Review MGID Untuk Publisher Terbaru

Selamat datang di situs Blogger Toraja

MGID adalah sebuah platform native ad network atau biasa dikenal dengan jaringan periklanan berbayar yang digunakan oleh para pelaku bisnis untuk mempromosikan dan menaikkan bisnis mereka melalui periklanan. Bukan hanya advertiser saja yang diuntungkan namun juga para penayang iklan yakni publiserpun diuntungkan dari jaringan periklanan ini.

Platform ini didirikan pada tahun 2004 oleh seorang programmer muda asal Ukraina, Stanislav Telyatnikov. Berkat usaha dan kerja kerasnya akhirnya platform ini bisa dikenal secara luas dan bahkan sampai ke Indonesia.

Sistem kerja MGID bagi para publiser adalah MGID akan membayar para publiser menurut tayangan iklan (CPM) maupun berdasarkan klik pada iklan (CPC). Jadi buat kamu yang sering ditolak oleh Adsense tetapi sudah memiliki pengunjung yang lumayan banyak, tidak ada salahnya beralih ke MGID.

Banyak orang meragukan platform periklanan ini, apakah benar-benar membayar publisernya atau tidak. Namun pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba mereview MGID untuk publisher berdasarkan pengalaman saya gajian dari platform periklanan ini dengan lengkap. Jadi silahkan disimak penjelasannnya dibawah ini.

Cara Mendaftar ke MGID

Nah untuk anda yang hendak mendaftarkan blog anda menjadi publiser MGID, bisa mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Pertama-tama, silahkan anda klik MGID dan setelah berada di halaman utama pilih dan klik Sign Up
  • Selanjutnya, anda bisa mendaftar menggunakan Email ataupun facebook anda. Kalau saya dulunya mendaftar menggunakan akun facebook dan email yang digunakanpun email dari facebook saya sebagai email utama nantinya. Tapi anda dapat menambahkan Email utama lainnya ketika sudah berada dalam dasbor MGID.
  • Setelah anda berada di dasbor MGID, silahkan pilih PUBLISHERS kemudian Add Website
  • selanjutnya, silahkan anda isi semua kolom pendaftaran website yang telah disediakan seperti:
    1. Domain: silahkan isi dengan URL blog anda
    2. Catergory: Isi sesuai dengan kategori blog anda. Jika blog anda gado-gado, isi dengan Uncategory
    3. Site Language: Isi dengan Indonesia
    4. Comment: Isi dengan kalimat “Thank You” (tanpa tanda kutip)
  • Lankah terakhir adalah pilih dan klik Save di pojok kanan bawah form pendaftaran tersebut.

Selanjutnya silahkan anda menunggu proses peninjauan apakah ditolak atau diterima. Biasanya blog yang sudah mendapatkan pengunjung tetap sampai ribuan memakan waktu 1-2 hari (pengalaman pribadi). Dan jika blog anda sudah diterima maka anda siap untuk menampilkan iklan MGID di blog anda.

Cara Membuat Iklan MGID

Jika sudah diterima menjadi publisher MGID maka selanjutnya membuat iklan MGID, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Pertama-tama, silahkan anda login kedalam akun MGID anda.
  • Setelah berada di dasbor MGID, ada dua opsi yakni Advertisers dan Publishers. silahkan anda pilih Publisher
  • Di publishers, untuk membuat iklan MGID silahkan anda pilih icon add widget/  tambah (+) di situs yang sudah di setujui tersebut (perhatikan gambar)
  • Kemudian di bagian General anda setting tampilan iklan anda yang akan tampil nantinya di blog seperti
    1. Type dan Sub Type tidak perlu anda ubah lagi, biarkan default saja.
    2. Name untuk mengatur nama iklan tersebut agar mudah dibedakan di dasbor MGID nantinya
    3. Website akan default menurut website yang telah di approve oleh pihak MGID
    4. Pada Columns dan Rows, silahkan anda atur berapa kolom dan berapa baris iklan yang akan tampil di blog anda. Saran saya sedikit saja yah karena jangan sampai tampilannya berat nanti untuk dekstop dan mobile.
    5. Columns (mobile) untuk mengatur tampilan iklan ketika blog anda di buka melalui perangkat seluler
    6. Theme untuk menyesuaikan tema dan warna tampilan
    7. Widget Title untuk mengatur nama tampilan iklan nanti di blog. Jadi disini sudah ada beberapa nama yang telah disiapkan oleh developer MGID tinggal anda pilih saja salah satunya.
    8. Conten Types tidak usah anda ubah lagi, biarkan default saja.
    9. Nah Jika anda telah selesai mengatur semuanya, silahkan anda lihat hasilnya di sebelah kanan. Disitu ada tampilan ersi dekstop dan mobile dan tampilan tersebutlah yang akan muncul nantinya di blog anda.
  • Untuk Membuat iklan, silahkan anda pilih dan klik Save di pojok kanan bawah
  • Selanjutnya silahkan anda copy kode iklannya. Kodenya mulai dari <!– Composite Start –> sampai <!– Composite End –> copy smua yah jangan sampai ada yang terpotong karena kode tersebutlah yang akan anda tempel nantinya di blog

Cara Menambahkan Script MGID di Blogspot dan WordPress

Tahap selanjutnya yang harus anda lakukan adalah memasang script iklan tersebut di blog anda. Tapi sebelum itu, perlu anda ingat danketahui bahwa tempat yang paling strategis untuk menempatkan iklan ini adalah di akhir postingan di blog. Anda juga bisa menempatkan iklan ini di sidebar right ataupun di footer blog. Selain tempat tersebut akan sangat menggangu pembaca nantinya yang mengunjungi blog anda sehingga merasa tidak betah dengan adanya iklan tersebut. Apalagi jika kebanyakan visitor anda adalah pengguna selular maka tampilan iklannya akan memanjang kebawah sesuai dengan kolom yang telah anda sesuaikan di pengaturan tadi.

Untuk anda pengguna wordpress, anda bisa memasang iklan ini menggunakan plugin Quick Adsense, Plugin tersebut sangat bangus untuk memasang script iklan di awal tengah dan akhir postingan di wordpress dan juga sangat mudah di gunakan. Selain itu, melalui plugin Quick adsense, anda juga dapat memasang iklan di widget ataupun di header dan footer krena plugin tersebut telah mendukung hal tersebut.

Untuk anda pengguna blogspot, anda dapat memasang kode script tersebut bisa melalui widget tata letak yang telah tersedia ataupun bisa juga melalui edit HTML di template anda.

Nah jika iklannya telah terpasang, maka silahkan anda tunggu beberapa saat sampai iklannya kemudian muncul di blog anda dan siap menghasilkan uang dari setiap pengunjung yang mengunjungi blog anda maupun mengklik iklan tersebut.

Cara Meningkatkan CPM MGID

Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan CPM iklan MGID di blog yang anda kelolah:

  • Untuk penempatan iklan MGID, ada baiknya anda menempatkan Iklan MGID di akhir postingan blog. Lokasi tersebut sangat strategis untuk iklan MGID karena pembaca akan mengira bahwa iklan tersebut merupakan konten dalam blog tersebut sehingga bisa mendatangkan klik yang melimpah untuk meningkatkan CPM iklan MGID di blog anda.
  • Untuk jumlah iklan dalam blog tidak usah banyak, tempatkan satu iklan MGID saja di dalam blog anda yakni di akhir postingan tadi
  • Untuk ruas dan kolom iklan, aturlah Columns menjadi 3 dan Rows 2. Tidak perlu banyak karena nanti jika anda mengaturnya kebanyakan makaketika tampil di halaman seluler akan menjadi sangat panjang dan dapat menggangu pembaca juga memperlambat loading blog anda.
  • Untuk tampilan di seluler, jangan setting menjadi dua kolom tetapi satu kolom saja. Dari eksperimen yang telah saya lakukan dan bisa anda lihat di gambar paling pertama diatas, saya mendapatkan CPM 0,6$ ketika saya mensettingnya menjadi 2 kolom tetapi ketika saya mensettingnya menjadi satu kolom saja, maka CPMnya kembali meningkat jadi 1$ lebih.
  • Selanjutnya untuk format gambar di Detailed, gunakan RECTANGLE492 492×328. Ukuran tersebut sangat pas dan cocok untuk tampil di blog karena tidak kebesaran juga tidak kekecilan.
  • Terakhir, jangan terlalu banyak memodifikasi iklan tersebut karena akan sangat mempengaruhi CPM anda dan juga kenyamanan pengunjung ketika membaca tulisan anda di blog.

Hal-hal yang saya sampaikan diatas merupakan hasil riset yang telah saya lakukan sendiri di blog dan tidak menutup kemungkinan jika anda juga menerapkannya di blog anda bisa saja CPMnya meningkat tapi bisa juga tidak karena saya belum menemukan penjelasan dari MGID bagaimana sebenarnya panduan untuk meningkatkan CPM tersebut. Untuk hasilnya sendiri bisa anda lihat di blog ini.

Jadi sekedar tips dari saya bagi anda yang menggunakan iklan MGID di blog, perbanyaklah bereksperimen dengan iklan tersebut sampai anda mendapatkan CPM yang tinggi. Jujur saja pendapatan saya dari iklan MGID lebih tinggi ketimbang yang saya dapatkan dari adsense karena memang kebanyakan visitor saya dari fanpage facebook sehingga untuk MGID sangat bagus.

Amankah Adsense dan MGID Dalam Satu Blog?

Yang sering juga menjadi pertanyaan adalah bolehkah atau amankah iklan adsense dan MGID dalam satu blog yang sama? Apakah adsense tidak akan kebanned? Jawabannya boleh dan 99% aman. Karena iklan MGID bukanlah bentuk iklan popup yang bisa mempengaruhi adsense. Pengalaman saya sudah 3 tahun menggunakan MGID dan adsense dalam blog yang sama dan sudah puluhan kali gajian dari kedua platform tersebut tanpa ada masalah.

Cara Menambahkan Alamat Pembayaran di MGID

Pertama kali menjadi publiser MGID, saya sempat bingung mengenai mekanisme di MGID, Mulai dari cara membuat dan memasang iklan sampai kepada cara menambahkan alamat pembayaran ke dalam akun MGID. Hal tersebut memanglah wajar mengingat bahwa blogger Indonesia yang menulis ataupun mereview MGID tergolong sangat sedikit dan bahkan untuk menambahkan alamat pembayaranpun saya cari-cari ternyata belum ada yang memberikan tutorialnya.

Jika anda memperhatikan metode pembayaran yang ditetapkan developer MGID, anda akan agak sedikit kebingungan dibuatnya. Ada beberapa cara untuk mencairkan uang dari MGID yakni:

  • melalui Epayment dengan minimal WD 100 USD
  • melalui Payoneer Prepaid card dengan minimal WD 100 USD dan fees 3USD
  • melalui PayPal dengan minimal WD 100 USD
  • melalui Webmoney dengan minimal WD 50 USD
  • melalui Payoneer bank transfer dengan minimal WD 100 USD
  • melalui Tipalti bank transfer dengan minimal WD 1000 USD
  • melalui ACH bank-to-bank transfers dengan minimal WD 1000 USD
  • dan melalui Interantional bank-to-bank transfers dengan minimal WD 1000 USD

Biasanya pembayaran akan dilakukan oleh pihak MGID setelah anda mencapai ambang batas pembayaran dan pencairannya biasanya di akhir bulan sekitar tanggal 30 setiap bulannya.

Nah bagaimana caranya menambahkan alamat pembayaran di MGID? sebelum masuk ke tutorialnya, disini saya menyarankan anda menggunakan akun paypal saja sebagai metode pembayaran karena tergolong simpel dan juga minimal withdrawnya kecil yakni 100USD saja ketimbang melalui international bank to bank transfer dimana minimal WDnya tergolong cukup besar yakni 1000 USD. Jadi sebelum memasukkan alamat pembayaran pastikan anda telah membuat atau mempunyai akun paypal yang telah terhubung langsung ke rekening anda agar proses pencairannya dapat berjalan dengan lancar.

Untuk menambahkan alamat pembayaran, ada beberapa langkah yang perlu anda lalui yakni:

  • pertama-tama silahkan login terlebih dahulu ke akun MGID anda.
  • Selanjutnya di dasbor MGID pada bagian Publisher, silahkan anda pilih dan klik payout
  • Di payouts tersebut, silahkan anda pilih metode pembayaran yang hendak anda gunakan (perhatikan gambar) dan kali ini kita akan menggunakan paypal saja. silahkan anda pilih dan klik add new payment method
  • Selanjutnya silahkan anda pilih dan tambahkan metode pembayarannya. di kolom pertama silahkan anda pilih paypal. di kolom kedua silahkan isi alamat pembayaran paypal anda. Rekening paypal ini merupakan Email yang anda gunakan di paypal tersebut, bukan rekening bank anda ataupun nomor telfon. Jadi intinya di kolom kedua, silahkan masukkan Email paypal anda kemudian pilih dan klik add
  • Nah jika langkah-langkah diatas sudah anda lakukan, maka alamat pembayaran anda telah ditambahkan dan kemudian anda tinggal mengisi saldonya dan mencapai ambang batas pembayaran untuk mencairkan dollar tersebut ke rekening paypal. 

Potongan MGID ke Paypal

Nah mungkin yang menjadi pertanyaan lain anda adalah berapa sebenarnya potongan yang dibebankan kepada para publiser ketika hendak melakukan withdraw melalui rekening paypal? Potongan atau biaya transaksi yang dibebankan kepada kita adalah sebesar $4,79 USD.

Sistem dan Waktu Pembayaran MGID

Jika sudah mengatur pembayaran tersebut dan saldo sudah cukup dalam akun MGID anda, trus kapan anda akan menerima pembayaran tersebut? sebenarnya hal tersebut sudah dipaparkan oleh pihak MGID secara jelas di Dasbor Payout.

Pihak MGID Mengatakan ” Untuk mengatur pembayaran otomatis dan menerima pendapatan pertama Anda, tambahkan metode pembayaran dan pilih mana yang akan aktif. Tolong, perhatikan bahwa ini harus dilakukan sampai hari terakhir bulan ini. Jika Anda tidak menambahkan metode pembayaran pada hari terakhir bulan ini, Anda akan menunda pembayaran selama 30 hari.

Misalnya: Jika Anda mulai bekerja pada 25 Mei, tambahkan detail pembayaran Anda sebelum akhir Mei untuk mendapatkan bayaran pada akhir Juni. Jika Anda menambahkan detail pada bulan Juni, Anda akan menerima semua penghasilan bulan Mei + penghasilan bulan Juni pada akhir Juli.

Jadwal pembayaran Semua pembayaran dikeluarkan sebulan sekali sesuai dengan ketentuan pembayaran NET 30. Ini berarti bahwa penghasilan bulan terakhir Anda akan dibayarkan pada akhir bulan berjalan, kira-kira pada hari ke-30 bulan itu. Tolong, tunggu 1-3 hari kerja hingga pembayaran tiba. Jika tanggal pembayaran terjadi pada akhir pekan, maka pembayaran akan diproses pada hari kerja berikutnya. Anda akan menerima pemberitahuan email setelah pembayaran dikirimkan. 

Misalnya: pendapatan Juli akan ditransfer pada 30 Agustus tetapi jika 30 Agustus adalah Sabtu atau Minggu, pembayaran akan ditunda hingga Senin. Mengubah dan mengedit metode pembayaran aktif Anda dapat mengganti / mengedit metode pembayaran saat status pembayaran “tertunda”. Setelah status pembayaran diubah menjadi “disetujui”, Anda tidak dapat mengubah metode pembayaran.

Permintaan pembayaran ditinjau sebelum setiap 15 hari dalam sebulan, pastikan untuk menerapkan perubahan apa pun selama paruh pertama bulan tersebut. Jika Anda tidak dapat menemukan jawaban untuk pertanyaan Anda di sini, kunjungi help.mgid.com dan coba cari jawaban atau buat tiket yang menjelaskan masalah / bug Anda jika ada.”

Nah dari penjelasan diatas, jika ada yang belum anda mengerti maka silahkan mengirimkan Email kepada pihak MGID. Pengalaman saya ketika masih ragu apakah MGID betul membayar maka saya kemudian mengirimkan Email kepada mereka melalui: support.publisher@mgid.com dan merekapun dengan cepat merespon seperti yang telah saya uraikan diatas.

Bukti Withdraw dari MGID

Nah dibawah ini merupakan bukti withdraw saya dari MGID dan sudah mendarat dengan selamat di rekening paypal. Jika sudah di paypal maka selanjutnya tinggal di transfer ke bank lokal sesuai dengan bank yang digunakan.

Kesimpulan dan Penutup

Demikianlah review MGID for publisher yang bisa saya bagikan untuk anda berdasarkan pengalaman pribadi saya menjadi publisher MGID selama beberapa tahun dan juga sudah gajian berkali-kali dari platform ini.

Semoga artikel ini dapat memberikan sedikit pencerahan untuk anda yang baru ingin bergabung di MGID. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Baca juga