Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Huruf Besar di Awal Paragraf Microsoft Word

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Mungkin kamu sering melihat huruf besar di awal paragraf ketika sedang membaca buku atau novel. Huruf besar diawal paragraf tersebut biasa dikenal dengan istilah Drop Cap.

Drop Cap merupakan sebuah cara yang digunakan untuk membuat huruf pertama pada paragraf menjadi lebih besar dan kapital dibandingkan dengan huruf-huruf yang lainnya. Mungkin saja tujuan Drop Cap pada buku dan novel agar tampilannya lebih aestethic dan juga menarik.

Salah satu aplikasi pengolah kata yang bisa digunakan untuk membuat tampilan seperti itu adalah Microsoft Word. Dengan menggunakan aplikasi MS Word, kita bisa membuat Drop Cap dengan mudah dan juga cepat. Disamping itu, kita juga bisa mengcustom tampilannya sesuai dengan keinginan kita.

Nah pada pembahasan kali ini, saya akan membahas mengenai cara membuat huruf besar di awal paragraf atau Drop Cap di Microsoft Word

Cara membuat Drop Cap di Microsoft Word

Untuk membuat dan mengatur huruf besar di awal paragraf (Drop Cap) di Microsoft Word, langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama, buka aplikasi Microsoft Word
  • Buatlah lebih dulu sebuah dokumen yang berisi beberapa paragraf teks. Teks tersebut nantinya akan diatur paragraf pertamanya menjadi huruf besar (Drop Cap).
  • Silahkan ke menu InsertDrop CapDrop Cap Options...
  • Selanjutnya akan terbuka tab Drop Cap. Silahkan sesuaikan ukuran dan posisi dropcapnya seperti:
    1. Position: Untuk mengatur posisi dropcap (None: tidak ada, Dropped: didalam paragraf, In margin: dalam margin)
    2. Font: untuk mengatur jenis huruf yang digunakan
    3. Lines to drop: untuk mengatur berapa baris dalam paragraf tempat Drop Cap diletakkan nantinya
    4. Distance from text: berapa sentimeter jarak Drop Cap Dari Teks
  • Disini saya akan mengatur posisi Drop Cap di awal dalam paragraf pertama, huruf menggunakan +Heading CS, jumlah baris 4 dan jaraknya 0,3 cm dari teks. Klik OK untuk menyimpan dan menerapkan pengaturan.

  • Jika sudah maka tampilannya akan sama seperti dibawah ini. Kamu bisa menyesuaikan ukurannya lebih lanjut dengan cara menggeser butiran kecil yang ada di tiap sudut Drop Cap (yang saya tandai warna merah).


Nah bagaimana? Cukup mudah mukan membuat dan mengatur Drop Cap di Word? Agar hurufnya bisa terlihat aesthetic seperti yang ada di buku-buku, kamu tinggal mengganti jenis hurufnya saja. Ada banyak sekali huruf yang tersedia di Microsoft Word yang bisa kamu gunakan. Dan jika kamu rasa huruf yang ada tidak bagus, kamu juga bisa menginstal font masuk kedalam aplikasi MS Word. Caranya bisa kamu baca dibawah ini.

Artikel Terkait: Cara Download dan Instal Font Baru ke Microsoft Word

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Membuat Huruf Besar di Awal Paragraf Microsoft Word. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard