Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Folder Untuk Mengelompokkan Chat Telegram

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Buat kamu pengguna setia aplikasi Telegram, tentu merasa risih jika chat yang ada dalam aplikasi menjadi berantakan. Semua chat entah itu chat biasa, bot, channel, maupun grup tercampur menjadi satu dalam  folder yakni folder All. Sebenarnya ini merupakan pengaturan standar di Telegram waktu pertama kali  kita menggunakan apliakasi ini. Hanya ada satu folder yang muncul sehingga chat tersebut belum dikelompokkan.

Untuk itu, kamu bisa mengelompokkan chat dalam aplikasi Telegram berdasarkan kategorinya. Hal tersebut bertujuan agar kontak maupun chat kamu menjadi rapi dan juga kamu tidak kesulitan ketika mencari grup, bot, channel maupun kontak yang ada di aplikasi Telegrammu.

Untuk mengelompokkan chat berdasarkan kategorinya, kamu bisa menggunakan fitur Folders. Fitur ini menurut saya sangat membantu sekali dalam hal memisahkan chat, grup, bot, maupun channel agar tidak berantakan.

Dan pada pembahasan kali ini, saya akan memberikan tutorial atau cara mengelompokkan chat berdasarkan kategori menggunakan folder di Telegram. Jadi silahkan disimak penjelasannya dibawah ini.

Cara Mengelompokkan Chat di Telegram Dengan Folder

Pada pembahasan ini, saya hanya akan membuat folder bersadarkan kategori/ fitur standar yang ada di Telegram seperti: chat, bot, grup, channel maupun non contacts.

Untuk merapikan chat di Telegram menggunakan folder, langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama, buka aplikasi Telegram
  • Klik garis tiga di pojok kanan atas lalu pilih Settings
  • Jika tab pengaturan sudah terbuka, scroll kebawah dan cari Folders. Jika sudah dapat silahkan dipilih.

  •  Di tab Folders, buat folder baru dengan mengklik Create New Folder
  • Kemudian isi deskripsi folder tersebut misalnya Folder Name (isi dengan nama folder), Add Chats (untuk memasukkan chat ke folder), Remove Chats (untuk mengecualikan chat yang dipilih dari list agar tidak dimasukkan ke folder). Karena kita ingin memasukkan chat maka pilih Add Chats
  • Selanjutnya masukkan chat ke dalam folder. Disini kamu bisa memilih chat satu per satu dari kontak untuk ditambahkan ke grup atau bisa langsung memasukkan semua chat sekaligus berdasarkan kategori. Misalnya kontak, bukan kontak, grup, channel dan juga bot. Karena disini saya malas repot jadi untuk folder chat saya isi dengan kategori Contact dan dengan demikian semua kontak nomor yang tersimpan di HP saya akan masuk ke grup ini.

  • Kemudian kamu akan diarahkan lagi ke tab New Folders. Simpan folder yang dibuat tadi dengan mengklik Save di pojok kanan atas.

  • Jika sudah maka folder chat telah berhasil dibuat dan isinya adalah semua kontak yang ada di HP. Untuk membuat folder lain seperti folder bot, channel, grup dan sebagainya kamu tinggal mengulang langkah-langkah diatas. Dibawah ini contoh pengelompokan chat menggunakan folder yang telah saya buat di aplikasi Telegram saya sendiri.

Dengan demikian chat kita di aplikasi Telegram akan tampil dan tersusun dengan rapi berdasarkan kategorinya. Kita tidak perlu lagi repot-repot mencari chat, bot, grup maupun channel yang ingin digunakan karena kita tinggal ke folder dan pasti menemukannya dengan mudah.

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Membuat Folder Untuk Mengelompokkan Chat Telegram. Semoga artikel saya dapat membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard