Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Tabel di WPS Office Android

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Dalam mengelolah data ataupun membuat sebuah dokumen entah itu di Microsoft Word, Microsoft Excel, Memo, ataupun program aplikasi pengolah data dan dokumen lainnya biasanya kita mencantumkan tabel.

Tabel biasanya kita gunakan untuk mengkomunikasikan atau memaparkan data-data kita secara singkat dan jelas dalam dokumen yang memuat jenis, struktur, fleksibilitas, notasi, representasi, penggunaan dan lain sebagainya.

Selain menggunakan program aplikasi yang ada di laptop, komputer/PC seperti Word dan Excel, kamu juga bisa membuat dan mengedit tabel menggunakan HP android. 

Ada sebuah aplikasi di Android bernama WPS Office. Aplikasi ini hampir sama dengan MS Word, MS Excel dan PowerPoint di PC dalam hal fungsinya. Walaupun tools yang ada di WPS Office android tidak selengkap yang ada di Microsoft Office komputer namun aplikasi ini akan sangat membantu kita dalam mengolah data dan dokumen dengan cepat, apalagi jika kita tidak memiliki komputer.

Nah pada artikel kali ini, saya akan memaparkan bagaimana membuat tabel di android menggunakan aplikasi WPS Office. 

Cara Membuat Tabel di WPS Office

Untuk membuat tabel di WPS Office, saya akan memaparkan tiga cara yang bisa kamu gunakan yakni menggunakan Memo, Document, maupun Spreadsheet. Untuk membuka dan melihat fitur ini di WPS Office, langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama, silahkan buka aplikasi WPS Office di android.
  • Jika sudah berada dalam aplikasinya, silahkan pilih New (+)
  • Di bagian tersebut, kamu akan melihat 4 fitur pada aplikasi WPS Office yakni Memo (untuk membuat memo), Documen (untuk membuat dan mengolah dokumen), Presentation (untuk membuat presentasi), dan Spreadsheet (untuk membuat dan mengolah data).

1. Membuat Tabel di Android Menggunakan Memo WPS Office

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk membuat tabel di Android adalah menggunakan fitur Memo di aplikasi WPS Office. Langkah-langkah membuat tabel menggunakan Memo sebagai berikut:

  • Pada aplikasi WPS Office, silahkan buka fitur Memo
  • Jika sudah berada dalam halaman kerja Memo, pilih menu Tools
  • Selanjutnya scrool sub menu yang terbuka di Tools sampai kamu menemukan Insert lalu pilih Table
  • Tentukan bentuk tabel yang akan digunakan di Tabel Style dan juga berapa kolom dan baris yang akan dibuat. Jika sudah klik OK untuk membuat tabel

  • Selanjutnya tabel akan muncul di halaman memo dan siap untuk digunakan.

2. Membuat Tabel di Android Menggunakan Document WPS Office

Cara kedua yang bisa kamu gunakan untuk membuat tabel di HP android adalah menggunakan fitur Document di aplikasi WPS Office. Fitur ini hampir sama dengan program aplikasi Microsoft Word.  Berikut ini langkah-langkah membuat tabel di Document:

  • Pertama, silahkan buka fitur Document di aplikasi WPS Office 
  • Selanjutnya pilih menu Tools di halaman utama Document

  • Scrool ke sebelah kanan sampai kamu menemukan Insert, kemudian pilih Table
  • Silahkan atur tampilan tabel yang akan kamu buat di bagian Table Style dan juga berapa kolom dan baris yang akan dibuat. Selanjutnya klik OK untuk membuat Tabel

  • Jika sudah, maka tabel akan muncul di halaman Document dan siap untuk digunakan.

3. Membuat Tabel di Android Menggunakan Spreadsheet WPS Office

Cara selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk membuat tabel di android adalah menggunakan fitur Spreadsheet yang ada di aplikasi WPS Office. Spreadsheet ini hampir sama dengan Microsoft Excel dimana pada halaman utamanya berbentuk kolom dan juga terdapat tiga sheet pada lembaran kerja yakni sheet1, sheet2 dan sheet3. Spreadsheet ini memang sangat cocok untuk mengolah data seperti di Excel.

Berikut ini langkah-langkah membuat tabel di Spreadsheet WPS Office:

  • Pertama, silahkan buka fitur Spreadsheet di aplikasi WPS Office
  • Jika sudah terbuka, blok di kolom mana kamu akan membuat tabel kemudian pilih menu Tools
  • Selanjutnya scrool ke sebelah kanan sampai kamu menemukan Cell lalu pilih Table Style
  • Selanjutnya silahkan tentukan bentuk tabel yang akan kamu gunakan di bagian Table Style Options. Kamu bisa melihat contohnya dibagian Preview sebelum dibuat. Jika sudah, klik OK untuk membuat tabel

  • Tabel akan secara otomatis muncul di halaman kerja dan siap untuk digunakan.

Kesimpulan dan Penutup

Nah bagaimana? Berguna sekali bukan aplikasi WPS Office ini? Satu aplikasi tapi bisa melakukan banyak hal, salah satunya adalah membuat tabel. Jadi kamu tidak perlu repot-repot lagi menginstal Microsoft Word, Microsoft Excel dan Microsoft PowerPoint secara terpisah di Android karena aplikasi ini bisa melakukan ketika fungsi aplikasi tersebut. Jadi yang belum instal, buruan instal. hehe.

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Membuat Tabel di WPS Office Android, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard