semisal kamu ingin menambahkan objek kedalam slide, kamu tinggal ke bagian Tools lalu pilih Insert. Nah pada bagian tersebut kamu bisa memasukkan beberapa objek kedalam slide seperti TextBox, Gambar, Shape, Tabel, Chart atau grafik, Slide dan Note

  • Jika kamu ingin melihat hasil presentasi yang telah kamu buat slide per slide, kamu bisa melihatnya pada bagian Play.
  • Untuk menyimpan, membagikan, mengunci, ataupun mencetak slide yang telah dibuat, kamu bisa melakukannya melalui Tools lalu pilih File

Penutup

Mungkin pada artikel saya diatas hanya memaparkan bagian-bagian dan fungsi dari fitur Presentation yang ada pada aplikasi WPS Office, namun saya punya alasan tersendiri. Saya yakin kamu sudah sedikit paham bagaimana cara membuat presentasi di PowerPoint dan diatas adalah bagian-bagian yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat presentasi yang menarik. 

Dalam membuat presentasi tentu apa yang saya anggap bagus, belum tentu bagus untuk kamu, begitupun sebaliknya. Oleh karena itu saya hanya memberikan garis besarnya saja, selanjutnya kamulah yang dituntut untuk berkreasi sendiri menggunakan aplikasi WPS Office.

Demikianlah artikel saya mengenai Cara Membuat Presentasi di Android Menggunakan WPS Office, semoga artikel ini dapat bermanfaat, terima kasih.

Tofan Ada' Sura'
Tofan Ada' Sura' Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard