Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Belajar dan Tafsir Alkitab Menggunakan Bot Telegram

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Alkitab merupakan kitab suci bagi umat Kristiani yang memuat Perjanjian Lama (PL) dan juga Perjanjian Baru (PB). Untuk bisa memahami isi Alkitab tidak semena-mena hanya dibaca saja melainkan harus melakukan studi (pendalaman) dan juga dibutuhkan tafsiran entah itu eksegese ataupun hermeneutik untuk bisa mengerti maksud dari teks.

Sekarang ini, ada banyak sekali aplikasi, buku maupun situs-situs di internet yang menyediakan bantuan untuk memahami isi Alkitab. Kita tinggal memilih mana yang terbaik dan bisa kita gunakan. Namun kita juga harus selektif dalam memilih referensi tersebut karena bisa saja ulasannya malah menyesatkan sehingga kita semakin terjerumus kedalam jurang ketidakpastian.

Nah buat kamu yang sedang mencari referensi untuk belajar, studi maupun menafsir Alkitab, kamu bisa menggunakan aplikasi Telegram untuk itu. Di Telegram ada sebuah bot yang menurut saya sangat bagus dijadikan sebagai alat untuk belajar Alkitab dan pada pembahasan kali ini saya akan mengulas mengenai cara Belajar, Studi, Tafsir Alkitab Menggunakan Bot Telegram.

Bot Telegram Belajar dan Tafsir Alkitab

Sebenarnya ada banyak sekali bot Telegram yang menyediakan referensi maupun fitur untuk memahami isi Alkitab, salah satunya adalah bot SABDA. Bot ini bisa kamu temukan di Telegram dengan memasukkan username @sabdabot di kolom pencarian. Nanti botnya akan muncul sendiri.

SABDABOT merupakan sebuah bot Telegram yang dapat membantu kamu dalam mempelajari firman-Nya dengan Alkitab multiversi dan juga bahan-bahan biblika. Ada banyak sekali fitur dalam bot ini yang bisa kita gunakan untuk belajar Alkitab seperti teks Alkitab, ayat Alkitab harian, bacaan Alkitab harian, tafsiran Alkitab oleh Matthew Henry, informasi seputar Alkitab, renungan harian Kristen, kamus Alkitab dan juga defenisi kata berdasar nomor strong.

Disamping itu, bot ini juga menyediakan lagu-lagu atau kidung pujian yang biasa kita gunakan dalam ibadah seperti Kidung Jemaat (KJ), Pelengkap Kidung Jemaat (PKJ) dan Nyanyikanlah Kidung Baru (NKB).

Ada juga loh literatur yang bisa kita gunakan seperti bahan untuk mengajar sekolah minggu, humor keluarga, pokok doa harian, maupun kesaksian Kristen. Selain itu bot ini juga menyediakan bahan yang bisa kita gunakan untuk perayaan natal dan paskah.

Sebenarnya masih banyak sekali fitur dalam bot ini, coba saja cari dan jelajahi fitur dalam botnya. Semua yang berhubungan dengan Alkitab dan ibadah pasti bisa kamu dapatkan di Bot ini.

Cara Menggunakan Bot Telegram Sabda Untuk Belajar dan Tafsir Alkitab

Untuk menggunakan bot Telegram SABDA guna studi dan tafsir Alkitab, kamu bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Buka aplikasi Telegram
  • Di kolom pencarian, ketik username bot @sabdabot lalu cari. Jika botnya sudah muncul, silahkan di klik.
  • Klik Start untuk memulai bot

  • Kemudian menu bot akan muncul. Contohnya saja kita ingin belajar Alkitab maka pilih menu Studi Alkitab kemudian daftar perintah bot untuk studi Alkitab akan muncul. Pilih salah satu perintah tersebut misalnya saya ingin mendapatkan tafsiran Mathew Henry maka pilih /tafsiran.
  • Selanjutnya akan muncul list tafsiran PB dan PL yang bisa kita gunakan. Untuk mendapatkan tafsirannya, kita bisa mengetik perintah seperti ini: /tafsiran kejadian 1:1 lalu kirim maka secara otomatis tafsiran ayat dan pasal yang dimaksud akan muncul di bot.

Untuk fitur-fitur yang lain, kamu tinggal memasukkan perintah yang sudah disediakan bot. List perintahnya sudah ada juga dalam bot tinggal di klik-klik saja. Misalnya perintah untuk kamus /kamus, perintah untuk teks Alkitab /ayat, perintah untuk Kidung Jemaat /KJ, Pelengkap Kidung Jemaat /PKJ an lain sebagainya. Untuk tutorial menggunakan perintah juga sudah ada dalam bot.

Kesimpulan

Bagaimana? Keren sekali bukan botnya? Cuma satu bot tapi bisa menggantikan beberapa aplikasi yang ada di HP. Bot ini pas sekali buat para mahasiswa Teologi, bapak dan ibu pendeta, maupun orang Kristen yang ingin belajar Alkitab.

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Belajar dan Tafsir Alkitab Menggunakan Bot Telegram. Semoga dapat membantu, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard