Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

6 Trik Mencari Artikel di Google Agar Lebih Mudah

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Mesin pencari google merupakan salah satu search engine terbesar di dunia saat ini. Ada banyak sekali artikel didalamnya dengan berbagai macam kategori mulai dari kesehatan, teknologi, berita, ilmu pengetahuan, gaya hidup, materi pelajaran dan lain sebagainya.

Artikel-artikel tersebut diproduksi oleh media baik yang dikelola secara kelompok/perorangan, instansi pemerintahan, penyedia-penyedia layanan yang bertujuan untuk memberikan informasi dan edukasi kepada para pembaca.

Walaupun demikian, di google juga ada banyak sekali informasi-informasi yang sudah tidak valid, kadaluarsa/tidak bisa digunakan, hoax, penipuan, adu domba dan sebagainya. Oleh karena itu, ketika mencari dan membaca suatu artikel di google kita harus selektif dan juga kritis dalam menyaring isi artikelnya demi kebaikan kita juga.

Nah dalam menggunakan search engine khususnya google biasanya ketika kita mencari suatu artikel yang ingin dibaca atau dijadikan referensi, artikel tersebut tidak muncul. Walaupun muncul, namun tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Hal tersebut karena google membaca kata kunci (keyword) yang kamu masukkan kemudian memunculkan artikel-artikel  yang dianggap relevan dengan keyword tersebut secara otomatis walaupun isi artikelnya tidak sesuai yang kita inginkan.

Untuk itu, ada trik-trik yang bisa kamu lakukan agar ketika mencari informasi di google dapat sesuai dengan yang kamu harapkan. 

Pada pembahasan kali ini, saya akan membagikan 6 trik mencari artikel di google untuk mempermudah kamu dan lebih efektif dalam mencari informasi. Jadi silahkan disimak pembahasannya dibawah ini.

Trik-trik Mencari Artikel di Google Agar Lebih Mudah

Berikut ini trik-trik yang bisa kamu lakukan dalam mencari artikel di mesin pencari google agar lebih mudah dan sesuai dengan yang diinginkan:

1. Tanda Minus (-)

Biasanya ketika kita mencari artikel di google maka yang muncul adalah artikel-artikel dengan domain bawaan seperti .blogspot ataupun .wordpress. Bukan bermaksud untuk meremehkan bahwa artikel yang ditulis di domain-domain bawaan seperti itu tidak bagus dan tidak valid namun ada bagusnya jika artikel yang kita jadikan sebagai referensi memang dari sumber yang terpercaya misalnya untuk artikel kesehatan dari situs resmi seperti halodoc, alodokter, hellosehat,dsb dan ditulis oleh orang-orang yang memang profesional dibidangnya.

Nah untuk mengecualikan kata atau situs yang dicari kamu bisa menggunakan tanda minus. Cara menggunakannyapun cukup mudah. Kamu tinggal mengertik kata kunci di kolom pencarian google dan diikuti tanda minus kemudian kata yang dikecualikan.

Sebagai contoh: kamu mencari dengan kata kunci "gejala tipes" tapi kamu ingin mengecualikan situs halodoc atau domain .wordpress.com maka kamu bisa menulis di mesin pencarian "gejala tipes - alodoc" maka dengan sendirinya situs tersebut tidak akan dimunculkan di kueri pencarian kamu.

2. Tanda Kutip (" ")

Biasanya juga ketika kita sedang mencari artikel di google, susunan katanya sering berubah-ubah sehingga tidak sesuai dengan yang kita cari. Misalnya saja kita ingin mencari artikel baper dengan judul pandang lelaki dari tanggung jawabnya bukan tampangnya, namun yang muncul malahan kumpulan kuotes tentang lelaki yang bertanggung jawab atau cara-cara menjadi lelaki yang bertanggung jawab dan tidak sesuai dengan keinginan kita yang ingin mencari artikel baper tentang kata kunci tersebut.

Oleh karena itu kamu bisa menggunakan tanda kutip (") agar apa yang kamu ketik di kolom pencarian google akan dimunculkan di kueri sama persis dengan apa yang kamu cari.

Contohnya seperti tadi kamu ingin mencari pandang lelaki dari tanggung jawabnya bukan tampangnya, maka kamu bisa mengetik "pandang lelaki dari tanggung jawabnya bukan dari tampangnya" maka secara otomatis queri akan dimunculkan sama persis dengan kata kunci yang kamu masukkan. Jika kata kunci tersebut tidak muncul di judul artikel, bisa saja ada dalam isi artikel.

3. Tanda Tilde (~) 

Pada saat kita mencari referensi di google dengan kata kunci tertentu dan materinya telah kita dapatkan namun dirasa bahwa materi tersebut masih kurang, kamu bisa menggunakan tanda tidle (~) untuk mencari sinonim atau yang berkaitan dengan apa yang kita cari. 

Misalnya saja kamu mencari "pengertian teknologi" di google dan mesin pencari telah memunculkan semua kueri mengenai kata kunci tersebut. Namun kamu merasa bahwa referensi tersebut masih kurang, orang karena itu tambahkan tanda tidle (~) di depan kata kunci yang kamu masukkan maka google akan memunculkan kueri yang berkaitan dengan kata yang kamu cari.

4.Tanda Titik (..)

Saat kita mencari artikel di google, google akan memunculkan artikel dari segala waktu misalnya saja dari tahun 2000 sampai 2021. Nah biasanya artikel-artikel yang sudah lawas sudah tidak valid lagi dan tidak bisa dijadikan sebagai referensi apalagi jika artikel tersebut tidak pernah di update padahal setiap harinya pasti ada sesuatu yang berubah.

Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan tanda titik dua kali (..) untuk memunculkan artikel dalam rentang waktu tertentu misalnya artikel dari tahun 2018 sampai 2021. Kamu tinggal menambahkan tanda titik ditengah-tengah rentang waktu tersebut. 

Sebagai contoh saya ingin mencari artikel tentang pengertian office button. Ketika saya mengetik kata kunci tersebut ada juga artikel lawas yang muncul mulai dari tahun 2000. Padahal saya ingin mencari artikel terbaru mengenai office button. Untuk itu kamu tinggal mengetik office button 2018..2021 maka artikel dalam rentang waktu 2018 sampai 2021 tentang kata kunci tersebut akan muncul dan mengecualikan artikel di tahun-tahun bawahnya.

5. Filetype

Trik yang ke lima ini saya rasa akan sangat membantu kamu ketika sedang mencari file di google misalnya file .pdf, .doc, .xls, .txt dan lain sebagainya. Dengan memasukkan kata tersebut maka akan dimunculkan semua file yang sementara kamu cari.

Misalnya saja kamu ingin mencari katalog HP dalam bentuk .pdf maka kamu tinggal mengetik di search engine filetype: pdf katalog HP maka semua katalog HP dalam bentuk file .pdf akan muncul dan bisa kamu unduh langsung ke perangkat kamu.

6. Site:Nama Domain

Biasanya kita ingin mencari situs tertentu di google untuk mendapatkan informasi misalnya bloggertoraja.com. Namun ketika kita mencari situs tersebut hanya sedikit saja artikel dari bloggertoraja.com yang ditampilkan dan selebihnya adalah hal-hal yang membahas mengenai blogger toraja.

Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan site:nama domain untuk memunculkan semua artikel dari situs yang kamu cari selama situs tersebut masih terindeks di mesin pencari google dan mengabaikan situs lain yang membahas tentang kata kunci tersebut. Contohnya seperti ini: site:bloggertoraja.com

Kesimpulan

Sebenarnya masih banyak sekali trik-trik dalam mencari artikel di google yang bisa kamu gunakan namun setidaknya 6 hal yang saya paparkan diatas adalah hal-hal yang penting untuk digunakan ketika mencari referensi di google sehari-hari.

Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat untuk kamu, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard