Cara Membuat Polling di Telegram

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Telegram merupakan salah satu aplikasi chat terbaik menurut saya karena fiturnya tergolong sangat lengkap. Bahkan dengan satu aplikasi Telegram bisa menggantikan beberapa aplikasi yang ada di smartphone kamu dengan adanya bot Telegram. 

Misalnya ada bot Telegram converter file, bot Telegram download video dari sosial media, bot download lagu, bot nonton film dan lain sebagainya. Dengan demikian kamu tidak perlu lagi mendownload dan menginstal aplikasi-aplikasi seperti itu karena semuanya bisa dilakukan dengan aplikasi Telegram. Keren bukan?

Nah salah satu fitur Telegram yang menurut saya juga sangat membantu adalah fitur untuk membuat polling. Dengan adanya fitur ini kita dapat membuat jejak pendapat untuk anggota grup maupun channel yang kita kelola mengenai aktifitas yang akan kita lakukan. Polling tersebut bisa berupa kuis maupun voting.

Contohnya kamu seorang content creator dan tidak tahu video apalagi yang akan kamu buat. Kamu tinggal membuat jejak pendapat atau polling di grup maupun channel dengan beberapa pilihan dan mereka akan memberikan feedback mengenai apa yang harus kamu lakukan. Kamu bisa memilih suara terbanyak sebagai bahan konten kamu berikutnya.

Cara Membuat Polling di Telegram

Untuk membuat polling di Telegram ada dua cara yang bisa kamu lakukan yakni menggunakan bot Telegram atau bisa juga menggunakan fitur poll yang sudah tersedia. Pada pembahasan kali ini saya hanya akan membahas mengenai membuat jejak pendapat dengan fitur poll.

  • Pertama, buka aplikasi Telegram
  • Kemudian buka tempat kamu ingin membuat polling misalnya disini saya akan membuat polling di grup lalu klik icon Klip KertasPoll
  • Kemudian buat polling dengan dengan mencantumkan  pertanyaan polling, opsi pertanyaan, dan juga mode pollingnya. Modenya ada tiga yakni Anonymous Voting (melalukan vote secara anonymous), Multiple Answer (memberi jawaban ganda), Quiz Mode (jawaban kuis). Jika sudah, klik Create
  • Jika sudah maka pollingnya akan langsung muncul dan bisa langsung digunakan untuk meminta jejak pendapat dari orang lain

Untuk melihat hasil polingan kamu di Telegram, silahkan vote dulu salah satu pilihannya dan hasilnya juga akan muncul. Hasil tersebut akan terus update jikalau ada orang yang melakukan voting.

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Membuat Polling di Telegram. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat untuk kamu, terima kasih.

Baca juga