Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mengunci Aplikasi di Huawei

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Mengunci aplikasi atau memberikan perlindungan pada aplikasi merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk melindungi privasi kita dari tangan-tangan jahil yang ketika meminjam ponsel kita kemudian dengan sembarangan membuka aplikasi.

Biasanya ada beberapa aplikasi yang memang harus kita beri perlindungan dengan cara memberikan keamanan berupa password, sidik jari, pengenalan wajah ataupun pola, misalnya aplikasi sosial media (facebook, instagram, whatsapp, telegram, dsb) maupun aplikasi-aplikasi keuangan kita. 

Nah pada pembahasan kali ini saya akan memaparkan bagaimana cara mengunci aplikasi di HP Huawei. Disini saya menggunakan smartphone Huawei Nova Lite namun cara ini pasti juga berlaku bagi Huawei dengan tipe yang lainnya.

Cara Mengunci Aplikasi di Huawei

Untuk mengunci aplikasi di HP Huawei, langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama, silahkan buka Menu lalu pilih Pengaturan
  • Kemudian pilih Keamanan & privasi > Kunci Apl
  • Selanjutnya cari aplikasi yang akan dikunci pada list aplikasi lalu aktifkan sakelar di samping aplikasi. Aplikasi yang sudah terkunci sakelarnya akan berwarna biru.

Cara Mengubah Sandi Kunci Aplikasi Huawei

Misalnya kita ingin mengubah kata sandi yang sudah ditetapkan sebelumnya pada penguncian aplikasi maka langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pada bagian Kunci aplikasi, klik icon Pengaturan di pojok kanan atas.
  • Kemudian kamu akan menemukan 3 opsi yakni Kunci aplikasi, Ubah kata sandi dan Ubah perlindungan sandi. Karena kita ingin mengubah sandi maka pilih Ubah kata sandi.
  • Selanjutnya Masukkan kata Sandi baru lalu Konfirmasi kata sandi yang telah dimasukkan (harus sama). Jika sudah maka password aplikasi akan berubah secara otomatis.

Kamu juga bisa mengatur perlindungan sandi jika sewaktu-waktu kamu melupakan kata sandi yang telah kamu atur tadi. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Di bagian Pengaturan, silahkan pilih Ubah perlindungan sandi
  • Selanjutnya kamu akan diarahkan ke Pertanyaan pengamanan sandi. Silahkan pilih pertanyaan apa yang akan kamu gunakan ketika melupakan sandi tersebut misalnya: Siapa nama ayah Anda? Siapa nama ibu Anda? Siapa idola Anda waktu kecil? dan lain sebagainya. Jika sudah memilih pertanyaannya, silahkan berikan Jawaban pada kolom dibawahnya kemudian pilih Selesai untuk menyimpan.

Catatan: Harap jangan pernah lupakan jawaban yang telah kamu berikan pada pertanyaan pengamanan tersebut. Itu akan membantu ketika sewaktu-waktu kamu melupakan sandi yang telah dimasukkan tadi dan ingin mengatur ulang sandi.

Cara Menonaktifkan Kunci Aplikasi di Huawei

Jika kamu merasa bahwa aplikasi di ponsel Huaweimu tidak perlu diberi perlindungan berupa sandi atau kamu ingin menonaktifkan beberapa perlindungan kunci aplikasi di Huawei maka langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Jika kamu hanya ingin menonaktikan beberapa aplikasi yang telah diberi sandi tadi, maka kamu tinggal menonaktifkan sakelar yang ada di samping aplikasi pada bagian Kunci aplikasi
  • Jika kamu ingin menonaktifkan semua kunci aplikasi, di bagian Kunci aplikasi silahkan klik icon Pengaturan di pojok kanan atas lalu nonaktifkan Kunci aplikasi dengan menekan saklar di sebelah kiri.

Kesimpulan dan Penutup

Demikianlah pokok pembahasan saya mengai Cara kunci Aplikasi di Huawei tanpa aplikasi tambahan. Fitur ini memang sangat berguna dan bisa kamu manfaatkan sebaik mungkin untuk melindungi privasi kamu dalam aplikasi yang kamu gunakan di Smartphone Huawei.

Aplikasi yang telah terkunci hanya dapat diakses dengan kata sandi yang telah dimasukkan dan akan dikunci setiap kali layar terkunci. Konten di aplikasi terkunci tidak akan ditampilkan di pencarian global

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard