Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Custom Widget

Cara Review Jurnal Otomatis, Cuma 10 Detik

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Buat para mahasiswa tentu bukan hal baru lagi kalau dapat tugas mereview jurnal dari dosen. Namun tugas mereview merupakan tugas yang berat karena kita harus membaca terlebih dahulu isi jurnalnya kemudian mengambil intisari atau pokok dari jurnal tersebut. Belum lagi jika jurnal tersebut banyak halaman, tambah pusinglah otak.

Dalam mereview sebuah jurnal, kita tidak boleh sembarangan karena setiap bagian yang direview harus bisa dipertanggung jawabkan. Setidaknya dalam mereview jurnal ada beberapa hal yang harus kita perhatikan yakni: kata kunci (keyword) dan intisari (digest) jurnal.

Tak jarang juga ketika sudah selesai mereview jurnal, kita masih mendapatkan banyak kritikan dari dosen karena apa yang kita tulis melenceng dari isi jurnal atau dengan kata lain kita dicap tidak memahami pembahasan pada jurnal yang direview.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya kamu mencoba situs untuk mereview jurnal secara otomatis dan online. Ini juga akan sangat membantu apalagi jika tugasmu banyak dan k amu sudah kewalahan. Kamu hanya butuh 10 detik saja dan kamu akan langsung mendapatkan hasil reviewnya.

Cara Review Jurnal Otomatis dan Online

Salah satu situs yang bisa kita gunakan untuk mereview jurnal secara otomatis dan online adalah Getdigest. Situs ini mendukung beberapa format file untuk jurnal seperti .pdf, .txt (dokumen teks), dan .doc (word). Untuk ukuran file jurnal sendiri harus maksimal 5 MB dan karakter dalam jurnal maksimal 7000.

Nantinya ketika proses mereview, kamu bisa memilih berapa persentase reviewnya dari keseluruhan isi jurnal apakah 5%, 15%, 25%, 35%, 45% atau 55%.

Langkah-langkah menggunakan Getdigest untuk mereview jurnal adalah sebagai berikut:

  • Pertama siapkan jurnal yang akan direview. Jurnal bisa dalam bentuk teks, pdf atau dokumen word.
  • Selanjutnya masuk ke situs Getdigest
  • Jika sudah berada di halaman Getdigest, masukkan file dengan cara menyeret (drag) file jurnal dari folder ke situs. Atau bisa juga dengan cara klik Choose FilePilih FileOpen

  • Kemudian tunggu beberapa saat sampai jurnal kamu selesai direview. Kamu bisa melihat hasil reviewnya di samping kanan situs. Jangan lupa untuk mengatur persentase reviewnya di bagian atas summary.

  • Terakhir, simpan jurnal yang telah direview tadi dengan cara klik GET DIGEST AS TXT-FILESSimpan BerkasOKE
  • Jika sudah maka review jurnal akan tersimpan secara otomatis di folder kamu.

Catatan: Sebelum mengumpulkan hasil review jurnalnya ke dosen, ada baiknya kamu baca ulang terlebih dahulu siapa tahu ada kesalahan kata atau kalimat pada hasil reviewnya dan siapa tau ada juga yang perlu kamu tambahkan agar reviewnya semakin mantap.

Disamping itu, kamu juga perlu menguasai hasil review yang telah dibuat siapa tahu saja dosen bertanya ke kamu tentang apa yang telah kamu buat. Nanti kalau tidak bisa menjawab kan dosen curiga jangan-jangan bukan kamu yang buat review jurnal tersebut.

Kesimpulan

Memang mudah jika membuat review jurnal dengan situs ini tapi alangkah bagusnya kalau kamu buat review dengan hasil kerja keras kamu sendiri. Disamping ilmunya dapat, wawasan jadi bertambah, juga kemampuanmu juga akan bertambah. Diatas hanyalah alternatif saja siapa tahu kamu sudah buntu.

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Review Jurnal Otomatis dan Online. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, terima kasih.

Tofan Ada' Sura'
Tofan Ada' Sura' Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard