Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Custom Widget

Cara Membuat Gambar Typography di Android

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Typografi merupakan sebuah seni menata huruf atau kata dalam dunia desain guna menciptakan sebuah bentuk tertentu dengan kata tersebut. Beberapa hari yang lalu saya melihat sebuah desain tipografi yang sangat keren. Dalam desain tersebut, dia menyatukan wajahnya dengan tulisan-tulisan sehingga tulisan tersebut seakan menyatu dengan wajahnya seperti tatto.

Mungkin kamu juga penasaran, bagaimana caranya membuat desain typography di aplikasi android dengan mudah apalagi sekarang banyak orang menggunakan gambar tipografi tersebut sebagai sampul maupun foto profil di media sosialnya.

Nah pada artikel kali ini, saya akan memberikan tutorial mengenai cara membuat gambar typography di android dengan hanya menggunakan satu aplikasi saja. Dan sebagai pendukung dalam artikel ini, saya akan mencantumkan juga video tutorialnya di akhir tulisan untuk lebih memudahkan kamu dalam membuat typography.

Aplikasi Edit Typography di Android

Di android sendiri, ada banyak aplikasi yang bisa kita gunakan untuk membuat desain typography. Namun saya lebih suka menggunakan aplikasi PicsArt. Dengan menggunakan aplikasi PicsArt, kita bisa membuat desain typography yang menarik dan juga mudah.

Namun dalam penggunaannya, aplikasi ini harus tetap mengaktifkan data seluler untuk menggunakan setiap fitur didalamnya. Yah anggap saja aplikasi typography online. hehe

Jadi sebelum memulai membuat typograph, ada baiknya kamu menginstal aplikasi ini terlebih dahulu melalui playstore atau tempat-tempat download aplikasi terpercaya.

Bahan Membuat Typography di Android

Untuk membuat desain typography seperti diatas, tentu kamu membutuhkan mentahan typography face text. Untuk mentahan text typography tersebut bisa menggunakan gambar dibawah ini.

Kamu juga bisa mencari mentahan-mentahan teks typography melalui mesin penelusuran google. Ada banyak mentahan typografi yang akan kamu temukan disana.

Selain mentahan teks typography, kamu juga membutuhkan foto entah itu gambar kamu ataupun gambar orang lain dengan kualitas HD. Foto tersebut backgroundnya haruslah transparan agar kamu tidak kesulitan lagi ketika mengeditnya nanti di PicsArt

Artikel Terkait: Cara Menghapus Background Foto di Android

Cara Membuat Gambar Typography di Android Menggunakan PicsArt

Untuk membuat typography di android menggunakan aplikasi PicsArt, langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama, silahkan buka aplikasi PicsArt di Android
  • Klik icon plus (+) lalu masukkan foto kamu (bukan mentahan teks typography) ke PicsArt
  • Untuk memberi efek gelap pada foto, pilih menu efek (fx) lalu beri efek Pengelak kemudian simpan (✔)
  • Atur juga Curva pada foto. Silahkan ke menu Alat kemudian pilih Kurva. Turunkan sedikit kurvanya agar foto terlihat lebih gelap dan tajam lalu simpan (✔)
  • Jika sudah, simpan gambar tersebut ke gallery

Selanjutnya, foto tersebut akan kita beri efek typography. Tadi kita sudah menyiapkan bahan mentahan typography face teks jadi kita tidak perlu lagi repot-repot memasukkan teks satu per satu ke foto tersebut. Kita akan langsung melakukannya secara cepat dan otomatis.

  • Selanjutnya buat kanvas baru di aplikasi PicsArt dengan cara Pilih Kanvas lalu pilih ukuran 1024 x 1024. Jika sudah silahkan klik ✔
  • Masukkan foto yang akan diberi efek Typography tadi kedalam kanvas yang telah dibuat dengan cara klik icon Gallery lalu pilih Foto.  
  • Kemudian sesuaikan ukuran foto agar pas dengan canvas. Pilih ukuran Persegi lalu pilih ✔ untuk menyimpan.
  • Jika foto sudah ada dalam kanvas, sesuaikan foto agar memenuhi seluruh layer kanvas
  • Selanjutnya pilih menu Layer lalu klik icon titik tiga lalu pilih Lebur. Masih pada menu layer, pilih icon + lalu buat Lapisan Kosong
  • Masukkan foto mentahan teks typography tadi kedalam layer dengan cara klik menu Gallery lalu pilih Foto. 
  • Jika mentahan teks typographynya sudah ada dalam layer, sesuaikan agar menutupi semua foto.
  • Kemudian masuk kembali ke menu Layer. Klik layer yang masih kosong lalu pilih Perbanyak untuk menyatukan mentahan typography dengan foto.
  • Untuk menyatukan dan mengunci mentahan dan foto. Masuk kembali ke menu Layer lalu pilih icon titik tiga dan terakhir pilih Lebur
  • Terakhir, simpan gambar typography yang telah dibuat kedalam Gallery

Nah dengan demikian, gambar typography telah dibuat dan siap untuk digunakan.

Jika kamu masih bingun dengan langkah-langkah diatas, kamu bisa mengikuti video tutorial membuat gambar typography di PicsArt dibawah ini.

Penutup

Yah memang tidak bisa dipungkiri bahwa dalam membuat gambar typography agak sedikit ribet. Namun dengan latihan terus menerus, saya yakin suatu saat kamu pasti akan bisa. 

Demikianlah artikel saya mengenai Cara Membuat Gambar Typography di Android. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kamu, terima kasih


Tofan Ada' Sura'
Tofan Ada' Sura' Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard