Cara Agar Tidak Terdeteksi Plagiat di Checker Turnitin

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Bagi mahasiswa, Skripsi merupakan tugas akhir yang wajib dikerjakan agar bisa lulus dari suatu kampus dan memperoleh gelar sarjana. Dalam membuat karya tulis ilmiah dalam hal ini skripsi biasanya kita menggunakan banyak sekali referensi baik itu dari buku, internet, jurnal, kamus, skripsi, tesis, disertasi orang lain dan lain sebagainya.

Hal tersebut mengakibatkan tingginya score plagiarisme ketika skripsi kita di cek menggunakan plagiarism checker seperti Turnitin. Jika skor plagiarismenya tinggi otomatis kita akan diminta untuk merevisi ulang semua tulisan kita hingga score plagiatnya turun. Nah disinilah yang membuat kewalahan mahasiswa biasanya.

Untuk itu, saya akan membagikan sebuah trik yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan similarity plagiarisme karya ilmiah ketika dicek di Turnitin. Ketika kamu menggunakan cara ini bahkan jika kamu mengcopy paste tulisan orang lain maka scorenya tetap akan rendah.

Namun ini hanya sebuah trik. Perihal dampaknya ditanggung sendiri oleh kamu ketika memutuskan menggunakan cara ini. Karena substansi dari plagiat adalah menyalin karya orang kemudian mengakui bahwa itu adalah karya kita sendiri dan itu merupakan kesalahan yang fatal.

Sekali kamu ketahuan maka bisa saja gelar/titlemu dicabut ketika sudah lulus kuliah (sudah banyak kasus) atau bahkan kamu bisa kena DO dari kampus ketika ketahuan copy paste dan menggunakan cara ini. Ini hanya sedikit peringatan sebelum lanjut ke triknya.

Cara Agar Tidak Terdeteksi Plagiat di Checker Turnitin

Untuk mengakali agar bisa lolos plagiarism checker seperti turnitin, kamu hanya perlu mengatur dokumennya melalui aplikasi Microsoft Word. Langkah-langkahnya bisa kamu ikuti dibawah ini:

  • Pertama, buka dokumen (skripsi) kamu di aplikasi Microsoft Word, kemudian blok semua teks (Ctrl+A)
  • Lalu ke menu Home lalu pilih Replace (Ctrl+H)
  • Kemudian jendela Find and Replace akan terbuka. Tempatkan kursor pada bagian Find what lalu tekan spasi satu kali di keyboard. Lalu di bagian Replace with tekan spasi satu kali di keyboard dan tambahkan huruf i dan jika sudah klik More untuk membuka pengaturan lanjutan
  • Jika pengaturan lanjutannya sudah terbuka silahkan klik Format lalu pilih Font...
  • Kemudian jendela Font Color akan terbuka. Silahkan ke bagian Font Color lalu ubah warnanya menjadi putih (white). Jika sudah, klik OK untuk menyimpan pengaturan

  • Selanjutnya di jendela Find and Replace, klik Replace All untuk menerapkannya ke dokumen

  •  Jika ada pemberitahuan muncul, klik OK

Jika sudah maka silahkan cek tugas karya ilmiah kamu di tools-tools plagiarism checker seperti Turnitin dan lihat hasilnya. Pasti score similarity turnitin akan turun. Cukup mudah bukan?

Sekali lagi saya tekankan bahwa trik ini tergantung kamu apakah kamu mau menggunakannya atau tidak. Kalau dosennya tahu trik ini maka dia akan mengubah ke pengaturan awal dan skor plagiatnya pasti akan kembali naik.

Demikianlah artikel saya mengenai Cara Agar Tidak Terdeteksi Plagiat di Checker Turnitin, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

Baca juga