Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mengubah Teks Jadi Suara Dengan Bot Telegram

Selamat datang di Blogger Toraja. 

Mungkin kamu penasaran, bagaimana cara mengubah teks menjadi suara dengan cepat dan tanpa ribet. Selain menggunakan fasilitas dari google, aplikasi Telegram juga menyediakan fasilitas ini. Di aplikasi Telegram, ada bot yang bisa kita gunakan untuk mengubah teks menjadi suara.

Teks yang dimasukan kedalam bot nantinya akan berubah menjadi suara google versi cewek dan bisa kamu gunakan untuk membuat konten-konten video ataupun konten audio. Singkatnya, bot suara ini seperti Text to Speech. Jadi kamu tidak perlu lagi ribet-ribet memasang aplikasi merubah teks jadi suara ketika kamu sudah punya aplikasi Telegram.

Bot Telegram Mengubah Teks Jadi Suara 

Sebenarnya ada banyak sekali bot di Telegram yang bisa kita gunakan untuk mengubah teks menjadi suara, salah satunya adalah @TTSBot (Teks to Speech). 

Kenapa saya merekomendasikan bot ini? Hal tersebut dikarenakan ada banyak fitur yang ada di bot ini yang dapat menunjang ketika kita mengubah teks jadi suara. Salah satunya adalah kita bisa memilih bahasa apa yang akan kita gunakan untuk suara yang keluar dan di bot @TTSBot tersedia 6 bahasa dunia yang bisa kamu gunakan.

Kumpulan Perintah di Bot Telegram Ubah Teks Jadi Suara

Bot ini juga menyediakan beberapa perintah yang bisa kamu gunakan untuk melakukan pengaturan-pengaturan dasar pada bot ini. Berikut beberapa perintah tersebut.

  • /start digunakan untuk memulai bot
  • /speak digunakan untuk mengubah teks jadi audio
  • /language digunakan untuk mengubah bahasa bot
  • /settings digunakan untuk membuka menu pengaturan bot

Cara Ubah Teks Jadi Suara Menggunakan Bot Telegram

Bagaimana cara menggunakan Bot Telegram @TTSBot (Teks to Speech) untuk mengubah teks menjadi suara? Berikut langkah-langkah beserta gambarnya.

  • Pertama-tama buka aplikasi telegram lalu pada kolom pencaharian ketik @TTSBot kemudian klik bot yang muncul pada pencaharian tersebut

  • Klik Start atau ketik /start untuk memulai bot, lalu muncul pemberitahuan selamat datang pada bot

  • Untuk mengubah teks jadi suara, silahkan ketik /speak lalu kirim

  • Jika sudah silahkan ketik dan kirim teks yang akan konvert menjadi audio maka secara otomatis audio dari teks yang telah dimasukkan akan muncul pada bot

  • Untuk memasukan teks kembali dan mengubahnya menjadi suara, silahkan klik Speak Again atau ketik /speak lalu kirim

Cara Mengubah Bahasa Pada Bot Teks to Speech

Pada setelan bot Telegram @TTSBot, bahasa default yang digunakan adalah bahasa Inggris dan ketika kamu memasukkan teks kedalam bot maka suara yang muncul adalah pelafalan dalam bahasa Inggris. Biasanya pelafalan tersebut kurang sesuai dengan bahasa kita ketika.  Kamu bisa mengubah bahasa tersebut ke bahasa lain agar lebih sesuai dengan pelafalan bahasa kita atau bahasa yang kamu inginkan. Langkah-langkahnya sebagai berikut.

  • Pertama, silahkan ketik /language lalu kirim

  • Maka akan muncul 6 bahasa yang bisa kamu gunakan. Silahkan klik salah satu bahasa tersebut maka bahasanya secara default akan berubah 

 Penutup

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Demikianlah ulasan saya mengenai Cara Mengubah Teks Jadi Suara Dengan Bot Telegram. Semoga ulasan saya ini dapat menjawab kebingungan dan pertanyaanmu seputar bot telegram yang digunakan untuk mengubah teks jadi audio. Terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard