Cara Cek Jumlah Kata, Halaman, Paragraf, Baris, Karakter di Word

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Biasanya ketika kita mengikuti sebuah perlombaan entah itu lomba membuat cerpen, membuat karya tulis ilmiah, membuat paper, dan sebagainya, salah satu persyaratannya adalah jumlah kata. Kita harus membuat karya dengan jumlah kata yang telah ditentukan misalnya saja minimal 2000 kata.

Untuk mengecek dan mengetahui jumlah kata dalam tulisan yang telah kita buat tentu kita tidak akan menghitung jumlah katanya satu per satu bukan? Pasti akan sangat repot dan juga bisa dibilang kita kurang kerjaan.

Jika kamu menggunakan program aplikasi Microsoft Word dalam membuat sebuah tulisan, ada tool yang bisa digunakan untuk melihat jumlah kata yang telah kita buat pada dokumen. Bukan hanya itu saja, kita juga bisa melihat jumlah halaman, paragraf, baris, dan juga karakter secara otomatis.

Nah pada pembahasan kali ini, saya akan memaparkan bagaimana Cara Cek Jumlah Kata, Halaman, Paragraf, Baris, Karakter di Word dengan mudah. 

Cara Melihat Jumlah Kata, Halaman, Paragraf, Baris, Karakter di Word

Untuk melihat berapa jumlah kata, halaman, paragraf, baris dan karakter di Microsoft Word, ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan.

1. Melalui Word Count

Cara pertama yang bisa kamu gunakan adalah dengan menggunakan tool Word Count. Disini kita bisa mengecek jumlah kata, halaman, paragraf, baris dan juga karakter dengan lengkap. Untuk cara masuk ke Word Count sebagai berikut:

  • Pertama, buka dokumen MS Word yang ingin dicek
  • Kemudian ke menu ReviewWord Count
  • Selanjutnya tab Word Count akan terbuka. Dan disitu kamu bisa melihat statistik dari dokumen kamu seperti sudah berapa jumlah halaman, kata, baris, paragraf dan juga karakter yang telah kamu buat di dokumen Microsoft Word.

2. Menggunakan Shortcut (Perintah Keyboard)

Cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk mengecek statistik dari dokumen Microsoft Word kamu adalah menggunakan shortcut atau yang juga dikenal dengan perintah keyboard. Ada banyak sekali shortcut di Microsoft Word, salah satunya adalah shortcut untuk memunculkan Word Count. Yah bisa dibilang ini adalah cara sederhana dan point yang pertama diatas adalah cara ribetnya. Hehe.

Untuk memunculkan Word Count menggunakan shortcut di Word, kamu tinggal menekan ALT+R+W. Cara menekannyapun tidak bersamaan yah jadi harus berurutan. Sambil ALT ditekan kemudian tekan R lalu W maka secara otomatis Word Count akan muncul.

3. Melalui Status Bar

Cara terakhir yang bisa kamu gunakan untuk melihat statistik dokumen Word kamu adalah melalui Status Bar. Status Bar di Microsoft Word berada di bagian paling bawah pada lembar kerja.

Di Status Bar, hanya jumlah halaman dan juga kata yang ditampilkan. Namun kamu juga bisa mengecek statistik keseluruhan dokumen dengan mengklik Words dan secara otomatis tab Word Count akan muncul

Nah bagaimana? Mudah bukan melihat statistik lengkap di dokumen Microsoft Word kita?

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Cek Jumlah Kata, Halaman, Paragraf, Baris, Karakter di Word. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

 


Baca juga